Surat Yunus Ayat 65

وَلَا يَحْزُنكَ قَوْلُهُمْ ۘ إِنَّ ٱلْعِزَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا ۚ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Arab-Latin: Wa lā yaḥzungka qauluhum, innal-'izzata lillāhi jamī'ā, huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

« Yunus 64Yunus 66 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Tafsir Menarik Berkaitan Surat Yunus Ayat 65

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 65 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir menarik dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari beragam mufassirun terhadap makna surat Yunus ayat 65, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan janganlah membuatmu sedih (wahai rosul) dengan perkataan orang-orang musyrik tentang tuhan mereka dan kedustaan yang mereka buat-buat kepadaNya serta penyekutuan berhala-berhala dan patung-patung dengan Allah yang mereka lakukan. Karena sesungguhnya Allah maha esa dengan kekuatan yang sempurna dan kekuasaan yang mutlak di dunia dan di akhirat. Dia mahamendengar ucapan-ucapan mereka lagi mahamengetahui perbuatan-perbuatan dan niat-niat mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

65. Hai Rasulullah, janganlah membuatmu sedih kedustaan-kedustaan orang-orang musyrik itu. Hanya Allah Yang Maha Mulia dengan segala makna dan kandungan kemuliaan di dunia dan di akhirat. Dengan kemuliaan itu Allah memuliakan para kekasih-Nya atas musuh-musuh-Nya. Dia Maha Mendengar segala perkataan dan Maha Melihat segala perbuatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

65. Janganlah engkau bersedih hati -wahai Rasul- atas ucapan mereka yang mencaci maki dan menghina agamamu. Sesungguhnya keperkasaan dan kemenangan itu semuanya adalah milik Allah. Tidak ada sesuatupun yang dapat mengalahkan-Nya. Dia Maha Mendengar ucapan mereka lagi Maha Mengetahui perbuatan mereka. Dan Dia akan memberi mereka balasan yang setimpal dengan amal perbuatan mereka.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

65. وَلَا يَحْزُنكَ قَوْلُهُمْ ۘ (Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka)
Yang mengandung tuduhan keji kepadamu, dan pendustaan terhadapmu, serta pelecehan terhadap agamamu.

إِنَّ الْعِزَّةَ لِلّٰهِ جَمِيعًا ۚ( Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah)
Yakni yang berkuasa dalam kerajaan-Nya. Maka bagaimana mereka dapat mengalahkanmu sehingga kamu menjadi sedih karena perkataan mereka.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Ayat ini mengabarkan kepada kita tentang pelajaran penting : bahwasanya sebagai seorang da'i hendaklah tetap tegar berdiri di atas kebenaran yang ia bawakan, dan tidak terpancing oleh ucapan-ucapan keji orang-orang yang membenci dakwah Allah; dan begitu banyak orang-orang yang lemah iman terhadap apa yang ia bawakan kepada umat mausia justru ia sedih atas perkataan dan cercaan para pendusta agama, oleh karena kesedihan itulah ia dilemahkan dari berdakwah, atau bahkan ia berpaling dari tugas yang mulia itu.

2 ). { إِنَّ الْعِزَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا } "Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah" kalimat ini datang sebagai jawaban untuk kalimat sebelumnya : { وَلَا يَحْزُنْكَ قَوْلُهُمْ } "Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka" karena bahwasanya sunnatullah telah berlaku dengan menjadikan kekuatan dan kemuliaan pada diri setiap mukmin dan muttaqien, yaitu tatkala mereka ditimpa celaka yang disebabkan oleh musuh mereka bersabar, kemudian mereka melakukan perlawanan dalam rangka membela diri dengan segala kemudahan yang mereka terima.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

65 Janganlah kamu bersedih atas perkataan, dusta dan penolakan mereka. Sebagaimana perkataan mereka bahwa engkau penyihir, pendusta, gila. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar ucapan mereka lagi Maha Mengetahui niat, tindakan dan konspirasi mereka


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bagi mereka itu berita gembira} berita gembira {di dalam kehidupan dunia dan di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat Allah} tidak ada perubahan pada janji Allah {Demikian itu kemenangan yang agung


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

65. Maksudnya, ucapan orang-orang yang mendustakanmu itu jangan membuatmu bersedih yaitu ucapan-ucapan yang mengandung penghinaan kepadamu dan kepada agamamu karena ucapan-ucapan mereka itu tidak membuat mereka mulia dan tidak membuatmu merugi. “Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah.” Dia berikan kepada orang yang Dia kehendaki dan tidak Dia berikan kepada orang yang Dia kehendaki, Firman Allah "Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. " (Fathir:10). Carilah ia dengan ketaatan kepadaNya dengan dalil FirmanNya sesudahnya, " Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya " (Fathir:10). Seperti yang telah diketahui bahwa kamu di atas ketaatan kepada Allah, dan bahwa kemuliaanmu dan pengikutmu adalah dari Allah. Allah berfirman " Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin,"(Al-Munafiqun:8).
FirmanNya , “Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Maksudnya, pendengarannya meliputi segala suara, tak sedikit pun darinya yang samar bagiNya, ilmuNya meliputi yang lahir dan yang batin, tidak luput dariNya sebesar dzarrahpun, di langit dan di bumi, tidak lebih kecil darinya dan tidak lebih besar. Allah mendengar ucapanmu dan ucapan musuh-musuhmu tentangmu. Dia mengetahui itu secara terperinci. Cukuplah untukmu ilmu dan perlindungan Allah, dan barangsiapa bertakwa kepada Allah , maka Dia akan mencukupkannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 65: Seperti ucapan mereka, “Kamu bukanlah seorang rasul.” Sesungguhnya ucapan itu tidaklah memuliakan mereka dan tidak berbahaya bagimu.

Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki dan mencegahnya dari siapa yang Dia kehendaki.

Semua ucapan.

Semua perbuatan. Oleh karena itu, Dia akan membalas mereka dan akan menolongmu.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 65

Setelah dijelaskan bahwa wali-wali Allah akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, lalu Allah berfirman: dan janganlah engkau wahai nabi Muhammad merasa sedih oleh perkataan mereka yang kafir kepada Allah, seperti engkau dikatakan pembohong, penyair dan lain-lain. Sungguh, kekuasaan itu seluruhnya milik Allah. Dia maha mendengar apapun yang mereka katakan, maha mengetahui apa pun yang mereka kerjakan. Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa kekuasaan seluruhnya milik Allah swt, lalu dalam ayat ini Allah menegaskan bukti kekuasaannya. Ingatlah, sesungguhnya milik Allah siapa, makhluk berakal yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi, yakni manusia, seluruhnya berada dalam kekuasaan-Nya. Dan orang-orang yang menyeru sekutu-sekutu selain Allah, tidaklah mengikuti suatu keyakinan yang benar. Mereka hanya mengikuti persangkaan yang sesat belaka, karena mengira sembahan mereka akan memberikan manfaat dan pertolongan, padahal itu sama sekali tidak benar, dan mereka hanyalah menduga-duga, yakni mengerjakan sesuatu tanpa dasar yang benar.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari beragam ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Yunus ayat 65 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Support syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dikunjungi

Ada banyak halaman yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: At-Taubah 40, Al-Lail, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286, Luqman 13. Ada pula Al-Fatihah 6, Maryam, An-Naas, Yasin 9, ‘Abasa, Dua (2) Terakhir al-Baqarah.

  1. At-Taubah 40
  2. Al-Lail
  3. Al-Hujurat 10
  4. Al-Ma’idah 32
  5. Al-Baqarah 285-286
  6. Luqman 13
  7. Al-Fatihah 6
  8. Maryam
  9. An-Naas
  10. Yasin 9
  11. ‘Abasa
  12. Dua (2) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: hadits berbakti kepada orang tua latin, nikmat tuhan mana lagi yg kamu dustakan, surah al dhuha, surat waqiah full, surat ar ra'd juz 13

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: