Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 65

وَلَا يَحْزُنْكَ قَوْلُهُمْ ۘ إِنَّ الْعِزَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا ۚ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab-Latin: Wa lā yaḥzungka qauluhum, innal-'izzata lillāhi jamī'ā, huwas-samī'ul-'alīm

Terjemah Arti: Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan janganlah membuatmu sedih (wahai rosul) dengan perkataan orang-orang musyrik tentang tuhan mereka dan kedustaan yang mereka buat-buat kepadaNya serta penyekutuan berhala-berhala dan patung-patung dengan Allah yang mereka lakukan. Karena sesungguhnya Allah maha esa dengan kekuatan yang sempurna dan kekuasaan yang mutlak di dunia dan di akhirat. Dia mahamendengar ucapan-ucapan mereka lagi mahamengetahui perbuatan-perbuatan dan niat-niat mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

65. Janganlah engkau bersedih hati -wahai Rasul- atas ucapan mereka yang mencaci maki dan menghina agamamu. Sesungguhnya keperkasaan dan kemenangan itu semuanya adalah milik Allah. Tidak ada sesuatupun yang dapat mengalahkan-Nya. Dia Maha Mendengar ucapan mereka lagi Maha Mengetahui perbuatan mereka. Dan Dia akan memberi mereka balasan yang setimpal dengan amal perbuatan mereka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

65. وَلَا يَحْزُنكَ قَوْلُهُمْ ۘ (Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka)
Yang mengandung tuduhan keji kepadamu, dan pendustaan terhadapmu, serta pelecehan terhadap agamamu.

إِنَّ الْعِزَّةَ لِلّٰهِ جَمِيعًا ۚ( Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah)
Yakni yang berkuasa dalam kerajaan-Nya. Maka bagaimana mereka dapat mengalahkanmu sehingga kamu menjadi sedih karena perkataan mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

65 Janganlah kamu bersedih atas perkataan, dusta dan penolakan mereka. Sebagaimana perkataan mereka bahwa engkau penyihir, pendusta, gila. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar ucapan mereka lagi Maha Mengetahui niat, tindakan dan konspirasi mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Seperti ucapan mereka, “Kamu bukanlah seorang rasul.” Sesungguhnya ucapan itu tidaklah memuliakan mereka dan tidak berbahaya bagimu.

Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki dan mencegahnya dari siapa yang Dia kehendaki.

Semua ucapan.

Semua perbuatan. Oleh karena itu, Dia akan membalas mereka dan akan menolongmu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah dijelaskan bahwa wali-wali Allah akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, lalu Allah berfirman: dan janganlah engkau wahai nabi Muhammad merasa sedih oleh perkataan mereka yang kafir kepada Allah, seperti engkau dikatakan pembohong, penyair dan lain-lain. Sungguh, kekuasaan itu seluruhnya milik Allah. Dia maha mendengar apapun yang mereka katakan, maha mengetahui apa pun yang mereka kerjakan. Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa kekuasaan seluruhnya milik Allah swt, lalu dalam ayat ini Allah menegaskan bukti kekuasaannya. Ingatlah, sesungguhnya milik Allah siapa, makhluk berakal yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi, yakni manusia, seluruhnya berada dalam kekuasaan-Nya. Dan orang-orang yang menyeru sekutu-sekutu selain Allah, tidaklah mengikuti suatu keyakinan yang benar. Mereka hanya mengikuti persangkaan yang sesat belaka, karena mengira sembahan mereka akan memberikan manfaat dan pertolongan, padahal itu sama sekali tidak benar, dan mereka hanyalah menduga-duga, yakni mengerjakan sesuatu tanpa dasar yang benar.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 66 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 67 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 68, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 69, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 70, Makna Surat Yunus Ayat 71

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!