Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 106

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۖ فَإِنْ فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِنَ الظَّالِمِينَ

Arab-Latin: Wa lā tad'u min dụnillāhi mā lā yanfa'uka wa lā yaḍurruk, fa in fa'alta fa innaka iżam minaẓ-ẓālimīn

Terjemah Arti: Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian), itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan janganlah kamu (wahai rasul), menyeru selain Allah sesuatupun dari patung-patung dan berhala-berhala, karena sesungguhnya mereka tidak dapat mendatangkan manfaat dan tidak dapat memberikan mudarat. Kemudian bila kamu melakukannya dan menyerunya selain Allah, maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah, yang berbuat aniaya kepada diri mereka melalui perbuatan syirik dan maksiat.”
Ayat ini walaupun khitobnya untuk rosululloh akan tetapi ayat ini juga umum untuk umatnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

106. Dan janganlah engkau -wahai Rasul- menyembah tuhan selain Allah, baik berupa patung, berhala atau lainnya yang tidak dapat mendatangkan manfaat dan mudarat untukmu. Karena jika engkau menyembahnya maka engkau termasuk orang-orang zalim yang mencederai hak Allah dan hak mereka sendiri.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

106. وَلَا تَدْعُ مِن دُونِ اللهِ (Dan janganlah kamu menyembah selain Allah)
Berupa berhala-berhala dan sekutu-sekutu.

مَا لَا يَنفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۖ(yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu)
Dengan suatu manfaat atau mudharat apapun ketika kalian menyembahnya. Dan menyembah sesuatu yang tidak mampu mendatangkan manfaat dan tidak mampu memberi mudharat adalah perbuatan sia-sia yang tidak mungkin dilakukan orang yang berakal.

فَإِن فَعَلْتَ(sebab jika kamu berbuat)
Yakni menyembah berhala-berhala itu.

فَإِنَّكَ إِذًا مِّنَ الظّٰلِمِينَ (maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim)
Zalim kepada diri mereka sendiri.
Berangsiapa yang menyembah orang mati atau benda mati yang tidak dapat mendatangkan manfaat dan tidak mampu menolak mudharat adalah perbuatan syirik kepada Allah yang harus dijauhi.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

106 Aku dicegah agar tidak menyembah apa-apa selain Allah yang tidak bermanfaat jika disembah dan tidak pula memberi mudharat jika ditinggalkaan; sebab jika aku berbuat yang demikian, maka sesungguhnya aku tergolong orang-orang yang zalim terhadap diri sendiri, karena kesyirikan adalah kezaliman terbesar”.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Jika kamu menyembahnya.

Jika kamu tidak menyembahnya. Inilah sifat yang ada pada sesembahan selain Allah yang menunjukkan tidak berhaknya untuk disembah.

Yakni orang yang mencelakakan dirinya sendiri.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan jangan engkau menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak memberi manfaat kepadamu walau kamu menyembahnya dan tidak pula memberi bencana kepadamu jika kamu tidak menyembahnya, sebab jika engkau lakukan itu, maka sesungguhnya engkau termasuk orang-orang zalim. Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, seperti penyakit, kesedihan, dan cobaan lainnya, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya darimu kecuali dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, seperti kesehatan, kesenangan, kebahagiaan, dan lain-lain, maka tidak ada yang dapat menolak dan menghalangi karunia-Nya tersebut sampai kepadamu. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dia maha pengampun atas dosa orang yang bertobat, maha penyayang dengan limpahan berbagai rahmat walau hamba-Nya masih banyak berbuat maksiat.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 107 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 108 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 109, Terjemahan Tafsir Surat Hud Ayat 1, Isi Kandungan Surat Hud Ayat 2, Makna Surat Hud Ayat 3

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!