Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-‘Alaq Ayat 9

أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَىٰ

Arab-Latin: A ra`aitallażī yan-hā

Terjemah Arti: Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

9-12. Apakah kamu melihat sesuatu yang lebih aneh dari tindakan melampaui batas orang ini,yaitu abu jahal,yang melarang hamba Kami (Muhammad sholallohu alaihi wasallam). Melarang hamba Kami (Muhammad sholallohu alaihi wasallam) untuk shalat kepada tuhannya? Apakah kamu tidak melihat bahwa yang dilarang ternyata berada di pihak yang benar,bagaimana bisa dia melarangnya? Atau dia memerintahakan orang lain untuk bertakwa,apakah dia juga akan melarangnya?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9. Apakah kamu melihat perkara yang lebih aneh dari perkara Abu Jahal yang melarang,

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

9. Kabarkanlah kepadaku wahai pendengar tentang orang yang melakukan pencegahan, yaitu Abu Jahal. Ibnu Jarir mengatakan dari Ibnu Abbas yang berkata: ”Rasulallah SAW sedang shalat, kemudian Abu Jahal mendatanginya dan melarangnya, kemudian Allah menurunkan ayat ini {Ara’aitalladzii yanha …} sampai ayat {Kaadzibatin Khaathi’ah} [ayat 16]”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

9-12. Allah berkata : Allah heran, keheranan apa lagi selain ini wahai orang yang dungu (Abu Jahl) yang melarang Nabi ﷺ shalat di sisi ka’bah. Maka jika Muhammad ﷺ kokoh di atas pendiriannya, atau ia diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah, dan takut pada-Nya, maka apakah dibenarkan pendosa ini melarang atas urusan (Muhammad ﷺ)?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

9-14. Allah berfirman untuk orang yang membangkang lagi angkuh ini, “Bagaimana pendapatmu,” wahai orang yang melarang orang untuk shalat, “jika dia,” yakni hamba yang shalat, “berada di atas kebenaran,” yakni mengetahui kebenaran dan mengamalkannya, “atau dia menyuruh” orang lain untuk “bertakwa (kepada Allah), “ patutkah orang yang sifatnya seperti ini dicegah? Bukankah mencegahnya adalah salah satu penentangan terbesar terhadap Allah dan perang terhadap kebenaran? Larangan ini hanya tertuju pada orang yang dirinya sendiri tidak berada di atas petunjuk atau orang yang memerintahkan orang lain agar tidak bertakwa.
“Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan” orang yang melarang kebenaran, “dan berpaling” dari perintah, apakah ia tidak takut kepada Allah dan siksaNya? “Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat” segala perbuatannya?

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَىٰ } Apakah kamu memperhatikan betapa buruknya orang yang melarang itu ? . Sebab diturunkan ayat ini dan beberapa ayat setelahnya adalah : bahwasanya Au Jahal ketika melihat Rasulullah melaksanakan shalat disekitar ka'bah, dia mengancam Rasulullah akan membunuhnya jika masih kembali ketempat itu untuk melaksanakan shalat dan ibadah-ibadah lainnya.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

9-10. Wahai rasul atau siapa saja, bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang seorang hamba ketika dia melaksanakan salat' adakah yang lebih mengherankan daripada kelakukan orang (ab' jahl) yang menghalang-halangi hamba-ku (nabi Muhammad) mendekatkan diri kepada tuhan yang telah memberinya kehidupan dan kecukupan'9-10

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-‘Alaq Ayat 10 Arab-Latin, Surat Al-‘Alaq Ayat 11 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Alaq Ayat 12, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Alaq Ayat 13, Isi Kandungan Surat Al-‘Alaq Ayat 14, Makna Surat Al-‘Alaq Ayat 15

Category: Surat Al-'Alaq

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

All Alaq Ayat Ke 9