Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 43

وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْظُرُ إِلَيْكَ ۚ أَفَأَنْتَ تَهْدِي الْعُمْيَ وَلَوْ كَانُوا لَا يُبْصِرُونَ

Arab-Latin: Wa min-hum may yanẓuru ilaīk, a fa anta tahdil-'umya walau kānụ lā yubṣirụn

Terjemah Arti: Dan di antara mereka ada orang yang melihat kepadamu, apakah dapat kamu memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta, walaupun mereka tidak dapat memperhatikan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan diantara orang-orang kafir, ada orang yang melihat kepadamu dan bukti-bukti kenabianmu yang benar, akan tetapi dia tidak melihat apa yang diberikan Allah kepadamu berupa cahaya keimananmu. Apakah kamu (wahai rasul), sanggup untuk menciptakan penglihatan bagi orang-orang buta yang membuatnya dapat mengetahui jalan? demikian pula, kamu tidak sanggup untuk memberikan hidayah bagi mereka, bila mereka itu kehilangan bashirah (mata hati yang lurus). semua itu hanya milik Allah semata.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

43. Di antara orang-orang musyrik itu ada yang melihatmu -wahai Rasul- dengan mata lahirnya bukan dengan mata batinnya. Apakah engkau mampu membuat orang buta bisa melihat?! Engkau pasti tidak mampu melakukannya. Begitu juga engkau tidak akan mampu memberikan petunjuk kepada orang yang tidak punya mata hati.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

43. وَمِنْهُم مَّن يَنظُرُ إِلَيْكَ ۚ أَفَأَنتَ تَهْدِى الْعُمْىَ وَلَوْ كَانُوا۟ لَا يُبْصِرُونَ (Dan di antara mereka ada orang yang melihat kepadamu, apakah dapat kamu memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta, walaupun mereka tidak dapat memperhatikan)
Dan barangsiapa yang buta mata kepala dan mata hatinya maka ia tidak akan dapat memahami. Begitu pula orang yang tuli dan tidak berakal maka akan tertutup baginya jalan untuk mendapatkan petunjuk.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

43 Di antara mereka ada orang yang melihat kepada bukti kenabianmu, namun tidak mengimanimu. Lalu apakah dapat kamu memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta, walaupun mereka tidak dapat memperhatikan? Ayat ini sebagai alasan untuk melawan mereka dan karena tidak adanya persiapan untuk memahami dan menerima hidayah

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Artinya menyaksikan tanda-tanda kenabianmu, akan tetapi mereka tidak mengakuinya. Ayat ini menunjukkan bahwa melihat keadaan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, petunjuk, akhlak, amal dan dakwahnya termasuk bukti besar yang menunjukkan kebenaran Beliau dan apa yang Beliau bawa, dan bahwa memperhatikan keadaan Beliau juga sudah cukup sebagai bukti di samping bukti-bukti yang lainnya.

Yakni sesungguhnya engkau tidak dapat menunjuki mereka sebagaimana engkau tidak dapat menunjuki orang yang buta. Ketika akal, pendengaran dan penglihatan mereka tidak difungsikan, padahal semua itu merupakan sarana untuk menghasilkan ilmu dan mengetahui hakikat, maka sarana apa lagi yang dapat menyampaikan mereka kepada kebenaran?

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan di antara mereka ada yang melihat kepada engkau wahai nabi Muhammad, yakni menyaksikan tanda-tanda kenabianmu, tetapi mereka tidak mengakuinya. Maka apakah engkau dapat memberi petunjuk kepada orang-orang yang buta mata hatinya itu, sedangkan mereka tidak memperhatikan' tentu tidak bisa. Sesungguhnya Allah tidak menzalimi manusia sedikit pun, karena dia sudah memberikan petunjuk menuju jalan kebenaran dan melarang ke jalan kesesatan serta memberi kebebasan kepada manusia untuk menentukan pilihan, tetapi manusia itulah yang menzalimi dirinya sendiri dengan berbuat kejahatan dan mengabaikan kebenaran.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 44 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 45 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 46, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 47, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 48, Makna Surat Yunus Ayat 49

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!