Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 113

وَجَاءَ السَّحَرَةُ فِرْعَوْنَ قَالُوا إِنَّ لَنَا لَأَجْرًا إِنْ كُنَّا نَحْنُ الْغَالِبِينَ

Arab-Latin: Wa jā`as-saḥaratu fir'auna qālū inna lanā la`ajran ing kunnā naḥnul-gālibīn

Terjemah Arti: Dan beberapa ahli sihir itu datang kepada Fir'aun mengatakan: "(Apakah) sesungguhnya kami akan mendapat upah, jika kamilah yang menang?"

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kemudian para tukang sihir berdatangan kepada fir’aun. Mereka berkata, ”apakah kami akan memperoleh hadiah dan harta, bila kami berhasil mengalahkan musa?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

113. Kemudian Fir’aun mengirim sejumlah orang untuk mengumpulkan para penyihir. Dan tatkala para penyihir datang mereka bertanya kepada Fir’aun, "Apakah mereka akan mendapatkan imbalan jika mereka berhasil mengalahkan Musa dengan sihir mereka?."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

113. وَجَآءَ السَّحَرَةُ فِرْعَوْنَ (Dan beberapa ahli sihir itu datang kepada Fir’aun)
Yakni Fir’aun pun mengutus beberapa orang ke kota-kota untuk mengumpulkan para penyihir, lalu para penyihir itu mendatangi Fir’aun.

قَالُوٓا۟ إِنَّ لَنَا لَأَجْرًا(mereka mengatakan: “(Apakah) sesungguhnya kami akan mendapat upah)
Mereka meminta Fir’aun agar memberi mereka hadiah apabila dapat mengalahkan Nabi Musa dengan sihir mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

113. Lalu datanglah para penyihir itu kepada Fir’aun dan berkata: “Apakah kami akan menerima imbalan atau bayaran atas pekerjaan kami, jika menang atas Musa dengan sihir kami?!”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Fir'aun pun mengikuti saran tersebut dan menangguhkan persoalan nabi musa dan nabi harun, sambil mengumpulkan para pesihir yang pandai di negeri itu. Dan tak berapa lama kemudian para pesihir yang dikumpulkan oleh bala tentara itu pun datang kepada fir'aun. Mereka tahu peristiwa yang terjadi dan menyadari akan pentingnya ke-beradaan mereka, sehingga mereka berani berkata kepada fir'aun, apakah kami benar-benar akan mendapat imbalan yang besar, sesuai tugas berat yang kami emban, jika kami menang dan berhasil mengalahkan sihir musa' begitulah keadaan para penyihir yang selalu merasa butuh dan mengejar materi, sehingga seringkali mati dalam keadaan miskin dan dalam bentuk yang mengerikan. Karena fir'aun ingin menang dan mengalahkan sihir nabi musa, dia (fir'aun) menjawab, ya, tentu bagi kalian imbalan yang besar, bahkan lebih dari itu sesungguhnya kamu pasti benar-benar akan termasuk orang-orang yang didekatkan kedudukannya padaku dan akan mendapatkan segala bentuk kesenangan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 114 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 115 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 116, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 117, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 118, Makna Surat Al-A’raf Ayat 119

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!