Surat Al-Kafirun Ayat 2

لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ

Arab Latin: Lā a'budu mā ta'budụn

Terjemahan Arti: Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

TERJEMAH TAFSIR

Aku tidak menyebah apa yang kalian sembah, yaitu berhala-berhala dan sembahan sembahan yang palsu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Aku tidak akan menyembah apa yang kalian sembah, yaitu berhala sampai besok pun. {maa} bermakna “alladzi”, yaitu Tuhan yang kalian sembah

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

1-2. Allah memerintahkan Nabi-Nya ﷺ agar berkata (kepada mereka orang-orang kafir, yang mereka menyeru untuk beribadah kepada berhala dan batu) : Ketahuilah oleh kalian wahai orang-orang kafir, bahwasanya aku beribadah kepada Allah saja dan aku tidak mengibadahi tuhan-tuhan kalian dan berhala-berhala kalian selamanya, dan jika kalian masih terus kafir, sungguh aku berlepas diri dari sesembahan kalian.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

2. Aku tidak akan menyembah saat ini atau yang akan datang apa yang kamu sembah dari berhala-berhala.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Aku tidak akan menyembah dan beribada kepada yang kamu sembah, rasul hanyalah meyembah Allah - عز وجل - semata tiada sekutu baginya, dan Rasul tidak pula menyembah apapun yang disembah oleh orang-orang kafir semacam berhala dan bebatuan dan pepohnan serta kuburan orang terpandang diantara mereka, seorang Rasul hanyalah menyembah Allah - عز وجل - tuhan pencipta semesta alam.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yakni saat ini.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sampai kapan pun aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah selain Allah, seperti berhala-berhala itu. Tuhan bukanlah ciptaan manusia dan dia tidak menjelma menjadi suatu yang kasat mata sebagaimana sembahanmu itu. 3. Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, yaitu tuhan yang maha esa, penguasa alam semesta. Berhala sembahanmu itu sifat-sifat-Nya sangat berbeda dari sifat-sifat sempurna tuhan yang aku sembah.

Tafsir Ringkas Kemenag