Surat Yunus Ayat 8

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أُو۟لَٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمُ ٱلنَّارُ بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Arab-Latin: Ulā`ika ma`wāhumun-nāru bimā kānụ yaksibụn

Artinya: Mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan.

« Yunus 7Yunus 9 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Dengan Surat Yunus Ayat 8

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 8 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Tersedia kumpulan penafsiran dari banyak ahli ilmu terkait isi surat Yunus ayat 8, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

mereka itu, tempat tinggal mereka adalah neraka jahanam di akhirat, sebagai bentuk balasan atas apa yang mereka perbuatan di dunia, berupa dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

8. Orang-orang yang memiliki sifat-sifat seperti itu tempat kembalinya adalah Neraka, disebabkan kekafiran mereka dan sikap mereka yang mendustakan adanya Hari Kiamat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. أُو۟لٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمُ (mereka itu tempatnya)
Yakni tempat tinggal mereka.

النَّارُ بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ(ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan)
Yakni karena kekafiran dan keingkaran mereka terhadap hari kebangkitan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

8. Mereka itu tempat tinggalnya adalah neraka akibat perbuatan mereka berupa kekufuran, kemaksiatan dan pendustaan terhadap akhirat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{mereka itu tempatnya adalah neraka karena apa yang selalu mereka kerjakan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8. “Mereka itu”, dengan sifat-sifat tersebut “tempatnya ialah neraka.” Yakni tempat tinggalnya untuk selama-lamanya yang tidak mereka tinggalkan “disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan”, berupa kekufuran, kesyirikan dan berbagai macam kemaksiatan.
Manakala Dia menyebutkan hukuman mereka, maka Dia menyebutkan pahala orang-orang yang taat, Dia berfirman,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 7-8
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan keadaan orang-orang yang celaka yang ingkar terhadap hari pertemuan dengan Allah pada hari kiamat. Mereka sama tidak percaya dengan hari pertemuan, ridha dengan kehidupan dunia. dan jiwa mereka merasa tenteram dengannya. dan mereka lupa dengan ayat-ayat Allah yang kauniyyah. sehingga mereka tidak memikirkan syariat, sehingga mereka tidak mengerjakannya. Maka tempat kembali mereka pada hari kiamat adalah neraka, sebagai balasan atas apa yang mereka lakukan di dunia, berupa dosa-dosa, kesalahan-kesalahan, dan kejahatan-kejahatan. Di samping itu kekufuran mereka kepada Allah, Rasulallah, dan hari akhir"


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 8: Berupa syirk dan kemaksiatan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 8

Maka mereka itu tempatnya di neraka, karena apa yang telah mereka lakukan selama hidup di dunia, berupa kedurhakaan kepada Allah. Kebalikan dari orang-orang yang durhaka kepada Allah dan hanya mencintai kehidupan dunia adalah orang-orang yang beriman dan beramal saleh untuk bekal kehidupan di akhirat. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan sebagai wujud keimanan tersebut mereka mengerjakan amal kebajikan sebagaimana petunjuk yang disebutkan di dalam alqur'an, niscaya mereka diberi petunjuk oleh tuhan karena keimanan mereka. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan yang tiada tara, tiada pernah terkurangi dan mengalir di bawahnya sungai-sungai.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Yunus ayat 8 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dibaca

Nikmati banyak topik yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Ali Imran, Al-Ma’idah 2, Al-Mujadalah 11, An-Nur 2, At-Takatsur, Al-Baqarah 83. Ada pula Yunus 40-41, Al-Hujurat 12, Al-Isra 23, Asy-Syams, Az-Zalzalah, Al-Baqarah 286.

  1. Ali Imran
  2. Al-Ma’idah 2
  3. Al-Mujadalah 11
  4. An-Nur 2
  5. At-Takatsur
  6. Al-Baqarah 83
  7. Yunus 40-41
  8. Al-Hujurat 12
  9. Al-Isra 23
  10. Asy-Syams
  11. Az-Zalzalah
  12. Al-Baqarah 286

Pencarian: falaq, ya ayyuhalladzina amanu ku anfusakum wa ahlikum naro, surah al baqarah ayat 221, surah alisra ayat 23, al qashash 24

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: