Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ad-Dhuha Ayat 7

وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰ

Arab-Latin: Wa wajadaka ḍāllan fa hadā

Terjemah Arti: Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

6-8. Bukankah tuhanmu mendapatimu sebagai anak yatim yang bapakmu wafat saat kamu masih dalam Rahim ibumu lalu tuhanmu menjaga dan melindungimu? Tuhanmu mendapatimu tidak mengetahui apa itu al-qur’an dan apa itu iman, lalu dia mengajarimu apa yang kamu tidak ketahui dan membingbingmu kepada amal terbaik? Tuhanmu juga mendapatimu miskin, lalu Dia menggiring rizki NYa kepadamu,membuatmu merasa berkecukupan dengan qana’ah dan kesabaran?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Dan mendapatimu tidak mengerti tentang kitab dan iman, lalu Dia mengajarimu apa yang tidak kamu ketahui.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

7. Allah menemukanmu salah dalam memahami hukum-hukum syariat dan Al-Qur’an lalu Allah menunjukkan kamu kepada jalan syariat dan tata caranya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dan Allah dapati engkau salah arah, tidak mengetahui apa itu iman, Al Qur’an dan syariat kemudian Ia menunjukimu ?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

6-8

1 ) . { وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ } Dan sungguh Allah telah memberikan kepada Nabi-Nya dua macam kecukupan : yang paling besar adalah kecukupan hati yang dengannya beliau mengurangi perhatiannya kepada dunia, yang kedua adalah kecukupan harta, yaitu ketika Khadijah merekomendasikan Muhammad untuk ikut bersamanya dalam perjalanan dagang.

2 ) . Perhatikanlah dengan baik keagungan al-Qur'an yang engkau baca ini, dan sesungguhnya tidak akan kehidupan dalam hati sesorang, dan tidak pula akan mendapatkan cahaya, dan juga tidak akan terpecahkan permasalahan dan kegelisahannya, serta tidak akan mendapatkan petunjuk kecuali dengan kitab ini, maka sesorang tanpa al-Qur'an adalah mayat, buta, jahil, dan sesat.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

6-8. Selanjutnya Allah menganugerahkan kondisi-kondisi khusus yang Dia ketahui seraya berfirman, “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu,” yakni, Allah mendapatimu tidak beribu dan tidak berayah, bahkan ayah dan ibu beliau telah meninggal dunia sedangkan ia sendiri belum bisa mengurus dirinya sendiri, lalu Allah memberinya perlindungan, ia dirawat oleh kakeknya, Abu Thalib, hingga Allah menguatkan dengan pertolonganNya dan dengan kaum Mukminin.
“Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.” Artinya, Allah mendapatimu dalam kondisi engkau tidak mengetahui apa itu al-Quran dan apa itu iman, lalu Dia mengajarkanmu apa yang tidak kau ketahui dan memberimu pertolongan untuk amal dan akhlak yang baik. “Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan,” yakni fakir lalu Allah memberimu kecukupan berupa penaklukan berbagai negeri untukmu berupa pemungutan harta dan upeti. Rabb yang menghilangkan berbagai kekurangan darimu ini akan menghilangkan semua kekurangan darimu. Dan Rabb yang menyampaikanmu pada kecukupan, memberimu perlindungan, menolong serta memberimu petunjuk, maka balaslah nikmatNya dengan rasa syukur.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ وَوَجَدَكَ ضَالًّا } Dan dia ( Tuhanmu ) mendapati dirimu tidak mengetahui apapun tentang wahyu ini, Allah ﷻ berfirman : { وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ } ( Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu ) [ Asy Syura : 52 ] .

Dan bukan maksud dari kata { ضَالًّا } adalah sesat kekafiran, akan tetapi maksud dari kata itu adalah ketidak tahuan Rasulullah tentang syariat islam dan wahyu, Allah ﷻ berfirman : { وَمَا كُنْتَ تَتْلُو مِنْ قَبْلِهِ مِنْ كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ بِيَمِينِكَ ۖ إِذًا لَارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ } ( Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al Quran) sesuatu Kitabpun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari(mu). ) [ Al-Ankabut : 48 ] , dan Allah juga berkata : { وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُنْ تَعْلَمُ ۚ وَكَانَ فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ عَظِيمًا } ( dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu ) Annisa : 113 ] .

{ فَهَدَىٰ } Kemudian Allah ﷻ mengajarkan kepada Nabi-Nya dan membimbingnya dengan hidayah-Nya menuju jalan yang benar, Dia ﷻ memperlihatkan Rasul-Nya jalan yang jauh dari kesesatan, semua ini adalah salah satu nikmat Allah ﷻ yang paling besar yang Dia karuniakan kepada Nabi dan ummatnya .

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yang dimaksud dengan bingung di sini ialah kebingungan untuk mendapatkan kebenaran yang tidak bisa dicapai oleh akal; Beliau tidak tahu apa itu kitab dan apa itu iman, lalu Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengajarkan kepada Beliau apa yang Beliau tidak ketahui; menurunkan wahyu kepada Beliau dan memberikan Beliau taufiq kepada amal dan akhlak yang paling baik.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan bukankah dia juga mendapatimu sebelum menjadi nabi sebagai seorang yang bingung karena belum mengetahui akidah dan hukum yang benar, lalu dia memberikan petunjuk melalui wahyu dan membimbingmu sampai akhir hayatmu'8. Dan bukankah dia juga mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu dia memberikan kecukupan kepadamu dengan mengelola dagangan khadijah dan dengan harta lainnya, seperti ganimah, serta membekalimu dengan sifat kanaah dan kesabaran atas pemberian-Nya'.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Ad-Dhuha Ayat 8 Arab-Latin, Surat Ad-Dhuha Ayat 9 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ad-Dhuha Ayat 10, Terjemahan Tafsir Surat Ad-Dhuha Ayat 11, Isi Kandungan Surat Al-Insyirah Ayat 1, Makna Surat Al-Insyirah Ayat 2

Category: Surat Ad-Dhuha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Ad Dhuha Ayat 7 Ad Duha Ayat 7 Tafsir Surat Ad Dhuha Ayat 7 Surat Dhuha Ayat 7 Ayat Suci Waduha Bahasa Indonesia