Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 9

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُمْ بِإِيمَانِهِمْ ۖ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

Arab-Latin: Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti yahdīhim rabbuhum bi`īmānihim, tajrī min taḥtihimul-an-hāru fī jannātin-na'īm

Terjemah Arti: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya dan mengerjakan amal-amal shalih, Tuhan mereka akan menunjukan mereka ke jalan menuju surge, dan akan mengarahkan mereka menuju amalan-amalan yang menyebabkan mereka masuk kedalam surga disebabkan keimanan mereka, kemudian memberi pahala kepada mereka dengan masuk ke dalam surge dan dihalalkan seluruh keridoanNya atas mereka, yang mengalir di bawah kamar-kamar dan tempat tinggal mereka sungai-sungai di dalam surga yang sarat dengan kenikmatan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh, Allah karuniai mereka petunjuk untuk beramal saleh yang akan mengantarkan mereka kepada rida-Nya, disebabkan keimanan mereka. Kemudian kelak di hari Kiamat Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga-surga yang dipenuhi kenikmatan abadi, yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. يَهْدِيهِم رَبُّهُم بِإِيمٰنِهِمْ ۖ (mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya)
Allah memberi mereka petunjuk sebagai balasan atas keimanan dan amal shaleh mereka, sehingga dengan itu mereka dapat meraih surga.

تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ الْأَنْهٰرُ(di bawah mereka mengalir sungai-sungai)
Yakni di bawah kebun-kebun mereka, atau di hadapan mereka. Sebab mereka berada diatas dipan-dipan yang tinggi.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal shalih akan dibimbing Tuhan menuju surga karena keimanan mereka, yaitu tempat yang mengalir sungai-sungai di bawah kebun-kebun dan bilik-bilik mereka, yaitu di surga-surga yang penuh kenikmatan mutlak dan keabadian. Ini adalah perumpamaan nikmat dan kebahagiaan di tempat itu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Mereka menggabung antara iman dengan mengerjakan yang harus dikerjakan dan konsekwensinya berupa amal saleh, amal yang mencakup amalan hati dan amalan anggota badan dengan ikhlas dan sesuai sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Maksudnya bahwa Allah memberikan hidayah kepada mereka karena sebab keimanannya, Dia mengajarkan kepada mereka apa-apa yang bermanfaat bagi mereka, mengaruniakan mereka amal yang muncul dari hidayah, menunjukkan mereka untuk memperhatikan ayat-ayat-Nya, menunjukkan kepada mereka ke jalan yang lurus dan di dalam jalan yang lurus, dan di akhirat, mereka dituntun ke jalan yang mengarah kepada surga.

Kata “surga” diidhafatkan (disandarkan) oleh Allah dengan kenikmatan, karena di dalamnya mengandung kenikmatan yang sempurna, kenikmatan hati dengan bergembira, senang dan bahagia, melihat Allah dan mendengar firman-Nya, bergembira dengan keridhaan-Nya dan dekat dengan-Nya, bisa bertemu dengan para kekasih dan kawan-kawan, mendengarkan nyanyian yang membuat riang dan melihat pemandangan yang menyenangkan. Sedangkan nikmat pada badan adalah dengan makan makanan yang bermacam-macam, minuman yang beraneka ragam dan menikmati pernikahan, dsb. Di mana kesenangannya belum pernah terlintas di hati manusia, dan tidak ada seorang pun yang dapat menyifatinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kebalikan dari orang-orang yang durhaka kepada Allah dan hanya mencintai kehidupan dunia adalah orang-orang yang beriman dan beramal saleh untuk bekal kehidupan di akhirat. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan sebagai wujud keimanan tersebut mereka mengerjakan amal kebajikan sebagaimana petunjuk yang disebutkan di dalam alqur'an, niscaya mereka diberi petunjuk oleh tuhan karena keimanan mereka. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan yang tiada tara, tiada pernah terkurangi dan mengalir di bawahnya sungai-sungai. Sebagai gambaran dari keindahan dan kenyamanan kehidupan di dalam surga adalah setiap kata dan kalimat yang terucap tiada lain hanya pujian atas kebesaran Allah. Doa yang mereka ucapkan di dalamnya ialah, subha'nakalla'humma mahasuci engkau, ya tuhan kami, dan salam penghormatan kepada mereka dari Allah, malaikat dan sesama penghuni surga ialah, sala'm, semoga keselamatan yang sempurna selalu menyertai kamu. Dan penutup doa mereka ialah, al-hamdu lilla'hi rabbil 'a'lamin segala puji bagi Allah tuhan pemelihara seluruh alam.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 10 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 11 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 12, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 13, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 14, Makna Surat Yunus Ayat 15

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!