Surat Al-Anfal Ayat 21

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَا تَكُونُوا۟ كَٱلَّذِينَ قَالُوا۟ سَمِعْنَا وَهُمْ لَا يَسْمَعُونَ

Arab-Latin: Wa lā takụnụ kallażīna qālụ sami'nā wa hum lā yasma'ụn

Artinya: Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang (munafik) vang berkata "Kami mendengarkan, padahal mereka tidak mendengarkan.

« Al-Anfal 20Al-Anfal 22 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Surat Al-Anfal Ayat 21

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anfal Ayat 21 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan beberapa penjabaran dari beragam ahli ilmu terhadap makna surat Al-Anfal ayat 21, di antaranya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan janganlah kalian wahai kaum mukminin, menjadi orang-orang yang terjerumus dalam penentangan terhadap Allah dan rasulNya seperti kaum musyrikin dan kaum munafikin yang bila mendengar kitabullah dibacakan kepada mereka, mereka berkata, ”kami telah mendengarnya dengan telinga-telinga kami,” namun mereka sebenarnya tidak merenungi apa yang mereka dengar dan tidak memikirkannya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

21. Dan janganlah sekali-kali kalian menyerupai orang-orang kafir dan munafik yang mengaku telah mendengarkan dengan berkata: 'kami telah mendengar'. Padahal mereka belum mendengarkan dengan sungguh-sungguh, sebab mereka tidak mempercayai apa yang mereka dengar, sehingga mereka tidak mendapat manfaat darinya; bahkan mereka mengacuhkannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

21. Dan janganlah kalian -wahai orang-orang mukmin- bersikap seperti orang-orang munafik dan orang-orang musyrik yang apabila dibacakan ayat-ayat Allah kepada mereka maka mereka berkata, “Kami mendengar dengan telinga kami ayat-ayat Al-Qur`ān yang dibacakan kepada kami.” Akan tetapi mereka tidak mendengarnya sambil merenungkan maknanya dan mengambil pelajaran lalu mendapatkan manfaat darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

21. وَلَا تَكُونُوا۟ كَالَّذِينَ قَالُوا۟ سَمِعْنَا (dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang (munafik) vang berkata “Kami mendengarkan)
Mereka adalah orang-orang munafik atau orang-orang Yahudi. Karena mereka mendengar seruannya dengan telinga mereka namun tidak memahami dan tidak menjalankannya maka mereka seperti orang yang tidak mendengar.
Atau yang dimaksud adalah bahwa mereka mendengar seruan namun tidak menjawab dan hanya berkata “kami mendengar namun kami tidak mentaatinya”.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Begitu banyak diantara manusia yang mengatakan tatkala ia mendengarkan ayat-ayat Allah : ayat ini diturunkan pada orang-orang kafir atau munafiq, bukan pada orang seperti saya yang beriman, dan jika saja dalam mereka ada sifat yang dilarang oleh ayat itu, dan ayat itu memberi peringatan kepada mereka dari sifat-sifat itu dan dari perbuatan itu, maka sesungguhnya mereka menyadari bahwa diri mereka termasuk ke dalam golongan orang-orang yang : { قَالُوا سَمِعْنَا وَهُمْ لَا يَسْ } "vang berkata "Kami mendengarkan, padahal mereka tidak mendengarkan".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

21. Janganlah kamu menjadi seperti orang-orang munafik dan musyrik serta Yahudi vang berkata dan menunjukkan “Kami mendengarkan,” padahal mereka tidak mendengarkan. Mereka mendengar dengan teling tapi tidak faham dan tidak mengerjakan. Selamanya mereka tidak mendengarkan dengan sungguh-sungghuh dan kefahaman sedikitpun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Janganlah menjadi seperti orang-orang yang berkata,“Kami mendengarkan.” Sedangkan mereka tidak mendengarkan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

21 “dan janganlah kamu menjadi orang orang (munafik) yang berkata 'kami mendengarkan padahal mereka tidak mendengarkan” yakni jangan merasa cukup dengan klaim kosong yang tanpa hakikat, karena hal tersebut tidak diridhai oleh Allah dan rasulNya. iman bukanlah dengan angan-angan dan impian, akan tetapi ia adalah apa yang menancap dalam hati dan dibenarkan oleh perbuatan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 20-23
Allah SWT memerintahkan kepada hamba-hambaNya yang mukmin agar taat kepadaNya dan RasulNya. Lalu Allah memperingatkan mereka dari menentangNya dan menyerupakan diri dengan orang-orang yang ingkar dan menentangNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan janganlah kalian berpaling dariNya)
yaitu janganlah kalian meninggalkan ketaatan kepadaNya dan perintah-perintahNya, serta mengerjakan semua laranganNya (sedangkan kalian mendengar (perintah-perintah-Nya)) yaitu sesudah kalian mengetahui apa yang diserukannya kepada kalian (dan janganlah kalian menjadi seperti orang-orang (munafik) yang berkata, "Kami mendengarkan," padahal mereka tidak mendengarkan (21))
Dikatakan bahwa yang dimaksud adalah orang-orang musyrik, dan ibnu Jarir memilih pendapat itu.
Ibnu Ishaq berkata, mereka adalah orang-orang munafik, karena sesungguhnya mereka menampakkan bahwa mereka mendengar dan memenuhi seruan itu, sedangkan mereka tidak demikian. Kemudian Allah SWT memberitahukan bahwa perumpamaan untuk anak cucu Adam ini adalah makhluk yang paling buruk, lalu Allah berfirman: (Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah orang-orang yang tuli) yaitu dari mendengarkan kebenaran (dan bisu) dari memahaminya Oleh karena itu Allah berfirman (yang tidak mengerti apa pun) Mereka adalah seburuk-buruk makhluk, karena sesungguhnya setiap makhluk selain mereka itu taat kepada Allah sesuai dengan tabiat mereka diciptakan. Dan mereka diciptakan untuk beribadah kepadaNya, namun mereka mengingkariNya. Oleh karena itu mereka Dia menyerupakan mereka dengan binatang ternak dalam firmanNya: (Dan perumpamaan (orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja) (Surah Al-Baqarah: 171), dan di ayat lain: (Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai) (Surah Al-A'raf: 179)
Kemudian Allah SWT memberitakan bahwa mereka adalah orang-orang yang tidak mempunyai pemahaman dan niat yang benar, sekalipun diumpamakan bahwa mereka mempunyai pemahaman (Kalau kiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah menjadikan mereka dapat mendengar) yaitu sungguh Allah menjadikan mereka memahami. Maknanya adalah Akan tetapi tidak ada kebaikan pada mereka, jadi Dia tidak menjadikan mereka paham, karena sesungguhnya Allah mengetahui bahwa (seandainya Dia membuat mereka dapat mendengar) yaitu membuat mereka paham (niscaya mereka pasti berpaling juga) yaitu berpaling dari hal itu dengan sengaja dan membangkang, setelah mereka memahaminya (sedangkan mereka memalingkan diri) darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anfal ayat 21: Yakni tidak mendengar sambil mentadaburi dan mengambil pelajaran daripadanya. Maksud ayat ini adalah janganlah kita hanya menyampaikan di lisan dakwaan yang tidak ada hakikatnya, karena yang demikian tidak diridhai Allah dan Rasul-Nya, dan lagi iman bukan sekedar angan-angan dan hiasan, akan tetapi iman sesungguhnya yang menancap di hati dan dibenarkan oleh amalan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anfal Ayat 21

Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang munafik atau musyrik yang berkata, kami mendengarkan, yakni mengetahui apa yang disampaikan kepada kami, padahal mereka terus-menerus tidak mendengarkan dan tidak mengamalkan karena hati mereka mengingkarinya. Ayat ini secara tidak langsung menyindir orang-orang yang mendengar tuntunan agama tetapi enggan mengamalkannya, yaitu dengan mengingatkan bahwa sesungguhnya makhluk bergerak yang bernyawa yang paling buruk, termasuk manusia, dalam pandangan Allah ialah mereka yang tuli, sehingga tidak dapat mendengar tuntunan dan memahami kebenaran, dan bisu sehingga tidak dapat berbicara, yaitu orang-orang yang tidak mengerti. Mereka memang tidak mau mendengar, mengatakan, dan memikirkan yang benar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penafsiran dari beragam ahli ilmu terkait kandungan dan arti surat Al-Anfal ayat 21 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikaji

Nikmati berbagai konten yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: An-Nisa 59, An-Nashr, Al-‘Ashr, Al-Qari’ah, Al-Kahfi 1-10, Yusuf. Ada pula Az-Zumar 53, Al-Lahab, Bismillah, An-Naziat, Quraisy, Al-Ma’idah 3.

  1. An-Nisa 59
  2. An-Nashr
  3. Al-‘Ashr
  4. Al-Qari’ah
  5. Al-Kahfi 1-10
  6. Yusuf
  7. Az-Zumar 53
  8. Al-Lahab
  9. Bismillah
  10. An-Naziat
  11. Quraisy
  12. Al-Ma’idah 3

Pencarian: surat ar rahman ayat 27, anis kurli waliwalidayya, at taubah 129 latin, surah wailul likulli humazatil lumazah, an najm ayat 40

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: