Surat Al-A’raf Ayat 47

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

۞ وَإِذَا صُرِفَتْ أَبْصَٰرُهُمْ تِلْقَآءَ أَصْحَٰبِ ٱلنَّارِ قَالُوا۟ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab-Latin: Wa iżā ṣurifat abṣāruhum tilqā`a aṣ-ḥābin-nāri qālụ rabbanā lā taj'alnā ma'al-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".

« Al-A'raf 46Al-A'raf 48 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Al-A’raf Ayat 47

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 47 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan penting dari ayat ini. Ada beberapa penjelasan dari banyak mufassir mengenai isi surat Al-A’raf ayat 47, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apabila pandangan mata orang-orang yang berada di atas al-‘araf di alihkan ke para sisi penduduk neraka, mereka mengucapkan, ”wahai tuhan kami, janganlah engkau menjadikan kami bersama kumpulan orang-orang yang zhalim akibat perbuatan syirik dan kekafiran mereka.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

47. Apabila pandangan orang-orang yang ada di Al-A'rāf dialihkan ke arah para penduduk Neraka dan menyaksikan beratnya azab yang mereka terima, mereka berdoa kepada Allah, “Wahai Rabb kami! Jangan Engkau kumpulkan kami bersama orang-orang yang zalim lantaran berbuat kufur dan menyekutukan-Mu."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

47. وَإِذَا صُرِفَتْ أَبْصٰرُهُمْ تِلْقَآءَ أَصْحٰبِ النَّارِ قَالُوا۟ (Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka mereka berkata)
Yakni para penghuni A’raf berkata.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِينَ (“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu”)
Mereka memohon kepada Allah agar tidak termasuk golongan orang-orang zalim.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Pada lafazh { صرفت } menggambarkan bahwa mereka dipaksa untuk melihat kepada penghuni neraka; karena keadaan ketika itu sangat menakutkan, dan pemandangan neraka benar-benar buruk dan menakutkan, tidak satupun yang akan melihat kepadanya dengan oilihan sendiri, sedangkan mereka yang menghuni neraka itu menyeru kepada penghuni surga : { وَنَادَوْا أَصْحَابَ الْجَنَّةِ } "Dan mereka menyeru penduduk surga: “Salaamun ‘alaikum".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

47. Ketika pandangan penduduk A’raf itu diubah ke arah penghuni neraka dan melihat azab yang ada di dalamnya, dengan mengiba mereka berkata: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami bersama dengan kaum yang menzalimi diri sendiri itu”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila pandangan mereka dialihkan} dipindah {ke arah} arah {penghuni neraka, mereka berkata,“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama kaum yang zalim itu.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

47 “dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka” mereka melihat pemandangan yang mengerikan dan ketakutan yang mencekam. ”mereka berkata ’ya Rabb kami, janganlah engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zhalim itu” jika orang-orang yang ada di al-araf melihat penduduk surge, mereka berhasrat bisa bersama mereka di surge, memberi hormat dan salam kepada mereka. Manakala pandangan mereka tertuju secara tidak sengaja kepada penghuni neraka, maka mereka memohon perlindungan kepada Allah dari keadaan buruk mereka secara umum.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 46-47
Ketika Allah SWT menyebutkan pembicaraan penduduk surga dengan penduduk neraka, lalu Allah mengingatkan bahwa di antara surga dan neraka terdapat batas, yaitu tembok yang menghalangi penduduk neraka untuk sampai ke penduduk surga. Ibnu Jarir berkata bahwa itu adalah dinding yang difirmankan oleh Allah SWT tentang hal itu: (Lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat, dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa) (Surah Al-Hadid: 13) yaitu Al-A'raf., yang disebutkan oleh Allah SWT dalam firmanNya: (dan di atas A'raf itu ada orang-orang) Kemudian dia meriwayatkan dengan sanadnya dari As-Suddi, bahwa dia berkata tentang firmanNya: (Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas) Itu adalah dinding yang disebut Al-A'raf.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Al-A'raf adalah sekumpulan tebing tinggi antara surga dan neraka dimana orang-orang yang berdosa dipenjara di sana, di antara surga dan neraka. Dalam riwayat lain
darinya bahwa Al-A'raf adalah sebuah tembok antara surga dan neraka.
Para mufasir berbeda pendapat tentang penduduk Al-A'raf, siapakah mereka itu? Dan semuanya maknanya dekat dan merujuk kepada satu makna, yaitu mereka adalah kaum yang kebaikan dan keburukannya sama. Hal ini dikatakan oleh Huzaifah, Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud dan banyak ulama’ lainnya dari kalangan ulama salaf dan masa kini.
Firman Allah SWT: (yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka)
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata,”Mereka mengenali penduduk surga dengan wajah mereka yang putih, dan penduduka neraka dengan wajah mereka yang hitam.
Ma'mar meriwayatkan dari Al-Hasan, bahwa dia membaca ayat ini: (Mereka belum lagi memasukinya, sedangkan mereka ingin segera (memasukinya)) dia berkata, "Demi Allah, tidak sekali-kali keinginan itu muncul di hati mereka melainkan karena kemuliaan yang dikehendaki Allah untuk mereka"
Firman Allah (Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu” (47))
Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu Abbas,”Sesungguhnya penduduk A'raf itu ketika melihat penduduk neraka dan mereka mengenalinya (mereka berkata, "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim" (47))


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 47: Mereka melihat pemandangan yang mengerikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 47

Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, dan orang-orang di atas a'ra'f, yaitu tempat yang tertinggi, menyeru penghuni neraka yang dahulu mendustakan ayat Allah dan rasul-Nya dan senantiasa membanggakan harta bendanya, penghuni neraka tersebut adalah orang-orang yang mereka kenal dengan tanda-tandanya, mereka berkata, wahai penghuni neraka, rasakanlah pedihnya azab Allah. Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang kamu sombongkan ketika di dunia, ternyata tidak ada manfaatnya sedikit pun buat kamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjabaran dari kalangan ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 47 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukunglah usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dilihat

Baca berbagai topik yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 153, Al-Maidah, Al-‘Adiyat, Luqman 14, Al-Baqarah 185, Ali Imran 190-191. Termasuk Al-An’am, Al-Balad, Ar-Ra’d 11, Juz al-Qur’an, Al-Fajr, Al-Insyirah 5-6.

  1. Al-Baqarah 153
  2. Al-Maidah
  3. Al-‘Adiyat
  4. Luqman 14
  5. Al-Baqarah 185
  6. Ali Imran 190-191
  7. Al-An’am
  8. Al-Balad
  9. Ar-Ra’d 11
  10. Juz al-Qur’an
  11. Al-Fajr
  12. Al-Insyirah 5-6

Pencarian: surah a'la, al bakarah, surah yunus ayat 4, surat 13 ayat 6, al mulk ayat 23

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: