Surat Yunus Ayat 9

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُم بِإِيمَٰنِهِمْ ۖ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ

Arab-Latin: Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti yahdīhim rabbuhum bi`īmānihim, tajrī min taḥtihimul-an-hāru fī jannātin-na'īm

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.

« Yunus 8Yunus 10 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat Yunus Ayat 9

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 9 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia pelbagai penjelasan dari beragam ulama mengenai kandungan surat Yunus ayat 9, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya dan mengerjakan amal-amal shalih, Tuhan mereka akan menunjukan mereka ke jalan menuju surge, dan akan mengarahkan mereka menuju amalan-amalan yang menyebabkan mereka masuk kedalam surga disebabkan keimanan mereka, kemudian memberi pahala kepada mereka dengan masuk ke dalam surge dan dihalalkan seluruh keridoanNya atas mereka, yang mengalir di bawah kamar-kamar dan tempat tinggal mereka sungai-sungai di dalam surga yang sarat dengan kenikmatan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

9-10. Orang-orang beriman yang mengerjakan amal shalih akan Allah beri mereka petunjuk ke jalan surga, berkat kepercayaan mereka kepada Allah; dalam surga itu terdapat sungai-sungai yang mengalir di bawah istana-istana. Mereka akan tinggal di dalam surga yang penuh kenikmatan itu; di dalamnya mereka berdoa dengan tasbih dan mengagungkan Allah, dan salam mereka dari Allah, para malaikat, dan sesama mereka adalah ‘salam’, yakni keselamatan dari segala keburukan. Dan mereka menutup doa dengan ‘alhamdulillah robbil ‘alamin’, yakni segala puja dan puji yang sempurna hanya bagi Allah, Tuhan seluruh makhluk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh, Allah karuniai mereka petunjuk untuk beramal saleh yang akan mengantarkan mereka kepada rida-Nya, disebabkan keimanan mereka. Kemudian kelak di hari Kiamat Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga-surga yang dipenuhi kenikmatan abadi, yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. يَهْدِيهِم رَبُّهُم بِإِيمٰنِهِمْ ۖ (mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya)
Allah memberi mereka petunjuk sebagai balasan atas keimanan dan amal shaleh mereka, sehingga dengan itu mereka dapat meraih surga.

تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ الْأَنْهٰرُ(di bawah mereka mengalir sungai-sungai)
Yakni di bawah kebun-kebun mereka, atau di hadapan mereka. Sebab mereka berada diatas dipan-dipan yang tinggi.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal shalih akan dibimbing Tuhan menuju surga karena keimanan mereka, yaitu tempat yang mengalir sungai-sungai di bawah kebun-kebun dan bilik-bilik mereka, yaitu di surga-surga yang penuh kenikmatan mutlak dan keabadian. Ini adalah perumpamaan nikmat dan kebahagiaan di tempat itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, niscaya mereka diberi petunjuk} dituntun {oleh Tuhan mereka karena keimanan mereka. mengalir di bawah mereka sungai-sungai di surga yang penuh kenikmatan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9. Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih.” Maksudnya, mereka menggabungkan antara iman dan pelaksanaan terhadap amal shalih yang merupakan konsekuensi dan tuntutannya yang mencakup amal hati dan anggota badan dengan keikhlasan dan mengikuti tuntunan Rasul, “mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya.” Maksudnya karena keimanannya, maka Allah membalas mereka dengan pahala yang besar yaitu hidayah. Dia mengajarkan kepada mereka sesuatu yang berguna bagi mereka, memberi mereka nikmat dengan amal yang timbul dari hidayah, memberi petunjuk kepada mereka untuk mengkaji ayat-ayatNYa, memberi mereka petunjuk di alam ini kepada jalan yang lurus dan pada saat berada di jalan yang lurus serta (petunjuk) di alam pembalasan kepada jalan yang mengantarkan kepada Surga kenikmatan. Oleh karena itu, Dia berfiman, “di bawah mereka mengalir sungai-sungai”, yang terus menerus mengalir “di dalam Surga yang penuh kenikmatan.” Allah menisbatkannya kepada kenikmatan karena ia mengandung kenikmatan yang sempurna; kenikmatan hati dengan kebahagiaan, kesenangan, kelezatan, melihat Allah, menyimak FirmanNya, berbangga dengan ridhaNya dan kedekatan kepadaNya, bertemu saudara-saudara dan orang-orang terkasih, berkumpul dengan mereka, mendengar suara yang menyenangkan, alunan yang merdu dan pemandangan yang menenangkan. Juga nikmat jasmani dengan berbagai macam minuman, makanan, pernikahan dan lain-lain yang tidak diketahui oleh jiwa dan tidak terlintas di benak siapa pun atau ada yang mampu untuk menyifatinya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-10
Ini merupakan pemberitahuan tentang keadaan orang-orang yang berbahagia, yang beriman kepada Allah dan membenarkan para rasul, serta mengerjakan apa yang diperintahkan kepada mereka; lalu mereka mengerjakan amal shalih, lalu Allah memberi petunjuk kepada mereka karena keimanan mereka.
Huruf “ba’” di sini adalah menunjukkan penyebab. Bentuknya adalah “Karena keimanan mereka di dunia, maka Allah memberi petunjuk kepada mereka pada hari kiamat ke jalan yang lurus sehingga mereka bisa melewatinya dan sampai ke surga. Bisa juga mengandung makna isti'anah, sebagaimana yang dikatakan Mujahid tentang firmanNya: (mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya) dia berkata mereka mempunyai cahaya yang mereka gunakan untuk berjalan.
Firman Allah: (Doa mereka di dalamnya ialah 'Subhanakallahumma', dan salam penghormatan mereka ialah 'Salam'. Dan penutup doa mereka ialah 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin' (10)) yaitu Demikianlah keadaan penduduk surga.
Ayat ini mirip dengan firmanNya: (Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah 'Salam') (Surah Al-Ahzab: 44) dan (Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa (25) tetapi mereka mendengar ucapan salam (26)) (Surah Al-Waqi'ah)
Firman Allah: (Dan penutup doa mereka ialah 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin') Hal ini mengandung petunjuk bahwa Allah SWT adalah Dzat yang terpuji dan disembah selamanya. Oleh karena itu, Allah memuji DzatNya ketika mulai penciptaan dan melanjutkan makhluk itu pada permulaan dan penurunan kitabNya sebagaimana Allah SWT berfirman: (Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al-Kitab (Al-Qur'an)) (Surah Al-Kahfi: 1) dan (Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi) (Surah Al-An'am: 1) dan keadaan lain yang penjelasannya panjang. Dia adalah Dzat yang terpuji pada permulaan dan akhirnya, dalam kehidupan di dunia dan akhirat di semua keadaan. Oleh karena itu disebutkan dalam hadits,”Sesungguhnya ahli surga mendapat ilham untuk ber­tasbih dan bertahmid sebagaimana mereka mendapat ilham untuk ber­napas” Hal itu terjadi demikian karena nikmat-nikmat Allah atas mereka sehingga ucapan itu berulang-ulang dan ditambah, maka tidak ada habisnya dan batasannya. maka Tidak ada Tuhan dan Rabb selain Dia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 9: Mereka menggabung antara iman dengan mengerjakan yang harus dikerjakan dan konsekwensinya berupa amal saleh, amal yang mencakup amalan hati dan amalan anggota badan dengan ikhlas dan sesuai sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Maksudnya bahwa Allah memberikan hidayah kepada mereka karena sebab keimanannya, Dia mengajarkan kepada mereka apa-apa yang bermanfaat bagi mereka, mengaruniakan mereka amal yang muncul dari hidayah, menunjukkan mereka untuk memperhatikan ayat-ayat-Nya, menunjukkan kepada mereka ke jalan yang lurus dan di dalam jalan yang lurus, dan di akhirat, mereka dituntun ke jalan yang mengarah kepada surga.

Kata “surga” diidhafatkan (disandarkan) oleh Allah dengan kenikmatan, karena di dalamnya mengandung kenikmatan yang sempurna, kenikmatan hati dengan bergembira, senang dan bahagia, melihat Allah dan mendengar firman-Nya, bergembira dengan keridhaan-Nya dan dekat dengan-Nya, bisa bertemu dengan para kekasih dan kawan-kawan, mendengarkan nyanyian yang membuat riang dan melihat pemandangan yang menyenangkan. Sedangkan nikmat pada badan adalah dengan makan makanan yang bermacam-macam, minuman yang beraneka ragam dan menikmati pernikahan, dsb. Di mana kesenangannya belum pernah terlintas di hati manusia, dan tidak ada seorang pun yang dapat menyifatinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 9

Kebalikan dari orang-orang yang durhaka kepada Allah dan hanya mencintai kehidupan dunia adalah orang-orang yang beriman dan beramal saleh untuk bekal kehidupan di akhirat. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan sebagai wujud keimanan tersebut mereka mengerjakan amal kebajikan sebagaimana petunjuk yang disebutkan di dalam alqur'an, niscaya mereka diberi petunjuk oleh tuhan karena keimanan mereka. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan yang tiada tara, tiada pernah terkurangi dan mengalir di bawahnya sungai-sungai. Sebagai gambaran dari keindahan dan kenyamanan kehidupan di dalam surga adalah setiap kata dan kalimat yang terucap tiada lain hanya pujian atas kebesaran Allah. Doa yang mereka ucapkan di dalamnya ialah, subha'nakalla'humma mahasuci engkau, ya tuhan kami, dan salam penghormatan kepada mereka dari Allah, malaikat dan sesama penghuni surga ialah, sala'm, semoga keselamatan yang sempurna selalu menyertai kamu. Dan penutup doa mereka ialah, al-hamdu lilla'hi rabbil 'a'lamin segala puji bagi Allah tuhan pemelihara seluruh alam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjelasan dari para mufassir berkaitan kandungan dan arti surat Yunus ayat 9 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi ummat. Bantulah dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dibaca

Ada ratusan materi yang sering dibaca, seperti surat/ayat: An-Naas, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Maryam, Al-Baqarah 285-286, Al-Ma’idah 32, Yasin 9. Ada pula Al-Hujurat 10, ‘Abasa, Al-Fatihah 6, Al-Lail, Luqman 13, At-Taubah 40.

  1. An-Naas
  2. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  3. Maryam
  4. Al-Baqarah 285-286
  5. Al-Ma’idah 32
  6. Yasin 9
  7. Al-Hujurat 10
  8. ‘Abasa
  9. Al-Fatihah 6
  10. Al-Lail
  11. Luqman 13
  12. At-Taubah 40

Pencarian: yasin lengkap arab, surah ayat kursi latin, surah al a la, surat jin dan artinya, surah an najm ayat 39

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: