Surat Al-A’raf Ayat 140

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ أَغَيْرَ ٱللَّهِ أَبْغِيكُمْ إِلَٰهًا وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Qāla a gairallāhi abgīkum ilāhaw wa huwa faḍḍalakum 'alal-'ālamīn

Artinya: Musa menjawab: "Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah, padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat.

« Al-A'raf 139Al-A'raf 141 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat Al-A’raf Ayat 140

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 140 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Didapati beragam penjabaran dari banyak pakar tafsir berkaitan isi surat Al-A’raf ayat 140, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Musa berkata kepada kaumnya, ”apakah pantas kepada selain Allah aku akan mencarikan sesembahan yang kalian sembah, sedang Allah itu, Dia lah yang menciptakan kalian dan melebihkan kalian atas segala umat pada zaman kalian dengan bayaknya jumlah nabi yang berada di tengah kalian dan dengan dihancurkannya musuh-musuh kalian, serta tanda-tanda kenabian yang Allah menampakkannya secara khusus kepada kalian?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

140. Dan Musa melanjutkan penjelasannya: “Apakah aku akan mencari sesembahan selain Allah untuk kalian sembah? Padalah Allah telah mengutamakan kalian atas umat lainnya di dunia ini pada zaman kalian. Sedangkan kewajiban kalian adalah memuliakan-Nya dengan hanya menyembah-Nya semata, sebagaimana Dia telah memuliakan kalian dengan berbagai kenikmatan yang besar.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

140. Musa berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Bagaimana mungkin aku mencari tuhan lain untuk kalian sembah selain Allah? Kalian telah menyaksikan betapa besarnya tanda-tanda kekuasaan Allah. Dia -Subḥānahu wa Ta'ālā- telah mengunggulkan kalian atas seluruh umat manusia yang ada pada masa kalian. Karena Allah telah memberi kalian anugerah berupa kehancuran musuh kalian, menjadikan kalian penguasa bumi dan memberi kalian kejayaan di muka bumi.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

140. أَغَيْرَ اللهِ أَبْغِيكُمْ إِلٰهًا (Patutkah aku mencari Tuhan untuk kamu yang selain dari pada Allah)
Yakni bagaimana aku mencari tuhan selain Allah untuk kalian agar bisa kalian sembah? Sedangkan kalian telah menyaksikan mukjizat-mukjizat besar yang sebenarnya dengan menyaksikan sebagiannya saja sudah cukup untuk menjadi pelajaran.

وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى الْعٰلَمِينَ(padahal Dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat)
Dengan memberi kalian kenikmatan berupa kebinasaan musuh kalian, menjadikan kalian khalifah di bumi, serta mengeluarkan kalian dari kehinaan dan kerendahan menuju kemuliaan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

140. Musa berkata kepada kaumnya: “Bagaimana bisa aku mencarikan kalian Tuhan selain Allah yang akan kalian sembah? Sedangkan aku telah menunjukkan kepada kalian bukti yang jelas atas keesaanNya dan mengutamakan kalian di atas alam semesta pada zaman kalian dengan membinasakan musuh kalian, memerdekakan kalian, menempatkan kalian di bumi dan menjadikan kalian pemimpin di dalamnya”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Musa berkata,“Apakah aku mencarikan untuk kalian} mencarikan untuk kalian {selain Allah seorang tuhan, padahal Dia yang telah melebihkan kalian atas seluruh alam”} atas penduduk alam pada zaman kalian


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

140 “musa menjawab” patutkah aku mencari tuhan untuk kamu yang selain dari Allah” yakni aku mecari tuhan selain Allah yang disembah lagi sempurna pada dzatnya, sifat-sifatnya dan perbuatan-perbuatannya, ”padahal dialah yang telah melebihkan kamu atas segala umat”, maka hal ini menuntutmu menyambut nikmat dan karuniaNya dan mensyukuri hal itu dengan mengesakanNya dalam beribadah dan mengingkari apa yang dipertuhankan oleh mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 140-141
Nabi Musa mengingatkan mereka tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada mereka, berupa pembebasan mereka dari kekangan dan kekuasaan Fir'aun dan apa yang mereka alami berupa aib dan.kehinaan. dan sesuatu yang mereka terima berupa kejayaan dan kepuasan atas musuh mereka, dan melihatnya dalam keadaan terhina, binasa, tenggelam dan hancur. Penafsiran ayat ini telah dijelaskan di surah Al-Baqarah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 140: Tuhan yang sempurna zat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya.

Yang seharusnya membuat kamu bersyukur dengan hanya beribadah kepada-Nya dan meniadakan sesembahan selain-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 140

Selanjutnya dia, yakni nabi musa berkata, pantaskah aku mencari tuhan untukmu selain Allah, padahal seandainya tidak ada anugerah-Nya kepada kamu selain bahwa dia yang telah menciptakan dan melebihkan kamu atas segala umat pada masa itu, dengan diturunkan banyak nabi dari kalangan kamu dan keutamaan lainnya, maka cukup sudah itu menjadi kewajaran bahkan kewajiban bagi kamu untuk beribadah dan mengabdi kepada-Nya saja. Dan ingatlah, wahai bani israil, ketika kami menyelamatkan kamu dari siksaan para pengikut fir'aun, yang menyiksa kamu dengan siksaan yang sangat berat atas perintah fir'aun. Kamu dipaksa melayani mereka untuk melaksanakan pekerjaan-peker-jaan kasar dan sulit. Bahkan, di mata mereka, kamu seperti binatang, tidak mempunyai kehormatan sedikit pun. Di antara bentuk siksaan itu, mereka membunuh anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang sangat besar dari tuhan pemelihara kamu, yang tidak ada ujian dan cobaan seberat itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari beragam ahli ilmu terhadap makna dan arti surat Al-A’raf ayat 140 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Sokonglah dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dilihat

Telaah berbagai halaman yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-‘Adiyat, Al-Balad, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 153, Al-Insyirah 5-6, Al-Baqarah 185. Serta Al-An’am, Al-Maidah, Juz al-Qur’an, Luqman 14, Ali Imran 190-191, Al-Fajr.

  1. Al-‘Adiyat
  2. Al-Balad
  3. Ar-Ra’d 11
  4. Al-Baqarah 153
  5. Al-Insyirah 5-6
  6. Al-Baqarah 185
  7. Al-An’am
  8. Al-Maidah
  9. Juz al-Qur’an
  10. Luqman 14
  11. Ali Imran 190-191
  12. Al-Fajr

Pencarian: surat ar rahman latin saja, surat al baqarah ayat 127, surah yusuf ayat 1, arti surat al luqman ayat 14, an nisa ayat 130

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: