Surat Quraisy Ayat 3

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ

Arab Latin: Falya'budụ rabba hāżal-baīt

Terjemahan Arti: Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).

TERJEMAH TAFSIR

Karena itu, hendaknya mereka bersyukur dan menyembah tuhan bangunan yang mereka banggakan ini, (yaitu ka’bah) yang karena Nya mereka mendapatkan kemuliaan dan tempat yang tinggi, dan hendaklah mereka mentauhidkan Allah dan mengikhlaskan ibadah hanya kepada NYA.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Karena kenikmatan berupa kebiasaan ini, maka sebaiknya mereka menyembah Tuhan Ka’bah yang menjadikan mereka mulia di seluruh penjuru Arab dan mereka bisa hidup di samping Baitul Haram dengan aman

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

3-4. Dengan sebab kedudukan ini yang Allah peruntukkan bagi Quraisy memiliki kedudukan di hati orang-orang Arab; Maka sudah semestinya bagi mereka (wajib) mentauhidkan Allah pemilik rumah ini (Ka’bah) dan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya. Ialah Allah yang memberi makan mereka dengan sebab (kemudahan) rihlah mereka, dari lapar yang sangat sebelum rihlah, dan ketakutan yang sangat; Karena sebelumnya bangsa arab saling menyandera satu sama lain.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. Oleh karena itu sembahlah Allah saja yaitu Rabb pemilik Baitul Haram yang telah memudahkan mereka dalam rihlah (perjalanan berdagang) dan jangan mempersekutukannya dengan sesuatu apapun.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Ayat ini mengatakan : Hendaklah mereka menyembah Tuhan pemilik rumah ini, dan tidak mengatakan : sembahlah rumah ini, karena sesungguhnya ibadah itu hanya untuk Allah - عز وجل - , adapun rumah itu hanya sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah kepada Allah - عز وجل -.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Dikhususkan kepada rumah itu (ka’bah) meskipun Dia Rabbul ‘aalamiin karena keutamaan dan kelebihan rumah itu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka pergi berniaga tiap tahun dengan aman dan sentosa. Oleh karena itu maka hendaklah mereka menyembah tuhan pemilik rumah ini, yaitu kakbah, dengan pengabdian yang hakiki dan tidak mempersekutukan-Nya, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah mereka terima. 4. Hendaklah mereka menyembah tuhan yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar, memenuhi kebutuhan dasar mereka, dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan. Terpenuhinya kebutuhan akan makanan dan rasa aman merupakan dua prasyarat penting yang menjamin kesejahteraan suatu masyarakat.

Tafsir Ringkas Kemenag

Tafsir Surat Al Quraisy Ayat 3