Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 14

ذَٰلِكُمْ فَذُوقُوهُ وَأَنَّ لِلْكَافِرِينَ عَذَابَ النَّارِ

Arab-Latin: żālikum fa żụqụhu wa anna lil-kāfirīna 'ażāban-nār

Terjemah Arti: Itulah (hukum dunia yang ditimpakan atasmu), maka rasakanlah hukuman itu. Sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu ada (lagi) azab neraka.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

itulah siksaan yang aku segerakan terhadap kalian wahai orang-orang kafir yang menentang perintah-perintah Allah dan rasulNya di dunia, dan rasakanlah ia dikehidupan dunia, dan bagi kalian diakhirat kelak siksaan neraka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Azab yang telah disebutkan itu diperuntukkan bagi kalian -wahai orang-orang yang menentang Allah dan rasul-Nya-. Maka rasakanlah azab itu yang disegerakan bagi kalian di dunia. Dan di Akhirat kelak kalian akan mendapatkan siksa Neraka apabila kalian mati dalam kekafiran dan pembangkangan kalian.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. ذٰلِكُمْ (Itulah)
Ini merupakan isyarat yang ditujukan kepada siksaan yang disegerakan kepada orang-orang musyrik ini.

فَذُوقُوهُ(maka rasakanlah hukuman itu)
Yakni rasakanlah hai orang-orang musyrik, dan rasakanlah rasa sakitnya, serta telanlah penderitaannya.

وَأَنَّ لِلْكٰفِرِينَ عَذَابَ النَّارِ(Sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu ada (lagi) azab neraka)
Ini merupakan ancaman bagi mereka berupa siksaan yang menunggu mereka di akhirat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14 Itulah hukuman yang disegerakan di dunia untuk orang-orang musyrik, maka rasakanlah hukuman itu wahai orang-orang kafir. Sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu ada lagi azab neraka di akhirat

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dalam kisah di atas terdapat ayat-ayat Allah yang besar yang menunjukkan bahwa apa yang dibawa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah benar, janji Allah adalah benar, pengabulan Allah terhadap doa hamba-Nya, perhatian yang besar dari Allah kepada keadaan hamba-hamba-Nya yang beriman dan pengadaan-Nya terhadap sebab yang mengokohkan iman dan pendirian mereka serta penyingkiran-Nya terhadap bahaya dan was-was setan yang datang kepada mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Demikianlah hukuman dunia yang ditimpakan atasmu, wahai para pembangkang, maka rasakanlah hukuman itu. Sesungguhnya bagi orangorang kafir ada lagi selain siksa duniawi tersebut berupa azab neraka. Setelah ayat-ayat yang lalu menjelaskan dukungan Allah terhadap kaum muslim dan kemenangan yang dianugerahkan kepada mereka, pada ayat ini Allah menjelaskan hakikat kemenangan dan tugas mereka ketika menghadapi musuh. Wahai orang yang beriman! apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang menentang Allah dan rasul-Nya dalam barisan yang akan menyerangmu dan mengancam keberada-anmu, maka janganlah kamu berbalik mundur membelakangi mereka, sehingga kalah. Tetaplah tegar menghadapi mereka, sebab Allah bersama kamu untuk memenangkanmu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 15 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 16 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 17, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 18, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 19, Makna Surat Al-Anfal Ayat 20

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!