Surat Al-A’raf Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ أَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Arab-Latin: Qāla anẓirnī ilā yaumi yub'aṡụn

Artinya: Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan".

« Al-A'raf 13Al-A'raf 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat Al-A’raf Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjelasan dari para mufassirin terhadap kandungan surat Al-A’raf ayat 14, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Iblis berkata kepada Allah , ketika telah putus asa dari rahamat Allah, ”berilah aku kesempatan sampai hari kebangkitan, dan hal itu bertujuan agar aku bisa menyesatkan siapa saja yang dapat aku sesatkan dari keturunan Adam. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14-15. Lalu Iblis memohon kepada Tuhannya agar dia dapat hidup kekal sampai hari kiamat. Maka Allah mengabulkan permohonan tersebut.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Iblis menjawab, “Wahai Rabbku! Berilah aku kesempatan hidup sampai hari Kiamat agar aku bisa menyesatkan manusia yang bisa kusesatkan.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. قَالَ أَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ (Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”)
yakni meminta agar tidak mati selamanya, karena setelah hari kebangkitan tidak ada kematian lagi. Dan yang dimaksud adalah sampai dibangkitkannya Adam dan keturunannya di hari kiamat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Iblis berkata: “Wahai Tuhan, abaikanlah aku dan jangan percepat kematianku sampai hari kebangkitan yang mana Adam dan keturunannya dibangkitkan dari kuburannya di tiupan (sangkakala) kedua”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Iblis menjawab, “Berilah aku penangguhan waktu} akhirkanlah dan tangguhkanlah aku {sampai hari mereka dibangkitkan.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-15. ketika musuh Allah mengumumkan permusuhannya kepada Allah, Adam anak cucunya, dia meminta kepada Allah penangguhan tempo sampai Hari kebangkitan, agar dapat menyesatkan bani Adam dengan apa yang dia mampu. Manakala hikmah Allah menuntut adanya ujian kepada hamba-hambaNya agar jelas mana yang benar keimanannya dan mana yang dusta, siapa yang taat kepadaNYa dan siapa yang taat kepada RasulNYa, maka Allah mengabulkan permintaannya. Dia berfirman ”sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 13-15
Allah SWT berfirman seraya berbicara kepada iblis tentang perkara yang bersifat takdir: (Turunlah kamu dari surga itu!) yaitu karena kedurhakaanmu terhadap perintahKu dan penyimpanganmu dari ketaatan kepadaKu. Jadi tidak layak bagimu untuk bersikap sombong di sana.
Kebanyakan mufasir berkata bahwa “dhamir” itu kembali merujuk kepada surga. Bisa juga merujuk kepada kedudukan yang ditempati oleh iblis di kerajaan langit yang tertinggi. (maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina) yaitu dalam keadaan hina dan rendah, sebagai perlakuan baginya kebalikan dari apa yang dia yakini, dan balasan dari pengakuannya, yaitu mendapatkan kebalikannya. Lalu ketika itu iblis yang dilaknat itu menyadari dan dia meminta masa tangguh sampai hari kiamat, dia berkata: (Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan (14) Allah berfirman, "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh” (15)) Allah mengabulkan apa yang dia minta karena di dalamnya terdapat hikmah, keinginan, dan kehendakNya yang tidak dapat ditentang, dan dicegah, serta tidak ada yang bisa menghalangi keputusanNya, dan Dia itu Maha Cepat perhitunganNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 14: Maksudnya: janganlah saya dan anak cucu saya dimatikan sampai hari kiamat sehingga saya berkesempatan menggoda Adam dan anak cucunya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 14

Ketika iblis memproklamasikan diri sebagai musuh Allah dan nabi adam serta keturunannya, ia meminta agar Allah menangguhkan usianya sampai hari kiamat. Iblis menjawab perintah Allah untuk keluar dari dalam surga, berilah aku penangguhan waktu, panjangkanlah usia-ku, dan janganlah engkau wafatkan aku sampai hari kiamat, yaitu hari ketika mereka, semua manusia, dibangkitkan agar aku dapat menyesatkan adam dan keturunannya. Dengan hikmah yang dimiliki-Nya, Allah menjadikan iblis sebagai ujian buat umat manusia dan mengabulkan permintaan iblis tersebut. Allah berfirman, benar, kamu termasuk yang diberi penangguhan waktu sampai hari yang ditentukan, yaitu ketika semua makhluk yang hidup dimatikan. (lihat: surah al-a'ijr/15: 38).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penafsiran dari kalangan mufassirun terkait makna dan arti surat Al-A’raf ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikunjungi

Baca berbagai topik yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali Imran 190-191, Luqman 14, Al-An’am, Al-Baqarah 153, Al-Balad, Al-Insyirah 5-6. Juga Al-‘Adiyat, Juz al-Qur’an, Al-Maidah, Al-Baqarah 185, Al-Fajr, Ar-Ra’d 11.

  1. Ali Imran 190-191
  2. Luqman 14
  3. Al-An’am
  4. Al-Baqarah 153
  5. Al-Balad
  6. Al-Insyirah 5-6
  7. Al-‘Adiyat
  8. Juz al-Qur’an
  9. Al-Maidah
  10. Al-Baqarah 185
  11. Al-Fajr
  12. Ar-Ra’d 11

Pencarian: surah alkafi, surat yunus 57, surat 9 ayat 23, surat al al baqarah, at taubah ayat 80

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: