Surat Al-A’raf Ayat 87

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِن كَانَ طَآئِفَةٌ مِّنكُمْ ءَامَنُوا۟ بِٱلَّذِىٓ أُرْسِلْتُ بِهِۦ وَطَآئِفَةٌ لَّمْ يُؤْمِنُوا۟ فَٱصْبِرُوا۟ حَتَّىٰ يَحْكُمَ ٱللَّهُ بَيْنَنَا ۚ وَهُوَ خَيْرُ ٱلْحَٰكِمِينَ

Arab-Latin: Wa ing kāna ṭā`ifatum mingkum āmanụ billażī ursiltu bihī wa ṭā`ifatul lam yu`minụ faṣbirụ ḥattā yaḥkumallāhu bainanā, wa huwa khairul-ḥākimīn

Artinya: Jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.

« Al-A'raf 86Al-A'raf 88 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Mengenai Surat Al-A’raf Ayat 87

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 87 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan beraneka penjelasan dari banyak ahli tafsir terkait makna surat Al-A’raf ayat 87, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan jika ada segolongan dari kalian yang mengimani risalah yang aku diutus oleh Allah dengan mengembannya, dan ada sekelompok lain yang tidak mempercayainya, maka tunggulah oleh kalian wahai orang-orang yang mendustakan keputusan Allah yang akan memutuskan antara kami dan kalian ketika menimpa kalian siksaan yang aku peringatkan kalian darinya. Dan Allah adalah sebaik-baik hakim diantara para hambaNya. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

87. Jika tedapat sekelompok kaum ini yang membenarkan risalah yang aku bawa, sedangkan sekelompok lain enggan mengimaninya, maka bersabarlah kalian hingga Allah memutuskan ketetapan-Nya di antara kita; Dia adalah sebaik-baik yang memberi keputusan dan yang paling adil dalam menetapkan hukuman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

87. Jika ada sekelompok orang di antara kalian yang percaya pada ajaran yang kubawa dari Tuhanku dan ada kelompok lain yang tidak percaya maka tunggulah -wahai orang-orang yang tidak percaya- keputusan yang akan Allah berikan di antara kalian, Dia lah yang terbaik dan paling adil dalam memutuskan dan menetapkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. فَاصْبِرُوا۟ حَتَّىٰ يَحْكُمَ اللهُ بَيْنَنَا ۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِينَ (maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya)
Dan ketetapan Allah kepada dua golongan sebagaimana ketetapan bagi dua orang yang berselisih, dengan memenangkan orang-orang yang benar atas orang-orang yang salah.
Ayat ini mengandung perintah kepada orang-orang beriman untuk bersabar atas permusuhan orang-orang kafir yang menimpa mereka sampai Allah memberi pertolongan kepada mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Dan jika ada kelompok dari kalian yang beriman dengan risalahku dan kelompok lain yang tidak mengimaninya, maka bersabarlah sampai Allah memutuskan dengan benar dan adil antara Kami (Allah) dan kalian, dan terwujudnya pertolongan Kami atas kalian. Dan Allah merupakan sebaik-baik hakim, karena hukumNya itu benar dan adil, tidak ada kezaliman dan pilih kasih di dalamnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Jika ada satu golongan di antara kalian yang beriman kepada sesuatu yang aku diutus menyampaikannya dan ada satu golongan yang tidak beriman, bersabarlah} tunggulah {sampai Allah memutuskan} memutuskan {di antara kita. Dia adalah sebaik-baik pemberi keputusan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

87 “jika ada segolongan dari kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman” yaitu yang tidak beriman itu adalah mayoritas dari mereka. ”maka bersabarlah hingga Allah menetapkan hukumnya diantara kita dan Dia adalah hakim yang sebaik-baiknya” Allah akan memenangkan (menolong) yang haq dan mengazab yang batil.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-87
Nabi Syu'aib melarang mereka untuk menghalang-halangi jalan, baik secara fisik maupun secara maknawi yaitu dengan firmanNya: (Dan janganlah kalian duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti) yaitu kalian menakut-nakuti akan membunuh orang jika dia tidak memberi hartanya kepada mereka.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Mujahid dan lainnya tentang firmanNya: (Dan janganlah kalian duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti) yaitu kalian menakut-nakuti orang-orang mukmin yang datang kepada nabi Syu'aib untuk mengikutinya.
(di tiap-tiap jalan) yaitu jalan. Sesuai firman Allah (dan menghalang-halangi orang yang beriman dari jalan Allah, dan menginginkan agar jalan Allah itu menjadi bengkok) yaitu kalian menginginkan agar jalan Allah bengkok dan menyimpang (Dan ingatlah di waktu dahulunya kalian berjumlah sedikit, kemudian Allah menjadikan kalian berjumlah banyak) yaitu kalian lemah karena jumlah kalian yang sedikit, lalu kalian menjadi kuat karena jumlah kalian telah banyak. Maka ingatlah nikmat Allah kepada kalian dalam hal itu. (lalu perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan) yaitu di antara umat dan generasi terdahulu, serta azab dan hukuman yang menimpa mereka karena keberanian mereka berbuat durhaka terhadap Allah dan mendustakan para rasulNya.
Firman Allah SWT: (Jika ada segolongan dari kalian beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman) yaitu sungguh kalian berselisih atas diriku (maka bersabarlah kalian) yaitu tunggulah (hingga Allah menetapkan hukum-Nya di antara kita)
yaitu antara kalian, Dia akan memutuskannya (dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya) Sesungguhnya Dia akan menjadikan akhir yang baik bagi orang-orang yang bertakwa, dan kehancuran itu atas orang-orang kafir.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 87: Inilah yang lebih banyak.

Dengan menyelamatkan yang benar dan membinasakan yang batil.

Yakni yang paling adil.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 87

Sambil mengajak kaumnya beriman, nabi syuaib mengakhiri seruannya dengan kalimat diplomatis, jika ada segolongan di antara kamu yang beriman kepada ajaran yang aku diutus menyampaikannya agar menyembah Allah dan meninggalkan perbuatan zalim seperti mengurangi hak manusia dalam menimbang dan menakar, dan ada pula segolongan yang tidak beriman dengan apa yang aku sampaikan itu dengan masih tetap kufur dan berbuat zalim, maka bersabarlah, wahai dua golongan yang berbeda, sampai Allah menetapkan keputusan atas perkara itu dengan seadil-adilnya di antara kita. Dialah hakim yang terbaik pemberi keputusan. Pemuka-pemuka dan pembesar kaum nabi syuaib yang menyombongkan diri dan menolak beriman berkata, wahai syuaib! pasti kami usir engkau bersama orang-orang yang beriman kepadamu dari negeri kami, kecuali jika engkau kembali kepada agama kami atau diam dan membiarkan kami melakukan apa yang kami inginkan. Nabi syuaib berkata, apakah kamu akan mengusir kami, atau kami mengikuti agama kalian yang sesat, atau membiarkan kalian, kendatipun kami tidak suka itu karena kami tahu kesesatannya' tidak mungkin itu akan terjadi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari berbagai ahli ilmu terhadap kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 87 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Sokonglah usaha kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dibaca

Baca ratusan konten yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Al-An’am, Ar-Ra’d 11, Al-Baqarah 185, Ali Imran 190-191. Termasuk Al-Insyirah 5-6, Al-Balad, Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an, Luqman 14, Al-Fajr.

  1. Al-Maidah
  2. Al-Baqarah 153
  3. Al-An’am
  4. Ar-Ra’d 11
  5. Al-Baqarah 185
  6. Ali Imran 190-191
  7. Al-Insyirah 5-6
  8. Al-Balad
  9. Al-‘Adiyat
  10. Juz al-Qur’an
  11. Luqman 14
  12. Al-Fajr

Pencarian: ar rahman ayat, ayat taubatan nasuha, surat al waqiah latin dan terjemahannya, zuyyina linnasi, inallahha maasobirin arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: