Surat Al-Ma’idah Ayat 80

تَرَىٰ كَثِيرًا مِّنْهُمْ يَتَوَلَّوْنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ۚ لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنفُسُهُمْ أَن سَخِطَ ٱللَّهُ عَلَيْهِمْ وَفِى ٱلْعَذَابِ هُمْ خَٰلِدُونَ

Arab-Latin: Tarā kaṡīram min-hum yatawallaunallażīna kafarụ, labi`sa mā qaddamat lahum anfusuhum an sakhiṭallāhu 'alaihim wa fil-'ażābi hum khālidụn

Artinya: Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan.

« Al-Ma'idah 79Al-Ma'idah 81 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Ma’idah Ayat 80

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ma’idah Ayat 80 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran penting dari ayat ini. Terdapat berbagai penjabaran dari kalangan ahli ilmu terkait isi surat Al-Ma’idah ayat 80, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kamu bisa lihat (wahai rasul), banyak dari orang-orang yahudi yang menjadikan kaum musyrikin sebagai orang-orang yang mereka berikan loyalitas (sebagai teman dan penolong mereka). Amat buruk apa yang mereka lakukan berupa mempersembahkan loyalitas yang menjadi penyebab kemurkaan Allah pada mereka dan kekekalan mereka di dalam siksaan Allah pada hari kiamat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

80. Banyak dari mereka yang saling tolong-menolong dengan orang-orang kafir dari golongan penyembah berhala dan lainnya. Bagaimana hawa nafsu mereka dapat membujuk mereka untuk melakukan sesuatu yang mungkar ini, sehingga mereka menyetujui untuk saling tolong menolong dengan orang yang telah mereka yakini berada dalam kekafiran?

Betapa Buruk apa yang telah mereka lakukan sehingga mereka layak mendapatkan kemurkaan Allah dan azab yang kekal.

Hawa nafsu mereka telah menggoda mereka untuk melakukan keburukan-keburukan tersebut dan meremehkan kesalahan-kesalahan, sehingga mereka berhak mendapat azab neraka jahanam selama-lamanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

80. Kamu -wahai Rasul- sering sekali menyaksikan kaum kufur dari kalangan Yahudi menyukai serta condong terhadap orang-orang kafir dan melancarkan serangan terhadap dirimu dan orang-orang yang menganut agama tauhid. Sungguh buruk tindakan mereka yang bersekongkol dengan orang-orang kafir itu. Karena tindakan itu adalah penyebab datangnya murka Allah kepada mereka dan penyebab masuknya mereka ke dalam Neraka untuk selama-lamanya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

80. تَرَىٰ كَثِيرًا مِّنْهُمْ (Kamu melihat kebanyakan dari mereka)
Yakni dari orang-orang Yahudi.

يَتَوَلَّوْنَ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ ۚ( tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir)
Yakni orang-orang musyrik yang berada dalam agama yang tidak benar.

لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنفُسُهُمْ(Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka)
Yakni yang mereka persiapkan bagi diri mereka untuk mereka bawa di hari kiamat.

أَن سَخِطَ اللهُ عَلَيْهِمْ(yaitu kemurkaan Allah kepada mereka)
Yakni mereka menyiapkan bagi diri mereka di akhirat kemurkaan Allah, maka ketika mereka telah datang di hari kiamat mereka ditempatkan dalam kemurkaan Tuhan yang telah mereka persiapkan sendiri.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

80. Kamu akan melihat kebanyakan orang Yahudi yang berteman dan bersahabat dengan orang-orang musyrik. Mereka saling bersekutu untuk memerangi nabi SAW dan orang-orang muslim. Sungguh amat buruk azab yang akan menimpa mereka di akhirat. Allah murka kepada mereka. Dan mereka akan abadi dalam neraka Jahannam selama-lamanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kamu melihat banyak di antara mereka bersekutu dengan orang-orang kafir. Sungguh itulah seburuk-buruk apa yang mereka lakukan untuk diri mereka sendiri. Allah murka} murka {kepada mereka. Mereka akan kekal dalam azab


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

80. “ Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang kafir,” dengan kecintaan, loyalitas dan dukungan. “ Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka.” Yaitu, barang yang tidak laku dan dagangan yang merugi ini yaitu kemurkaan Allah, yang karena murkaNya segala sesuatu ikut murka dan selama-lamanya berada di dalam azab yang besar. Mereka telah di zhalimi oleh diri mereka sendiri di mana ia memberikan segala bagian yang tidak mulia ini, dan mereka juga menzhalimi diri mereka karena telah melenyapkan dirinya nikamt yang kekal.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 78-81
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia melaknat orang-orang kafir dari Bani Israil pada masa yang lama, dalam hal yang telah Dia turunkan kepada nabiNya, nabi Dawud; dan melalui lisan nabi Isa, karena kedurhakaan mereka kepada Allah dan kesewenang-wenangan mereka terhadap makhlukNya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa mereka dilaknat dalam Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan.
Kemudian Allah menjelaskan tentang yang mereka lakukan di masa mereka. Allah SWT berfirman: (Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu (79)) yaitu mereka tidak melarang satu sama lain dari melakukan perbuatan dosa dan hal-hal yang haram. Kemudian Dia mencela mereka atas hal itu untuk memberi peringatan agar tidak melakukan perbuatan yang telah mereka lakukan, Lalu Allah berfirman: (Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu)
Terkait firman Allah (Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong aengan orang-orang kafir (musyrik)) Mujahid berkata bahwa itu adalah orang-orang munafik.
Firman Allah (Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka)
yaitu dengan pertemanan mereka dengan orang-orang kafir dan meninggalkan pertemanan dengan orang-orang mukmin yang menimbulkan kemunafikan dalam hati mereka. Allah murka terhadap mereka dengan kemurkaan yang terus-menerus sampai hari mereka dikembalikan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (yaitu kemurkaan Allah kepada mereka) dengan itu Dia menjelaskan sesuatu untuk mencela mereka kemudian Dia memberitahukan tentang mereka, bahwa (mereka kekal dalam siksaan) yaitu pada hari kiamat.
Firman Allah SWT: (Sekiranya mereka beriman kepada Allah, kepada nabi, dan kepada apa yang diturunkan kepadanya, niscaya mereka tidak akan mengambil orang-orang musyrik itu menjadi penolong-penolong)
yaitu jika mereka beriman kepada Allah, Rasulallah dan Al-Qur'an, sungguh mereka tidak akan melakukan perbuatan yang telah mereka lakukan berupa menjadikan orang-orang kafir sebagai teman dalam hati mereka, dan memusuhi orang-orang yang beriman kepada Allah, Nabi SAW, dan Al-Qur'an yang diturunkan kepada beliau (Tetapi kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang fasik) yaitu menyimpang dari ketaatan kepada Allah dan RasulNya, dan menentang ayat-ayat yang diwahyukan dan yang diturunkan kepada beliau


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Ma’idah ayat 80: Yakni orang-orang Yahudi.

Yakni kaum musyrik Mekah karena benci kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ma’idah Ayat 80

Kamu telah melihat dari peristiwa-peristiwa yang lalu bahwa banyak di antara mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir musyrik untuk memerangimu, seperti yang terjadi dalam perang ahzab. Karena itu, sesungguhnya dengan perilaku semacam itu betul-betul sangat buruk apa yang mereka lakukan untuk diri mereka, sebab tindakan demikian hanya akan menuai balasan yang berat, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka, dan di akhirat nanti, mereka akan kekal dalam siksaan atau azab api neraka. Dan sekiranya mereka, yaitu orang-orang yahudi yang bekerja sama dengan orang kafir, itu beriman kepada Allah, kepada nabi Muhammad, dan kepada apa yang diturunkan kepadanya, yaitu Al-Qur'an, niscaya mereka tidak akan menjadikan orang-orang musyrik itu sebagai penolongpenolong atau teman setia yang membantu mereka untuk memerangi nabi dan umat islam. Akan tetapi, kenyataannya banyak di antara mereka adalah orang-orang yang fasik, yang sering melakukan penyimpangan dari ajaran agamanya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari kalangan ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat Al-Ma’idah ayat 80 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dicari

Nikmati banyak konten yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 284-286, Yasin 40, Luqman 13-14, Ali ‘Imran 191, Al-Fatihah 7, Al-Fatihah 2. Juga Al-Fatihah 1, Assalaamualaikum, Yunus 41, Al-A’raf, Al-Baqarah 216, Ali ‘Imran 104.

  1. Al-Baqarah 284-286
  2. Yasin 40
  3. Luqman 13-14
  4. Ali ‘Imran 191
  5. Al-Fatihah 7
  6. Al-Fatihah 2
  7. Al-Fatihah 1
  8. Assalaamualaikum
  9. Yunus 41
  10. Al-A’raf
  11. Al-Baqarah 216
  12. Ali ‘Imran 104

Pencarian: surah mutaffifin latin, bacaan ayat ruqyah full, surah al qashash ayat 77, surat al baqarah ayat 285 dan 286 beserta artinya, arti dari surat al ikhlas

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: