Surat At-Taubah Ayat 9

ٱشْتَرَوْا۟ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ ثَمَنًا قَلِيلًا فَصَدُّوا۟ عَن سَبِيلِهِۦٓ ۚ إِنَّهُمْ سَآءَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Isytarau bi`āyātillāhi ṡamanang qalīlan fa ṣaddụ 'an sabīlih, innahum sā`a mā kānụ ya'malụn

Artinya: Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu.

« At-Taubah 8At-Taubah 10 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Terkait Surat At-Taubah Ayat 9

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 9 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir menarik dari ayat ini. Didapatkan aneka ragam penjabaran dari kalangan ulama mengenai makna surat At-Taubah ayat 9, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan kekayaan dunia yang tidak bernilai, lalu mereka menghalang-halangi dari kebenaran dan mencegah orang-orang yang berkeinginan masuk islam dan memeluknya. maka alangkah buruk perbuatan mereka dan itulah seburuk-buruk perbuatan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

9. mereka menukar ayat-ayat Allah yang agung dan hikmah-hikmahnya yang berharga dengan sedikit kesenangan dunia berupa kemewahan hidup dan harta yang melimpah; sehingga mereka menghalangi diri mereka dari Islam dan penegakan perjanjian akibat jual beli rendahan yang mereka lakukan ini, mereka juga menghalangi orang lain. Sungguh buruk perbuatan yang mereka lakukan dengan menjual keimanan dengan kekafiran, dan petunjuk dengan kesesatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. Mereka menukar dan mengganti kesediaan mereka untuk mengikuti ayat-ayat Allah, termasuk menepati janji dengan harga yang sangat murah. Yaitu harta benda yang mereka gunakan untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan hati mereka. Mereka menghalang-halangi diri mereka sendiri dari kebenaran dan berpaling darinya. Dan mereka juga menghalang-halangi orang lain dari kebenaran. Sungguh buruk perbuatan yang telah mereka lakukan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. اشْتَرَوْا۟ بِـَٔايٰتِ اللهِ ثَمَنًا قَلِيلًا (Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit)
Yakni menukar ayat-ayat al-Qur’an yang termasuk didalamnya adalah ayat yang mengandung perintah untuk menepati perjanjian dengan harga yang rendah, yaitu harta dunia yang mereka utamakan.

فَصَدُّوا۟ عَن سَبِيلِهِۦٓ ۚ (lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah)
Yakni berpaling dari jalan kebenaran dan memalingkan orang lain darinya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9 Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit untuk tujuan dunia, lalu mereka menghalangi manusia dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka menukarkan} menukarkan {ayat-ayat Allah dengan harga yang murah} hal duniawi yang remeh {lalu mereka menghalangi dari jalanNya} mereka merintangi manusia dari agama Allah {Sesungguhnya sangat buruk apa yang selalu mereka kerjakan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9. “mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit.” Yakni mereka memilih bagian yang fana lagi hina di dunia daripada iman kepada Allah, dan RasulNya, dan ketundukan kepada ayat-ayatNya. “lalu mereka menghalangi”, diri mereka sendiri dan orang lain “dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-11
Allah SWT berfirman seraya mencela orang-orang musyrik dan memberi semangat orang-orang mukmin untuk memerangi mereka (Mereka menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit) yaitu mereka menukar ayat-ayat Allah yang tidak diikuti dengan hal yang mengalihkan mereka berupa perkara dunia yang rendah (lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah) Mereka menghalangi orang-orang mukmin dari mengikuti kebenaran (Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu (9) Mereka tidak memelihara (hubungan) kerabat terhadap orang-orang mukmin dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian) Penjelasan ayat ini telah disebutkan, begitu juga ayat setelahnya (Jika mereka bertaubat dan mendirikan salat) sampai akhir ayat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 9: Mereka memilih kesenangan dunia daripada beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta tunduk kepada ayat-ayat-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 9

Sikap kefasikan itu juga menjadikan mereka berani memperjualbelikan ayat-ayat Allah dengan harga murah, yakni ditukar dengan hal-hal yang bersifat duniawi, padahal ayat-ayat tersebut secara jelas telah menjadi bukti atas keesaan Allah dan kerasulan nabi Muhammad. Maka, dengan sikapnya itu sesungguhnya mereka telah menghalang-halangi mereka sendiri dan orang lain dari jalan Allah. Sungguh, sikap yang demikian itu menunjukkan betapa buruknya apa yang mereka kerjakan, yakni perilaku sesat dan menyesatkanmereka bukan saja memperjualbelikan ayat-ayat Allah, menghalanghalangi orang lain dari jalan Allah, bahkan mereka juga tidak memelihara hubungan kekerabatan dengan orang mukmin dan tidak pula mengindahkan perjanjian. Sikap mereka itulah bisa dianggap sebagai sikap orangorang yang melampaui batas.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari berbagai ahli tafsir mengenai isi dan arti surat At-Taubah ayat 9 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dicari

Baca banyak materi yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Balad, Al-Maidah, Al-Insyirah 5-6, Al-Fajr, Al-An’am, Al-Baqarah 185. Termasuk Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 153, Luqman 14, Ali Imran 190-191, Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an.

  1. Al-Balad
  2. Al-Maidah
  3. Al-Insyirah 5-6
  4. Al-Fajr
  5. Al-An’am
  6. Al-Baqarah 185
  7. Ar-Ra’d 11
  8. Al-Baqarah 153
  9. Luqman 14
  10. Ali Imran 190-191
  11. Al-‘Adiyat
  12. Juz al-Qur’an

Pencarian: 10 ayat tentang riba, surah untuk menenangkan hati, doa pembuka rezeki, al fatihah dan terjemahan, arti surat ar rahman ayat 33

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: