Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 134

إِنَّ مَا تُوعَدُونَ لَآتٍ ۖ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ

Arab-Latin: Inna mā tụ'adụna la`ātiw wa mā antum bimu'jizīn

Terjemah Arti: Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya apa yang dijanjikan tuhan kalian kepada kalian (wahai kaum musyrikin), berupa siksaan atas kekafiran kalian, pasti akan menimpa kalian. Dan kalian tidak akan mampu melemahkan tuhan kalian dengan melarikan diri darinya. Dia maha kuasa untuk menghidupkan kalian kembali, walaupun kaian telah menjadi tanah dan tulang-belulang.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

134. Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepada kalian -wahai orang-orang kafir- tentang hari kebangkitan dari kubur, penghitungan amal, dan hukuman (di hari Kiamat) pasti akan datang, bukan hal yang mustahil. Dan kalian tidak akan bisa melarikan diri dari Rabb kalian. Dia pasti akan menangkap dan menghukum kalian dengan azab-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

134. إِنَّ مَا تُوعَدُونَ (Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu)
Yakni janji berupa pembangkitan kalian dan pembalasan.

لَءَاتٍ ۖ (pasti datang)
Tidak mungkin tidak, karena Allah tidak melanggar janji-Nya.

وَمَآ أَنتُم بِمُعْجِزِينَ (dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya)
Tidak akan melewatkanku dari azab yang turun kepada kalian.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

134 Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu berupa hari kebangkitan dan pembalasan pasti datang tidak ada keraguan, dan kalian tidak akan bisa menolak azab itu, sebab janji Allah pasti terjadi dan tidak akan ada yang dapat menghalanginya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kiamat atau azab.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada kaummu, sesungguhnya apa pun yang dijanjikan Allah kepadamu, yaitu hari kiamat dan pembalasan atas amal perbuatan manusia pasti datang dan kamu tidak mampu menolaknya. Karena Allah maha mampu untuk membangkitkan kembali manusia setelah sebelumnya mereka berada di dalam kuburkubur mereka. Katakanlah kepada kaummu, wahai nabi Muhammad sebagai ancaman kepada mereka, wahai kaumku! jika kalian menganggap bahwa kalian berada di atas petunjuk maka berbuatlah menurut kedudukanmu, dan tetaplah berada di atas jalan kalian yang penuh kekufuran dan kesyirikan itu. Aku pun berbuat demikian, yaitu berada di atas jalanku yang penuh dengan bimbingan Allah. Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan memperoleh tempat terbaik di akhirat nanti, apakah kalian yang senantiasa berbuat kekufuran ataukah aku dan kaumku yang beriman dan tunduk kepada ajaran Allah. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, yang senantiasa berbuat kesyirikan kepada Allah, tidak akan beruntung. Jika pada ayat-ayat yang lalu diterangkan berbagai kesesatan kaum musyrik dan para pengikut mereka yang memberikan alasan-alasan tentang kepercayaan yang mereka anut, padahal tidak berdasarkan kebenaran dan tidak dapat diterima oleh akal sehat. Maka pada ayat berikut ini diterangkan sebagian dari cara-cara mereka dalam mendekatkan diri kepada Allah melalui berhala-berhala yang mereka anggap sebagai sekutu-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 135 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 136 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 137, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 138, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 139, Makna Surat Al-An’am Ayat 140

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!