Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 75

وَكَذَٰلِكَ نُرِي إِبْرَاهِيمَ مَلَكُوتَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلِيَكُونَ مِنَ الْمُوقِنِينَ

Arab-Latin: Wa każālika nurī ibrāhīma malakụtas-samāwāti wal-arḍi wa liyakụna minal-mụqinīn

Terjemah Arti: Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi dan (Kami memperlihatkannya) agar dia termasuk orang yang yakin.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan sebagaimana kami telah memberikan Ibrahim hidayah menuju jalan yang haq dalam perkara peribadahan, kami juga memperlihatkan kepadanya sesuatu yang meliput langit dan bumi berupa kerajaan agung dan kekuasaan yang mencengangkan pandangan agar dia termasuk di antara orang-orang yang mendalam dalam keimanannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

75. Sebagaimana Kami memperlihatkan kesesatan ayahnya dan kaumnya, Kami juga memperlihatkan kerajaan langit dan bumi yang sangat luas untuk dijadikan sebagai petunjuk bagi keesaan Allah dan kedudukan-Nya sebagai satu-satunya Rabb yang berhak disembah. Tujuannya ialah supaya ia (Ibrahim) menjadi yakin bahwa Allah adalah Rabb Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

75. وَكَذٰلِكَ نُرِىٓ إِبْرٰهِيمَ مَلَكُوتَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ (Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi)
Yakni makhluk-makhluk yang ada di langit dan bumi.
Pendapat lain mengatakan Allah memperlihatkannya hal itu sampai dapat melihat ‘arsy dan perut bumi.
Pendapat lain mengatakan Allah menunjukkan kepadanya kekuasaan-Nya di langit dan bumi yang Dia kabarkan di ayat ini.
Makna (نري) yakni memperlihatkan, yaitu memceritakan keadaan yang telah lalu, karena dahulu Aazar dan kaumnya menyembah patung-patung, bintang-bintang, matahari, dan bulan; maka Allah menginginkan agar Ibrahim memperingatkan mereka atas kesalahan mereka.

وَلِيَكُونَ مِنَ الْمُوقِنِينَ (dan (Kami memperlihatkannya) agar dia termasuk orang yang yakin)
Yakni Kami memperlihatkannya makhluk-mahkluk yang menakjubkan dan kekuasaan yang mengherankan agar Ibrahim menjadi nabi yang berilmu, serta ilmunya berlandaskan keyakinan yang kuat, yang tidak digoyahkan oleh keraguan dalam kebesaran dan kekuasaan Allah atas segala sesuatu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

75 Seperti Kami perlihatkan kesesatan bapak dan kaum bapaknya dalam menyembah berhala kepada Nabi Ibrahim maka Kami perlihatkan kepada Ibrahim pula tanda-tanda keagungan Kami berupa kerajaan langit dan bumi yang agung beserta keajaiban dan keagungan ciptaan-Nya. Itu untuk menunjukkan kemahaesaan dan kekuasaan Kami, agar dia menjadi Nabi yang yakin tanpa ada keraguan sedikitpun atas keagungan dan kekuasaan Allah.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yang menunjukkan keesaan-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Apa yang disampaikan nabi ibrahim sedemikian kukuh sebagai buah dari keyakinannya yang lurus dan bimbingan Allah. Dan demikianlah kami memperlihatkan kepada ibrahim kekuasaan kami yang terdapat di langit dan di bumi agar semakin mantap keyakinannya dan semakin kuat argumennya, dan agar dia termasuk orang-orang yang semakin kukuh ke-yakin-annya, bahwa tiada pencipta dan pengatur di alam raya ini selain Allah. Ayat ini dan juga selanjutnya adalah gambaran bagaimana nabi ibrahim dalam mengajarkan tauhid. Ketika malam telah menjadi gelap, dia, ibrahim, melihat sebuah bintang yang memancarkan cahaya dengan terang lalu dia berkata, inilah dia tuhanku yang selalu aku cari. Maka ketika bintang itu terbenam dan tidak tampak lagi, dia berkata, aku tidak suka menyembah dan bertuhan kepada yang terbenam yang pada akhirnya akan lenyap.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 76 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 77 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 78, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 79, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 80, Makna Surat Al-An’am Ayat 81

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!