Surat An-Nasr Ayat 2

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا

Arab Latin: Wa ra`aitan-nāsa yadkhulụna fī dīnillāhi afwājā

Terjemahan Arti: Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

TERJEMAH TAFSIR

Dan kamu menyaksikan orang-orang dalam jumlah besar masuk islam secara berkelompok-kelompok.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Kamu melihat manusia dari bangsa Arab dan bangsa lainnya masuk Islam secara berbondong-bondong, seperti penduduk Mekah, Thaif, Yaman, Bani Hawazin dan suku-suku Arab.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kemudian engkau melihat banyak manusia masuk ke dalam islam secara berjamaah.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

2. Dan engkau melihat manusia masuk ke dalam agama islam berbodong-bondong.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Dan kamu melihat wahai Rasul oarang-orang dengan berbondong-bondong masuk kedalam islam, mereka datang dari berbagai suku untuk memeluk islam, mereka membait Rasulullah ﷺ sebagai pemimpin dan sebagai rasul utusan Allah, maka apakah dengan pertolongan dan masuknya orang-orang kedalam islam disambut oleh Rasulullah dengan bangga dan kesombongan ? tidak sama sekali beliau menyambut semua itu dengan bersyukur kepada Allah - عز وجل - .

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Setelah sebelumnya seorang demi seorang yang masuk Islam. Namun setelah penaklukkan Mekah, maka bangsa Arab dari berbagai penjuru banyak yang datang menemui Beliau menyatakan diri masuk Islam.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dan engkau lihat manusia dari seluruh penjuru jazirah arab berbondong-bondong masuk agama Allah, yakni agama islam, setelah sebelumnya mereka masuk islam secara perorangan, 3. Maka sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas karunia-Nya yang agung itu, bertasbihlah dan sucikanlah tuhanmu dari sifat-sifat yang tak layak bagi-Nya, dan sertailah tasbihmu itu dengan memuji tuhan-Mu yang telah menyokongmu dalam menaklukkan mekah, dan mohonlah ampunan kepada-Nya untukmu dan umatmu. Sungguh, dia maha penerima tobat hamba-hamba-Nya yang bertasbih dan beristigfar. Membaca tasbih, tahmid, dan istighfar adalah cara yang mulia ketika seseorang meraih kesuksesan karena pada hakikatnya Allah-lah yang memberi kesuksesan itu kepadanya, bukan dengan berpesta dan berfoya-foya.

Tafsir Ringkas Kemenag