Surat At-Taubah Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَا يَرْقُبُونَ فِى مُؤْمِنٍ إِلًّا وَلَا ذِمَّةً ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُعْتَدُونَ

Arab-Latin: Lā yarqubụna fī mu`minin illaw wa lā żimmah, wa ulā`ika humul-mu'tadụn

Artinya: Mereka tidak memelihara (hubungan) kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian. Dan mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

« At-Taubah 9At-Taubah 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Tentang Surat At-Taubah Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir penting dari ayat ini. Ditemukan pelbagai penafsiran dari banyak pakar tafsir berkaitan kandungan surat At-Taubah ayat 10, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya orang-orang musyrik adalah musuh yang memerangi keimanan dan orang-orang yang menganutnya. Mereka tidak melakukan pertimbangan sama sekali terhadap hubungan kekerabatan dengan seorang mukminin dan perjanjiannya. Dan sikap mereka adalah memusuhi dan bertindak zhalim.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10. Akibat kekafiran ini, mereka akan membunuh seorang mukmin jika mampu, tanpa mempedulikan hubungan kekerabatan yang seharusnya mereka jaga, dan tanpa mempedulikan perjanjian yang harus mereka tegakkan. Mereka adalah orang-orang yang jauh dari kebenaran dan sangat berbuat zalim.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Mereka tidak mengacuhkan Allah, hubungan kekerabatan, dan perjanjian apa pun dalam memperlakukan orang mukmin. Karena mereka menyimpan rasa permusuhan kepadanya. Maka mereka melanggar batas-batas Allah, karena mereka adalah orang-orang yang zalim dan melampaui batas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. لَا يَرْقُبُونَ فِى مُؤْمِنٍ إِلًّا وَلَا ذِمَّةً ۚ (Mereka tidak memelihara (hubungan) kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian)
Yakni mereka tidak memiliki kepedulian terhadap hak-hak orang-orang beriman baik itu hak karena hubungan kekerabatan maupun karena perjanjian yang mereka buat.

وَأُو۟لٰٓئِكَ هُمُ الْمُعْتَدُونَ(Dan mereka itulah orang-orang yang melampaui batas)
Yakni yang menyebrang dari yang halal menuju kepada yang haram dengan melanggar perjanjian.
Atau maknanya adalah orang yang berlebihan sekali dalam melakukan kejahatan dan kedurhakaan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10 Mereka tidak memelihara hak-hak orang mukmin, juga tidak menjaga hubungan kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak pula menepatiperjanjian. Dan mereka itulah orang-orang yang melampaui batas dan yang pertama mengadakan perjanjian. Ayat ini bukan pengulangan sebab ayat sebelumnya adalah untuk orang semua musyrik, adapun ayat ini khusus untuk Yahudi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka tidak memelihara kekerabatan} tidak memelihara {dengan orang mukmin dan tidak pula perjanjian. Mereka itulah orang-orang yang melampaui batas} melampaui batas ketentuan Allah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. “mereka tidak memelihara hubungan kekerabatan terhadap orang-orang Mukmin dan tidak pula mengindahkan perjanjian.” Yakni karena permusuhan mereka terhadap keimanan dan orang-orang yang beriman. Pemicu yang membuat mereka membencimu dan memusuhimu adalah karena iman.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-11
Allah SWT berfirman seraya mencela orang-orang musyrik dan memberi semangat orang-orang mukmin untuk memerangi mereka (Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit) yaitu mereka menukar ayat-ayat Allah yang tidak diikuti dengan hal yang mengalihkan mereka berupa perkara dunia yang rendah (lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah) Mereka menghalangi orang-orang mukmin dari mengikuti kebenaran (Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu (9) Mereka tidak memelihara (hubungan) kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian) Penjelasan ayat ini telah disebutkan, begitu juga ayat setelahnya (Jika mereka bertaubat dan mendirikan salat) sampai akhir ayat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 10: Karena permusuhan mereka kepada keimanan dan orang-orangnya. Sebab yang menjadikan mereka memusuhi dan membencimu adalah iman, oleh karena itu bela agamamu dan tolonglah serta jadikanlah orang yang memusuhi iman sebagai musuhmu dan orang yang membela iman sebagai kawanmu, bersikaplah dengan memperhatikan ada iman atau tidak, dan jangan kamu jadikan cinta kasih dan permusuhan atas dasar hawa nafsu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 10

Mereka bukan saja memperjualbelikan ayat-ayat Allah, menghalanghalangi orang lain dari jalan Allah, bahkan mereka juga tidak memelihara hubungan kekerabatan dengan orang mukmin dan tidak pula mengindahkan perjanjian. Sikap mereka itulah bisa dianggap sebagai sikap orangorang yang melampaui batas. Namun, jika mereka bertobat dari perbuatan-perbuatan dosanya dan meninggalkan kekufuran dan kemusyrikan lalu masuk ke dalam islam, serta secara konsisten melaksanakan ajaran-ajaran islam dengan melaksanakan salat dan menunaikan zakat, maka berarti mereka itu adalah saudara-saudaramu seagama yang memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk saling melindungi dan menyayangi. Kami menjelaskan ayat-ayat itu yang menjadi bukti wujud dan keesaan Allah bagi orangorang yang mengetahui, yakni mereka yang mau mengambil manfaat atas bukti-bukti tersebut. Melihat konteksnya, rangkaian ayat di atas berkenaan dengan perilaku buruk yahudi bani quraidhah. Meski begitu, ayat-ayat tersebut telah memberi ciri-ciri kefasikan yang sangat dibenci Allah, yaitu merusak atau mengkhianati perjanjian, tidak jujur, dan memutuskan hubungan kekerabatan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama berkaitan isi dan arti surat At-Taubah ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dicari

Kami memiliki ratusan halaman yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Maidah, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 185, Juz al-Qur’an, Al-Insyirah 5-6, Al-Balad. Ada pula Ali Imran 190-191, Al-‘Adiyat, Al-An’am, Luqman 14, Al-Baqarah 153, Al-Fajr.

  1. Al-Maidah
  2. Ar-Ra’d 11
  3. Al-Baqarah 185
  4. Juz al-Qur’an
  5. Al-Insyirah 5-6
  6. Al-Balad
  7. Ali Imran 190-191
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-An’am
  10. Luqman 14
  11. Al-Baqarah 153
  12. Al-Fajr

Pencarian: alquran surat yusuf, al ikhlas 1-4, surat al baqarah ayat 156, annisa ayat 6, yasin ayat 14

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: