Daftar Isi > Al-A'raf > Al-A’raf 140

Surat Al-A’raf Ayat 140

قَالَ أَغَيْرَ ٱللَّهِ أَبْغِيكُمْ إِلَٰهًا وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Qāla a gairallāhi abgīkum ilāhaw wa huwa faḍḍalakum 'alal-'ālamīn

Artinya: Musa menjawab: "Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat.

« Al-A'raf 139Al-A'raf 141 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-A’raf Ayat 140

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 140 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan variasi penjabaran dari kalangan mufassir terhadap isi surat Al-A’raf ayat 140, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Musa berkata kepada kaumnya, ”apakah pantas kepada selain Allah aku akan mencarikan sesembahan yang kalian sembah, sedang Allah itu, Dia lah yang menciptakan kalian dan melebihkan kalian atas segala umat pada zaman kalian dengan bayaknya jumlah nabi yang berada di tengah kalian dan dengan dihancurkannya musuh-musuh kalian, serta tanda-tanda kenabian yang Allah menampakkannya secara khusus kepada kalian?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

140. Musa berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Bagaimana mungkin aku mencari tuhan lain untuk kalian sembah selain Allah? Kalian telah menyaksikan betapa besarnya tanda-tanda kekuasaan Allah. Dia -Subḥānahu wa Ta'ālā- telah mengunggulkan kalian atas seluruh umat manusia yang ada pada masa kalian. Karena Allah telah memberi kalian anugerah berupa kehancuran musuh kalian, menjadikan kalian penguasa bumi dan memberi kalian kejayaan di muka bumi.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

140. Dan Musa melanjutkan penjelasannya: “Apakah aku akan mencari sesembahan selain Allah untuk kalian sembah? Padalah Allah telah mengutamakan kalian atas umat lainnya di dunia ini pada zaman kalian. Sedangkan kewajiban kalian adalah memuliakan-Nya dengan hanya menyembah-Nya semata, sebagaimana Dia telah memuliakan kalian dengan berbagai kenikmatan yang besar.”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

140. أَغَيْرَ اللهِ أَبْغِيكُمْ إِلٰهًا (Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah)
Yakni bagaimana aku mencari tuhan selain Allah untuk kalian agar bisa kalian sembah? Sedangkan kalian telah menyaksikan mukjizat-mukjizat besar yang sebenarnya dengan menyaksikan sebagiannya saja sudah cukup untuk menjadi pelajaran.

وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى الْعٰلَمِينَ(padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat)
Dengan memberi kalian kenikmatan berupa kebinasaan musuh kalian, menjadikan kalian khalifah di bumi, serta mengeluarkan kalian dari kehinaan dan kerendahan menuju kemuliaan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

140. Musa berkata kepada kaumnya: “Bagaimana bisa aku mencarikan kalian Tuhan selain Allah yang akan kalian sembah? Sedangkan aku telah menunjukkan kepada kalian bukti yang jelas atas keesaanNya dan mengutamakan kalian di atas alam semesta pada zaman kalian dengan membinasakan musuh kalian, memerdekakan kalian, menempatkan kalian di bumi dan menjadikan kalian pemimpin di dalamnya”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Musa berkata,“Apakah aku mencarikan untuk kalian} mencarikan untuk kalian {selain Allah seorang tuhan, padahal Dia yang telah melebihkan kalian atas seluruh alam”} atas penduduk alam pada zaman kalian


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

140 “musa menjawab” patutkah aku mencari tuhan untuk kamu yang selain dari Allah” yakni aku mecari tuhan selain Allah yang disembah lagi sempurna pada dzatnya, sifat-sifatnya dan perbuatan-perbuatannya, ”padahal dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat”, maka hal ini menuntutmu menyambut nikmat dan karuniaNya dan mensyukuri hal itu dengan mengesakanNya dalam beribadah dan mengingkari apa yang dipertuhankan oleh mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 140: Tuhan yang sempurna zat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya.

Yang seharusnya membuat kamu bersyukur dengan hanya beribadah kepada-Nya dan meniadakan sesembahan selain-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 140

Selanjutnya dia, yakni nabi musa berkata, pantaskah aku mencari tuhan untukmu selain Allah, padahal seandainya tidak ada anugerah-Nya kepada kamu selain bahwa dia yang telah menciptakan dan melebihkan kamu atas segala umat pada masa itu, dengan diturunkan banyak nabi dari kalangan kamu dan keutamaan lainnya, maka cukup sudah itu menjadi kewajaran bahkan kewajiban bagi kamu untuk beribadah dan mengabdi kepada-Nya saja. Dan ingatlah, wahai bani israil, ketika kami menyelamatkan kamu dari siksaan para pengikut fir'aun, yang menyiksa kamu dengan siksaan yang sangat berat atas perintah fir'aun. Kamu dipaksa melayani mereka untuk melaksanakan pekerjaan-peker-jaan kasar dan sulit. Bahkan, di mata mereka, kamu seperti binatang, tidak mempunyai kehormatan sedikit pun. Di antara bentuk siksaan itu, mereka membunuh anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang sangat besar dari tuhan pemelihara kamu, yang tidak ada ujian dan cobaan seberat itu.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-A’raf ayat 140 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Dukung syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: