Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-‘Alaq Ayat 10

عَبْدًا إِذَا صَلَّىٰ

Arab-Latin: 'abdan iżā ṣallā

Terjemah Arti: Seorang hamba ketika mengerjakan shalat,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

9-12. Apakah kamu melihat sesuatu yang lebih aneh dari tindakan melampaui batas orang ini,yaitu abu jahal,yang melarang hamba Kami (Muhammad sholallohu alaihi wasallam). Melarang hamba Kami (Muhammad sholallohu alaihi wasallam) untuk shalat kepada tuhannya? Apakah kamu tidak melihat bahwa yang dilarang ternyata berada di pihak yang benar,bagaimana bisa dia melarangnya? Atau dia memerintahakan orang lain untuk bertakwa,apakah dia juga akan melarangnya?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10. hamba Kami Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- ketika dia melakukan salat di sisi Kakbah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

10. Dia melarang seorang hamba ketika akan shalat, (hamba itu) yaitu nabi Muhammad SAW. Maksudnya adalah apakah dia (Abu Jahal) berhak melarang? Apakah dia (bisa) mengamankannya (Muhammad) dari suatu hukuman?

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

9-12. Allah berkata : Allah heran, keheranan apa lagi selain ini wahai orang yang dungu (Abu Jahl) yang melarang Nabi ﷺ shalat di sisi ka’bah. Maka jika Muhammad ﷺ kokoh di atas pendiriannya, atau ia diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah, dan takut pada-Nya, maka apakah dibenarkan pendosa ini melarang atas urusan (Muhammad ﷺ)?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

9-14. Allah berfirman untuk orang yang membangkang lagi angkuh ini, “Bagaimana pendapatmu,” wahai orang yang melarang orang untuk shalat, “jika dia,” yakni hamba yang shalat, “berada di atas kebenaran,” yakni mengetahui kebenaran dan mengamalkannya, “atau dia menyuruh” orang lain untuk “bertakwa (kepada Allah), “ patutkah orang yang sifatnya seperti ini dicegah? Bukankah mencegahnya adalah salah satu penentangan terbesar terhadap Allah dan perang terhadap kebenaran? Larangan ini hanya tertuju pada orang yang dirinya sendiri tidak berada di atas petunjuk atau orang yang memerintahkan orang lain agar tidak bertakwa.
“Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan” orang yang melarang kebenaran, “dan berpaling” dari perintah, apakah ia tidak takut kepada Allah dan siksaNya? “Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat” segala perbuatannya?

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ عَبْدًا } Seorang hamba, yaitu Muhammad ﷺ , Abu jahal melarang Rasulullah ﷺ dari mendirikan shalat di ka'bah, apakah yang menjadi penyebab atas larangan itu ? apakah karena dosa ? , { إِذَا صَلَّىٰ } apakah mendirikan shalat termasuk dosa ? sama sekali tidak... melainkan shalat adalah ibadah, dan itu merupakan kewajiban yang paling utama bagi setiap muslim, akan tetapi kafir ini tidak ingin Rasulullah ﷺ melaksanakn ibadah di tempat itu, sungguh itu adalah sebuah kezhaliman dan dia psti akan binasa di hari kiamat.

Abu jahal berkata : "Jika Muhammad kembali untuk ibadah di tempat itu, maka akan aku penggal lehernya" , dan Rasulullah ﷺ kembali ketempat itu ( ka'bah ) untuk mendirikan shalat, maka Abu jahal pun bersikeras untuk melaksanakan ancamannya itu akan tetapi Allah menggagalakan rencana itu dengan perantara Malaikat-Nya, sebagaimana yang dikisahkan dalam hadits shahih : (( عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ أَبُو جَهْلٍ هَلْ يُعَفِّرُ مُحَمَّدٌ وَجْهَهُ بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ قَالَ فَقِيلَ نَعَمْ فَقَالَ وَاللَّاتِ وَالْعُزَّى لَئِنْ رَأَيْتُهُ يَفْعَلُ ذَلِكَ لَأَطَأَنَّ عَلَى رَقَبَتِهِ أَوْ لَأُعَفِّرَنَّ وَجْهَهُ فِي التُّرَابِ قَالَ فَأَتَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يُصَلِّي زَعَمَ لِيَطَأَ عَلَى رَقَبَتِهِ قَالَ فَمَا فَجِئَهُمْ مِنْهُ إِلَّا وَهُوَ يَنْكُصُ عَلَى عَقِبَيْهِ وَيَتَّقِي بِيَدَيْهِ قَالَ فَقِيلَ لَهُ مَا لَكَ فَقَالَ إِنَّ بَيْنِي وَبَيْنَهُ لَخَنْدَقًا مِنْ نَارٍ وَهَوْلًا وَأَجْنِحَةً فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ دَنَا مِنِّي لَاخْتَطَفَتْهُ الْمَلَائِكَةُ عُضْوًا عُضْوًا )) "dari Abu Hurairah berkata: Abu Jahal berkata: Apakah Muhammad menundukkan wajahnya (di tanah) di tengah-tengah kalian? Ada yang menjawab: Ya. Ia berkata: Demi Lata dan Uzzah, bila aku melihatnya melakukan seperti itu, aku akan menginjak lehernya atau aku akan benamkan wajahnya di tanah. Abu Hurairah berkata: Ia kemudian mendatangi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam saat beliau tengah shalat, ia hendak menginjak leher beliau. Tidak ada yang mengejutkan mereka selain ia (Abu Jahal) mundur dan melindungi diri dengan tangan. Ada yang bertanya padanya: Kamu kenapa? Ia menjawab: Antara aku dan dia ada parit dari api, huru hara dan banyak sayap. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Andai ia mendekatiku, malaikat akan menyambar anggota badannya satu per satu." [ Hadits Shahih Muslim No. 5005 - Kitab Sifat hari kiamat, surga dan neraka ] .

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yang melarang itu ialah Abu Jahal, sedangkan yang dilarang itu adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri. Akan tetapi usaha ini tidak berhasil karena Abu Jahal melihat sesuatu yang menakutkannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


9-10. Wahai rasul atau siapa saja, bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang seorang hamba ketika dia melaksanakan salat' adakah yang lebih mengherankan daripada kelakukan orang (ab' jahl) yang menghalang-halangi hamba-ku (nabi Muhammad) mendekatkan diri kepada tuhan yang telah memberinya kehidupan dan kecukupan'11-12. Bagaimana pendapatmu jika dia yang dilarang salat itu berada di atas kebenaran dan petunjuk dari tuhannya dalam salatnya, atau dia menyuruh orang lain bertakwa kepada Allah untuk kemaslahatan mereka' bukankah amat mengherankan bila orang yang sesat melarang orang yang mendapat pentunjuk untuk melaksanakan perintah tuhannya dan membimbing orang lain ke jalan takwa'.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-‘Alaq Ayat 11 Arab-Latin, Surat Al-‘Alaq Ayat 12 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Alaq Ayat 13, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Alaq Ayat 14, Isi Kandungan Surat Al-‘Alaq Ayat 15, Makna Surat Al-‘Alaq Ayat 16

Category: Surat Al-'Alaq

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!