Surat Al-A’raf Ayat 114

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ نَعَمْ وَإِنَّكُمْ لَمِنَ ٱلْمُقَرَّبِينَ

Arab-Latin: Qāla na'am wa innakum laminal-muqarrabīn

Artinya: Fir'aun menjawab: "Ya, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan termasuk orang-orang yang dekat (kepadaku)".

« Al-A'raf 113Al-A'raf 115 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Al-A’raf Ayat 114

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 114 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan berharga dari ayat ini. Diketemukan beragam penjabaran dari beragam mufassirun berkaitan makna surat Al-A’raf ayat 114, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Firaun menjawab, ”betul. Bagi kalian akan mendapatakn imbalan dan posisi dekat denganku, bila kalian berhasil mengalahkannya.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

114. Ketika itu, Fir’aun menjawab mereka dengan jawaban orang lemah yang ingin selamat dari musuhnya dengan cara apapun: “Benar, kalian akan mendapat upah yang besar; disamping itu kalian akan menjadi orang-orang yang memperoleh kedekatan denganku.”

Fir’aun mengiming-imingi upah materi dan menjanjikan mereka kedudukan dalam kekuasaannya, untuk memberi semangat dan dorongan bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

114. Fir’aun menjawab, “Ya. Kalian akan mendapatkan imbalan dan upah. Dan kalian akan menjadi orang-orang yang dekat dengan raja dengan mengampu jabatan yang tinggi.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

114. قَالَ نَعَمْ وَإِنَّكُمْ لَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ (Fir’aun menjawab: “Ya, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan termasuk orang-orang yang dekat (kepadaku)”)
Maka Fir’aun menjawab mereka dengan jawaban ini.
Yakni sungguh ada balasan hadiah bagi kalian, dan selain dari hadiah yang kalian minta ini, kalian akan menjadi orang-orang yang dekat dengan kami.
Fir’aun menjanjikan mereka jabatan dan derajat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

114. Lalu Fir’aun menjawab mereka: “Benar, kalian akan mendapatkan imbalan itu. Sesungguhnya kalian juga akan (memiliki posisi) dekat dengan kami”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Fir’aun menjawab,“Ya, sesungguhnya kalian sungguh termasuk orang-orang yang didekatkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

114 fir’aun menjawab “ya” kamu akan mendapat imbalan. ”dan sesungguhnya kamu benar-benar akan termasuk orang-orang yang dekat (kepadaku)” Fir’aun menjanjikan balasan, kedekatan, dan kedudukan tinggi di sisinya agar mereka serius dan mengeluarkan segala daya dan upaya mereka dalam mengalahkan musa.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 113-114
Allah SWT memberitahukan tentang apa yang syarat yang dilakukan Fir'aun dan para ahli sihir yang diundang Fir'aun untuk melawan nabi Musa bahwa jika mereka mendapatkan kemenangan atas nabi Musa, maka dia akan memberi imbalan dan pemberian yang sangat melimpah. Fir’aun menjanjikan kepada mereka bahwa dia akan memberikan apa yang mereka inginkan dan menjadikan mereka teman duduk dan orang-orang terdekatnya. Lalu mereka menyetujui janji dengan Fir'aun, semoga Allah melaknatnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 114

Karena fir'aun ingin menang dan mengalahkan sihir nabi musa, dia (fir'aun) menjawab, ya, tentu bagi kalian imbalan yang besar, bahkan lebih dari itu sesungguhnya kamu pasti benar-benar akan termasuk orang-orang yang didekatkan kedudukannya padaku dan akan mendapatkan segala bentuk kesenangan. Para ahli sihir itu pun'setelah mendapatkan janji fir'aun dan membayangkan kedudukan yang akan diperoleh'dengan penuh percaya diri mendatangi nabi musa. Dengan nada menantang, mereka para pesihir berkata, wahai musa! engkaukah yang akan melemparkan lebih dahulu tongkat yang engkau miliki itu, atau kami yang melemparkan lebih dulu apa yang kami miliki'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari banyak mufassir berkaitan isi dan arti surat Al-A’raf ayat 114 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Support dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dilihat

Baca banyak konten yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 185, Al-Baqarah 153, Juz al-Qur’an, Al-‘Adiyat, Al-An’am. Juga Ali Imran 190-191, Al-Balad, Al-Maidah, Luqman 14, Al-Fajr, Al-Insyirah 5-6.

  1. Ar-Ra’d 11
  2. Al-Baqarah 185
  3. Al-Baqarah 153
  4. Juz al-Qur’an
  5. Al-‘Adiyat
  6. Al-An’am
  7. Ali Imran 190-191
  8. Al-Balad
  9. Al-Maidah
  10. Luqman 14
  11. Al-Fajr
  12. Al-Insyirah 5-6

Pencarian: surat sabihis latin, surat alfatihah beserta artinya, surat al anfal ayat 1, surat an abasa, q.s. al-hujurat/49: 12

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: