Surat Al-A’raf Ayat 139

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ هَٰٓؤُلَآءِ مُتَبَّرٌ مَّا هُمْ فِيهِ وَبَٰطِلٌ مَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Inna hā`ulā`i mutabbarum mā hum fīhi wa bāṭilum mā kānụ ya'malụn

Artinya: Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan batal apa yang seIalu mereka kerjakan.

« Al-A'raf 138Al-A'raf 140 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Surat Al-A’raf Ayat 139

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 139 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan beraneka penafsiran dari beragam ahli tafsir berkaitan kandungan surat Al-A’raf ayat 139, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya orang-orang yang duduk bersimpuh di depan berhala-berhala tersebut, akan dihancurkan kesyirikan yang ada pada mereka, dan akan disirnakan dan lenyap apa yang mereka perbuat yang berupa penyembahan terhadap berhala-berhala yang sama sekali tidak dapat menghalangi siksaan Allah dari mereka, jika ia turun menimpa mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

139. Kemudian Musa menjelaskan kepada mereka bahwa penyembahan kepada berhala yang ingin mereka ikuti pasti akan hancur dan lenyap, karena agama Tauhid akan menguasai negeri ini, sehingga ibadah hanya akan ditujukan kepada Allah Yang Maha Esa dan Perkasa. Dan penyembahan kepada berhala tidak akan memberi mereka manfaat atau menjauhkan mudharat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

139. Sesungguhnya orang-orang yang menyembah berhala itu dihancurkan keyakinannya dalam menyembah selain Allah dan hangus semua (pahala) amal kebajikan yang pernah mereka lakukan, karena mereka menyekutukan Allah dan menyembah tuhan lain selain Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

139. إِنَّ هٰٓؤُلَآءِ (Sesungguhnya mereka itu)
Yakni yang menyembah berhala-berhala.

مُتَبَّرٌ مَّا هُمْ فِيهِ(akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya)
Makna (التبار) yakni hancur dan binasa.
Dan makna مَّا هُمْ فِيهِ yaitu penyembahan terhadap berhala-berhala.

وَبٰطِلٌ مَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ (dan akan batal apa yang seIalu mereka kerjakan)
Yakni sirna dan lenyap segala yang mereka perbuat berupa amalan-amalan yang mereka persembahkan untuk berhala-berhala.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

139. Sesungguhnya para penyembah berhala tersebut akan dihancurkan dan dibinasakan, yaitu penyembahan mereka kepada berhala. Seluruh perbuatan mereka berupa amal dan penyembahan berhala itu akan hilang dan lenyap.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya apa yang mereka anut akan dihancurkan} dihancurkan {dan akan sia-sia} lenyap {apa yang telah mereka kerjakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

139 oleh karena itu Musa berkata kepada mereka. ”sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan oleh kepercayaan yang dianutnya dan akan batal apa yang selalu mereka kerjakan” karena do'a mereka pada berhala-berhala itu adalah batil dan ia sendiri adalah batil amal dan tujuannya adalah sama-sama batil.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 138-139
Allah SWT memberitahukan apa yang dikatakan oleh orang-orang yang bodoh dari Bani Israil kepada nabi Musa ketika mereka menyeberangi laut, dan mereka telah melihat ayat-ayat Allah dan keagungan kekuasaanNya (maka setelah mereka sampai) yakni mereka menyeberanginya (dengan suatu kaum yang sedang menyembah berhala mereka)
Ibnu Jarir berkata bahwa mereka menyembah berhala-berhala yang berbentuk sapi. Hal itu memberikan pengaruh sesuatu yang samar bagi mereka dalam menyembah anak sapi setelah itu lalu mereka berkata: (Hai Musa, buatlah untuk kami sebuah berhala sebagaimana mereka mempunyai beberapa berhala. Musa menjawab, "Sesungguhnya kalian ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)") yaitu kalian tidak mengetahui keagungan dan kebesaran Allah serta hal yang wajib dipisahkan dariNya berupa sekutu dan tandingan (Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya) yakni dibinasakan (dan akan batallah apa yang selalu mereka kerjakan)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 139: Karena doa mereka kepadanya adalah batil (sia-sia), berhala-berhal itu juga batil, sehingga amal mereka batil dan buah(hasil)nya juga batil (sia-sia).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 139

Yang mereka lakukan itu tentu tidak benar, dan sebagai akibatnya, sesungguhnya mereka para penyembah berhala yang kamu lihat tekun itu akan dihancurkan apa yang sedang mereka anut, yaitu akan punah kepercayaan dan ajaran syirik mereka, dan akan sia-sia, tidak bermanfaat sedikit pun, apa yang selalu mereka kerjakan, sebab sembahan itu tidak dapat menyelamatkan mereka dari siksa Allah ketika datangselanjutnya dia, yakni nabi musa berkata, pantaskah aku mencari tuhan untukmu selain Allah, padahal seandainya tidak ada anugerah-Nya kepada kamu selain bahwa dia yang telah menciptakan dan melebihkan kamu atas segala umat pada masa itu, dengan diturunkan banyak nabi dari kalangan kamu dan keutamaan lainnya, maka cukup sudah itu menjadi kewajaran bahkan kewajiban bagi kamu untuk beribadah dan mengabdi kepada-Nya saja.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari beragam mufassirun mengenai isi dan arti surat Al-A’raf ayat 139 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita semua. Support perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dikaji

Ada berbagai topik yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-An’am, Luqman 14, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Al-Fajr, Al-Baqarah 185. Ada juga Al-Balad, Al-Insyirah 5-6, Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an, Ar-Ra’d 11, Ali Imran 190-191.

  1. Al-An’am
  2. Luqman 14
  3. Al-Maidah
  4. Al-Baqarah 153
  5. Al-Fajr
  6. Al-Baqarah 185
  7. Al-Balad
  8. Al-Insyirah 5-6
  9. Al-‘Adiyat
  10. Juz al-Qur’an
  11. Ar-Ra’d 11
  12. Ali Imran 190-191

Pencarian: tafsir al qasas ayat 77, ar rad ayat 13, wa qadha rabbuka alla ta'budu, al baqarah ayat 274, surat al hud ayat 6

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: