Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 71

۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ نُوحٍ إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ إِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَقَامِي وَتَذْكِيرِي بِآيَاتِ اللَّهِ فَعَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْتُ فَأَجْمِعُوا أَمْرَكُمْ وَشُرَكَاءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ أَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوا إِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُونِ

Arab-Latin: Watlu 'alaihim naba`a nụḥ, iż qāla liqaumihī yā qaumi ing kāna kabura 'alaikum maqāmī wa tażkīrī bi`āyātillāhi fa 'alallāhi tawakkaltu fa ajmi'ū amrakum wa syurakā`akum ṡumma lā yakun amrukum 'alaikum gummatan ṡummaqḍū ilayya wa lā tunẓirụn

Terjemah Arti: Dan bacakanIah kepada mereka berita penting tentang Nuh di waktu dia berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, jika terasa berat bagimu tinggal (bersamaku) dan peringatanku (kepadamu) dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah-lah aku bertawakal, karena itu bulatkanlah keputusanmu dan (kumpulkanlah) sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku). Kemudian janganlah keputusanmu itu dirahasiakan, lalu lakukanlah terhadap diriku, dan janganlah kamu memberi tangguh kepadaku.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan ceritakanlah (wahai rasul) kepada orang-orang kafir Makkah kisah nuh bersama kaumnya, ketika dia berkata kepada mereka, ”bila memberatkan kalian keberadaanku tinggal ditengah kalian dan peringatanku kepada kalian dengan hujjah-hujjah Allah dan bukti-bukti kebenaranNa, maka hanya kepada Allah lah tempat bergantungku dan kepaadNya aku menaruh kepercayaanku. Karena itu, persiapkanlah putusan kalian, dan serulah sekutu-sekutu kalian, kemudian janganlah kalian menjadikan putusan kalian bersifat tertutup, akan tetapi jadikanlah nyata lagi tebuka. Lalu berikanlah keputusan kepadaku dengan hukuman dan keburukan yang berada dalam jangkauan kemampuan kalian. Dan janganlah kalian memberiku penangguhan sesaatpun di siang hari.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

71. Dan ceritakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrik yang mendustakan itu kisah Nuh -'alaihissalām- ketika dia berkata kepada kaumnya, "Wahai kaumku! Jika keberadaanku di tengah-tengah kalian menjadi masalah besar bagi kalian, peringatanku dan nasihatku dengan ayat-ayat Allah terasa berat bagi kalian, dan kalian memutuskan untuk membunuhku, maka hanya kepada Allah saja lah aku bersandar dalam menghadapi tipu daya kalian. Maka mantapkanlah urusan kalian, pastikanlah niat kalian untuk membunuhku, dan panggillah tuhan-tuhan sesembahan kalian agar membantu kalian dan jangan kalian rahasiakan tipu daya kalian! Kemudian setelah kalian menyusun rencana untuk membunuhku laksanakanlah apa yang kalian rencanakan itu dan jangan menunda-nunda sedikitpun.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

71. نَبَأَ نُوحٍ (berita penting tentang Nuh)
Tentang apa yang terjadi antara dia dengan kaumnya yang kafir terhadap apa yang dibawanya sebagaimana apa yang dilakukan oleh orang-orang kafir Quraisy.

يٰقَوْمِ إِن كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُم مَّقَامِى (Hai kaumku, jika terasa berat bagimu tinggal (bersamaku))
Yakni jika berat bagi kalian aku yang tinggal bersama kalian ini dan perbuatanku yang selalu menyampaikan nasehat di perkumpulan-perkumpulan kalian.

وَتَذْكِيرِى بِـَٔايٰتِ اللهِ (dan peringatanku (kepadamu) dengan ayat-ayat Allah)
Yakni ayat-ayat kauniyah dan wahyu-wahyu Allah.

فَعَلَى اللهِ تَوَكَّلْتُ(maka kepada Allah-lah aku bertawakal)
Yakni aku tidak menghapi semua itu kecuali dengan bertawakkal kepada Allah.

فَأَجْمِعُوٓا۟ أَمْرَكُمْ (karena itu bulatkanlah keputusanmu)
Kuatkanlah tekat dalam rencana kalian ini.

وَشُرَكَآءَكُمْ (dan (kumpulkanlah) sekutu-sekutumu)
Yakni panggillah mereka untuk membuat keputusan dalam rencana kalian ini atau agar mereka dapat menolong kalian.

ثُمَّ لَا يَكُنْ أَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً(Kemudian janganlah keputusanmu itu dirahasiakan)
Agar rencana kalian ini menjadi jelas.

ثُمَّ اقْضُوٓا۟ إِلَىَّ (lalu lakukanlah terhadap diriku)
Rencana yang kalian siapkan bagiku.

وَلَا تُنظِرُونِ (dan janganlah kamu memberi tangguh kepadaku)
Jangan kalian tunda-tunda, tapi segerakanlah rencana itu dan lakukanlah apa yang ingin kalian lakukan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

71 BacakanIah kepada mereka orang musyrik Makkah berita penting tentang Nuh di waktu dia berkata kepada kaumnya: “Hai kaumku, jika terasa berat bagimu tinggal bersamaku selama 950 tahun dan peringatanku kepadamu dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah-lah aku bertawakal, karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu selain Allah untuk membinasakanku. Kemudian janganlah keputusanmu itu dirahasiakan, lalu lakukanlah terhadap diriku, dan janganlah kamu memberi tangguh kepadaku, sesungguhnya aku tidak mempedulikan kalian, karena Allahlah yang memelihara dan menjagaku.” Inilah ucapan Nuh karena kepercayaannya terhadap pertolongan Tuhan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Penduduk Mekah.

Ketika ia berdakwah kepada kaumnya, di mana Beliau berdakwah dalam waktu yang sangat lama. Beliau tinggal di tengah-tengah kaumnya selama 950 tahun, namun dakwah Beliau tidak menambah mereka mendekat, tetapi malah menambah mereka menjauh dan melampaui batas. Beliau tidak bosan dan berhenti berdakwah, bahkan kaumnya yang lama-kelamaan bosan, hingga kemudian Nabi Nuh ‘alaihis salam berkata kepada kaumnya sebagaimana yang disebutkan dalam ayat di atas.

Lalu kalian hendak menimpakan malapetaka kepadaku.

Ini merupakan bukti yang kuat yang menunjukkan kebenaran risalahnya dan apa yang Nabi Nuh ‘alaihis salam bawa, di mana Beliau hanya sendiri, tidak ada keluarga yang melindungi dan pasukan yang membelanya. Beliau berdakwah dengan menerangkan kesalahan pandangan kaumnya, agama yang mereka pegang, serta menerangkan cacat patung dan berhala yang mereka sembah. Oleh karenanya kaumnya semakin marah dan memusuhi Beliau, sedangkan mereka memiliki kemampuan dan kekuasaan. Kemudian Nabi Nuh ‘alaihis salam berkata sambil bertawakkal kepada Allah, “Karena itu bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku).” Yakni berkumpullah kamu bersama para sekutumu dan tunjukkanlah tipu daya yang hendak kamu timpakan kepadaku lalu lakukanlah tipu daya itu jika kamu mampu. Mereka pun tidak mampu melakukannya. Dengan demikian, jelaslah bahwa Beliau benar dan bahwa mereka berdusta.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah ayat-ayat sebelumnya menjelaskan bahwa orang-orang yang membuat-buat kebohongan tentang Allah mereka akan mendapatkan azab yang berat, lalu dalam ayat ini dijelaskan tentang kisah nabi nuh dengan kaumnya dalam rangka menghibur nabi Muhammad. Dan bacakanlah wahai nabi Muhammad kepada mereka berita penting tentang nuh ketika dia berkata kepada kaumnya, wahai kaumku! jika terasa berat bagimu aku tinggal bersamamu dan peringatanku kepadamu dengan ayatayat Allah, sebagai bukti tentang keesaan dan kekuasaan-Nya, maka kepada Allah aku bertawakal setelah berusaha secara maksimal. Karena itu bulatkanlah keputusanmu, yakni tindakan apa yang akan kamu ambil untukku dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu untuk membinasakanku, dan janganlah keputusanmu itu dirahasiakan, karena Allah mengetahui apa pun yang kamu rahasiakan. Kemudian bertindaklah terhadap diriku sesuai kehendak kamu, dan janganlah kamu tunda lagi keputusan untuk membinasakanku. Aku yakin Allah bersamaku dan akan menolongku. Maka jika kamu berpaling dari peringatanku, aku tidak meminta imbalan sedikit pun darimu sebagai upah dakwahku. Imbalanku tidak lain hanyalah dari Allah, karena aku sampaikan dakwah dan peringatan ini semata-mata karena Allah dan aku diperintah agar aku termasuk golongan orang-orang muslim, yakni golongan yang berserah diri kepada-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 72 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 73 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 74, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 75, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 76, Makna Surat Yunus Ayat 77

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!