Surat Al-Anfal Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَا جَعَلَهُ ٱللَّهُ إِلَّا بُشْرَىٰ وَلِتَطْمَئِنَّ بِهِۦ قُلُوبُكُمْ ۚ وَمَا ٱلنَّصْرُ إِلَّا مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Arab-Latin: Wa mā ja'alahullāhu illā busyrā wa litaṭma`inna bihī qulụbukum, wa man-naṣru illā min 'indillāh, innallāha 'azīzun ḥakīm

Artinya: Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

« Al-Anfal 9Al-Anfal 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Surat Al-Anfal Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anfal Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penafsiran dari kalangan mufassir terkait isi surat Al-Anfal ayat 10, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kami tidaklah mendatangkan bala bantuan pasukan tersebut, kecuali sebagai kabar gembira bagi kalian akan datangnya kemenangan, dan supaya hati kalian menjadi tenang, serta meyakini pertolongan Allah bagi kalian. Dan tidaklah kemenangan itu, kecuali dari sisi Allah, bukan dengan dahsyatnya serangan dan kekuatan kalian. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa dalam kerajaanNYa, Maha bijaksana dalam pengaturan dan syariatNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10. Hai orang-orang beriman, tidaklah pengiriman pasukan malaikat itu melainkan kabar gembira bagi kalian akan kemenangan yang akan kalian dapatkan dalam melawan musuh-musuh. Hal ini agar kalian semakin percaya kepada-Ku dan tidak putus asa ketika sebab-sebab kemenangan sangat sedikit, dan agar hati kalian menjadi tenang dan tidak ketakutan sehingga kalian dapat menyerang musuh-musuh tanpa keraguan.

Kemenangan dengan bantuan para malaikat atau lainnya tidak lain adalah dari sisi Allah Semata, Dia Maha Perkasa sehingga tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya; bahkan Dia berkuasa mengalahkan pasukan yang besar dan memiliki peralatan yang lengkap. Dan Dia Maha Bijaksana dengan menetapkan suatu perkara menurut sebab-sebabnya dan menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Dan tidaklah Allah menjadikan pengiriman bala bantuan berupa malaikat itu melainkan sebagai kabar gembira bagi kalian -wahai orang-orang mukmin- bahwa Allah akan menolong kalian untuk mengalahkan musuh kalian, dan supaya hati kalian merasa tenang serta yakin akan memang. Karena kemenangan bukan ditentukan oleh banyaknya jumlah pasukan dan peralatan perang, namun kemenangan itu dari Allah -Subḥānahu-. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa di dalam kerajaan-Nya, tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya, lagi Maha Bijaksana dalam menetapkan syariat dan ketentuan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. وَمَا جَعَلَهُ اللهُ (Dan Allah tidak menjadikannya)
Yakni dengan mengirim pasukan dari para malaikat.

إِلَّا بُشْرَىٰ (melainkan sebagai kabar gembira)
Melainkan sebagai kabar gembira kemenangan bagi kalian

وَلِتَطْمَئِنَّ بِهِۦ قُلُوبُكُمْ ۚ (dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya)
Karena bala bantuan malaikat tersebut.

وَمَا النَّصْرُ إِلَّا مِنْ عِندِ اللهِ ۚ (Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah)
Tidak dari selain-Nya dan tidak dari para malaikat.

إِنَّ اللهَ عَزِيزٌ(Sesungguhnya Allah Maha Perkasa)
Yang tidak terkalahkan.

حَكِيمٌ(lagi Maha Bijaksana)
Bijaksana dalam setiap perbuatan-Nya.
Umar bin Khattab berkata: adapun di hari terjadinya perang badar tidak diragukan lagi bahwa para malaikat berperang bersama kami, adapun pada peperangan setelah itu maka Allahu a’lam (Allah-lah yang mengetahui apakah kami di bantu dengan malaikat atau tidak).


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

9-10

1 ). Doa yang tulus dari hati yang tunduk adalah merupakan senjata yang ampuh atas izin Allah : { إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ } "(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu". Ibnu Taimiyah berkata : "Hati yang tulus dan doa yang baik adalah pasukan yang tidak dapat terkalahkan".

2 ). Pada peristiwa perang Badr senjata dan iman saling berpelukan dengan sangat erat, Rasulullah sebagai panglima mempersiapkan bala tentaranya, mengatur strategi peperangan, dan memilih lokasi peperangan, dan mengangkat semangat para sahabatnya, kemudian beliau menghadap tuhannya dengan hati yang tunduk, memohon turunya pertolongan dan kemenangan, sampai akhirnya terwujudlah keinginan mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10 Allah tidak menjadikan kiriman bala bantuan itu, melainkan sebagai kabar gembira bagimu dan agar hatimu menjadi tenteram dari ketakutan yang menghantui. Kemenangan dan pertolongan itu hanyalah dari sisi Allah, bukan dari lain-Nya. Kehendak Allah bisa terwujud dengan adanya kejadian sebab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana dalam segala perbuatannya. Yang Maha Meletakkan sesuatu sesuai tempatnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Allah tidak menjadikannya} Allah tidak menjadikan bala bantuan malaikat itu {melainkan sebagai kabar gembira} kabar gembira {dan menjadi tenteram} menjadi tenang {hati kalian karena itu. Kemenangan itu tidak lain kecuali dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha bijaksana


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10 “dan Allah tidak menjadikannya” yakni pengiriman malaikat tersebut “melainkan sebagai kabar gembira” agar jiwa mereka gembira dengan itu. ”dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya” namun pada hakikatnya kemenangan itu di tangan Allah, bukan dengan banyaknya tentara dan senjata, ”sesungguhnya Allah Maha perkasa" tidak ada yang bias mengalahkannya siapapun, bahkan Diam aha perkasa yang mampu mengalahkan siapapun walaupun orang itu di lengkapi oleh kekuatan jumlah dan senjata yang demikian besarnya. ”lagi maha bijaksana” dimana Dia menentukan perkara dengan sebab sebabnya. Dan meletakan segala urusan pada tempatnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-10
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa ayat yang mulia ini, yaitu: ((Ingatlah) ketika kalian memohon pertolongan kepada Tuhan kalian) tentang doa Nabi SAW. Demikian juga dikatakan oleh Yazid bin Yutsai’, As-Suddi, dan Ibnu Juraij.
Imam Bukhari berkata dalam kitab Al-Maghazi, pada bab firmanNya SWT: ((Ingatlah), ketika kalian memohon pertolongan kepada Tuhan kalian, lalu diperkenankan-Nya bagi kalian) Sampai firmanNya: (maka sesungguhnya Allah amat keras siksaan-Nya) (Surah Al-Baqarah: 211) Diriwayatkan dari Thariq bin Syihab, dia berkata,”Aku mendengar Ibnu Mas'ud berkata,”Aku menyaksikan sikap Al-Miqdad bin Al-Aswad, yaitu aku lebih menyukai menjadi temannya daripada sikap yang dilakukannya, yaitu Nabi SAW sedang berdoa untuk orang-orang musyrik, lalu dia berkata,"Kami tidak akan mengatakan seperti apa yang dikatakan kaum nabi Musa, (pergilah kamu bersama Tuhanmu dan berperanglah kamu berdua) (Surah Al-Maidah: 24). Tetapi kami akan berperang dari arah kanan, kiri, depan dan belakangmu" lalu aku melihat nabi SAW dan wajah beliau bersinar dan gembira.
Firman Allah SWT: (dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut) yaitu sebagian dari mereka datang secara berturut-turut. Sebagaimana yang dikatakan oleh Harun bin ‘Antarah, dari Ibnu Abbas, bahwa (murdifin) adalah berturut-turut
Mujahid, Ibnu Katsir Al-Qari, dan Ibnu Zaid berkata bahwa (murdifin) artinya yang terus menerus.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kalian dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut) dia berkata,”Di belakang setiap malaikat ada malaikat. Berdasarkan riwayat dari sanad ini tentang (murdifin) yaitu sebagian dari mereka datang sesudah sebagian lainnya.
Pendapat yang dikenal adalah yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalhah, dari Ibnu Abbas, dia berkata: “Allah memberi bantuan kepada NabiNya SAW dan orang-orang mukmin dengan seribu malaikat. Malaikat Jibril bersama lima ratus malaikat di sebelahnya, dan Malaikat Mikail bersama lima ratus malaikat di sebelah lainnya.
Firman Allah SWT: (Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira) yaitu Allah tidaklah menjadikan pengutusan para malaikat dan pemberitahuan hal itu kepada kalian, melainkan sebagai berita gembira. (dan agar hati kalian menjadi tenteram karenanya) Allah SWT Maha kuasa untuk memenangkan kalian atas musuh-musuh kalian (dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah) yaitu tanpa itu, Oleh karena itu Allah berfirman (Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Apabila kalian bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang), maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kalian telah mengalahkan mereka, maka tawanlah mereka dan sesudah itu kalian boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berhenti. Demikianlah, apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka, tetapi Allah hendak menguji sebagian kalian dengan sebagian yang lain. Dan orang-orang yang gugur pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka (4) Allah akan memberi petunjuk kepada mereka dan memperbaiki keadaan mereka (5) dan memasukkan mereka ke dalam surga yang telah diperkenalkan-Nya kepada mereka (6)) (Surah Muhammad) Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Allah Maha Perkasa), yaitu kemuliaan itu milikNya, RasulNya dan orang-orang mukmin di dunia dan akhirat, sebagaimana firman Allah SWT (Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat) (51)) (Surah Ghafir) (lagi Maha bijaksana) yaitu dalam syariatNya untuk memerangi orang-orang kafir, sekalipun Dia mampu menghancurkan dan membinasakan mereka dengan kekuasaan dan kekuatanNya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anfal ayat 10: Kalau pun tidak dikirimkan para malaikat-Nya, maka sesungguhnya kemenangan di Tangan Allah, tidak karena banyaknya pasukan dan lengkapnya persenjataan.

Tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya.

Di mana Dia menetapkan berbagai perkara dengan sebab-sebabnya dan meletakkan sesuatu pada tempatnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anfal Ayat 10

Meski berita keterlibatan malaikat sangat menggembirakan, tetapi jangan menduga bantuan pasukan malaikat itu adalah sebab kemenangan. Dan tidaklah Allah menjadikannya, yakni pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai kabar gembira berupa kemenangan bagi kamu kaum muslim agar hatimu menjadi tenteram karenanya dan terus maju. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah, bukan dari kekuatan pasukanmu dan atau bantuan malaikat. Kemenangan hanya diraih dengan restu dan kehendak Allah. Sungguh, Allah mahaperkasa, tidak dapat dikalahkan oleh siapa pun, mahabijaksana, dalam menetapkan segala urusan sebagaimana mestinya sesuai dengan ilmu-Nya yang meliputi segala sesuatu wahai orang-orang yang beriman, ingatlah nikmat Allah yang lain, yaitu ketika kamu kekurangan perbekalan air dan di saat kalian dicekam rasa takut pada musuh, lalu Allah membuat kamu mengantuk sehingga beberapa saat kamu terlena dan tidak menghiraukan sesuatu, dan dengan demikian kamu dapat beristirahat menghilangkan kepenatan. Itu dilakukan oleh Allah untuk memberi ketenteraman dari-Nya, dengan hilangnya rasa takut, dan di antara nikmat lainnya Allah juga menurunkan air hujan dari langit kepa-damu. Air hujan itu berguna untuk menyucikan kamu dengan hujan itu, yakni dengan menggunakannya untuk berwudu, mandi wajib dan sunah, dan hujan itu juga menghilangkan gangguangangguan setan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu dalam menghadapi musuh serta memperteguh telapak kakimu, sebab tanah berupa pasir yang disiram air akan menjadi padat, sehingga mudah diinjak dan tidak membuat kaki tergelincir atau terbenam di pasir. Dengan cara itu pula Allah memperteguh pendirian kaum muslim.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjabaran dari kalangan mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Anfal ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita semua. Support perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Tersering Dilihat

Kaji banyak konten yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: An-Nashr, Yusuf, Al-Qari’ah, Al-Kahfi 1-10, Al-Lahab, Az-Zumar 53. Juga An-Nisa 59, Al-‘Ashr, Quraisy, An-Naziat, Al-Ma’idah 3, Bismillah.

  1. An-Nashr
  2. Yusuf
  3. Al-Qari’ah
  4. Al-Kahfi 1-10
  5. Al-Lahab
  6. Az-Zumar 53
  7. An-Nisa 59
  8. Al-‘Ashr
  9. Quraisy
  10. An-Naziat
  11. Al-Ma’idah 3
  12. Bismillah

Pencarian: al isra 55, quran surah luqman ayat 13-14, wal asri surat apa, tulisan arab innalillahi wa inna ilaihi raji'un, almudatsir

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: