Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 8

لِيُحِقَّ الْحَقَّ وَيُبْطِلَ الْبَاطِلَ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ

Arab-Latin: Liyuḥiqqal-ḥaqqa wa yubṭilal-bāṭila walau karihal-mujrimụn

Terjemah Arti: Agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan membatalkan yang batil (syirik) walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Supaya Allah memuliakan islam dan para pemeluknya serta melenyapkan kesyirikan dan para pembelanya, walaupun kaum musyrikin membencinya hal itu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Allah hendak mengukuhkan kebenaran dengan memberikan kemenangan kepada agama Islam dan para pemeluknya. Yaitu dengan cara memperlihatkan bukti-bukti yang menunjukkan kebenarannya. Dan Allah -Subḥānahu- hendak melenyapkan kebatilan dengan cara memperlihatkan bukti-bukti yang menunjukkan kebatilannya, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai hal itu, namun Allah tetap memperlihatkannya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

8. لِيُحِقَّ الْحَقَّ (agar Allah menetapkan yang hak)
Untuk meneguhkan agama Islam di muka bumi dan meninggikan kemuliaannya.

وَيُبْطِلَ الْبٰطِلَ(dan membatalkan yang batil)
Yakni menghapus kesyirikan hingga sirna keberadaannya.

وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ(walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya)
Yakni orang-orang musyrik Quraisy, atau seluruh orang-orang kafir.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8 Agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan meninggikannya dan membatalkan yang batil (syirik) walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) dari golongan Qurays dan orang-orang kafir itu tidak menyukainya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah tidak peduli meskipun mereka tidak menyukainya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Juga, agar Allah memperkuat yang hak, kebenaran yang sempurna, yakni agama islam dan menghilangkan yang batil, yaitu syirik dan segala hal yang bertentangan dengan nilai-nilai islam, walaupun orang-orang yang berdosa, kaum musyrik dan musuh-Musuh islam itu tidak menyukainya. Begitulah kemenangan diraih oleh umat islam berkat pertolongan Allah. Kemenangan dalam peperangan itu melibatkan para malaikat. Para sahabat yang terlibat dalam perang tersebut diperintah; ingatlah ketika kamu nabi Muhammad memohon pertolongan kepada tuhanmu dengan diamini pasukan kaum muslim, supaya menganugerahkan kemenangan dalam perang badar, lalu diperkenankan-Nya bagimu seraya menyampaikan kepada seluruh anggota pasukan kaum muslim melalui dirimu bahwa, sungguh, aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut untuk mendukung dan terlibat perang bersama kamu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 9 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 10 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 11, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 12, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 13, Makna Surat Al-Anfal Ayat 14

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!