Surat Al-Balad Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

عَلَيْهِمْ نَارٌ مُّؤْصَدَةٌۢ

Arab-Latin: 'alaihim nārum mu`ṣadah

Artinya: Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat.

« Al-Balad 19Asy-Syams 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Tentang Surat Al-Balad Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Balad Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan berharga dari ayat ini. Ditemukan pelbagai penjelasan dari berbagai ahli tafsir berkaitan kandungan surat Al-Balad ayat 20, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Balasan mereka adalah jahanam yang tertutup rapat atas mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Mereka berada dalam Neraka yang tertutup pada hari Kiamat, mereka disiksa di dalamnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. عَلَيْهِمْ نَارٌ مُّؤْصَدَةٌۢ (Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat)
Yakni ditutup dan dikunci.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19-20. Dan orang-orang yang menyangkal ayat-ayat kami, baik yang terkandung dalam Al-Qur’an atau di alam semesta, mereka adalah orang-orang golongan kiri yang mengambil buku catatan amal mereka menggunakan tangan kiri dan dimasukkan ke dalam neraka. Bagi mereka adalah neraka yang sangat mengerikan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat} tertutup


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19-20. “Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami,” dengan mencampakkan hal-hal ini di balik punggung mereka ( tidak menghiraukan) dan tidak membenarkan Allah, tidak beriman padaNya, tidak melakukan amal baik dan tidak bersikap kasih sayang terhadap hamba-hamba Allah, mereka itulah “golongan kiri, mereka berada dalam neraka yang tertutup rapat,” yakni tertutup. Berada di tempat yang amat luas yang terbentang dari belakangnya agar pintu-pintunya tidak terbuka hingga mereka berada dalam kesempitan, kesedihan, dan kesusahan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Mereka akan ditempatkan didalam neraka yang ditutup rapat, dan mereka sekali-kali tidak akan mampu keluar dan meloloskan diri dari tempat itu, mereka tidak akan berharap bisa melewati pagar-pagar untuk keluar dari neraka itu, karena semuanya telah ditutup dengan rapat, tidak ada harapan untuk mereka, diatas neraka itu ada penjaga dari para Malaikat yang sangat bengis.

Sedangkan orang-orang masuk kedalam neraka karena kemaksiatan tetapi tetap berada dalam tauhidnya kepada Allah, maka mereka akan dikeluarkan dari neraka itu dengan syaf'at dari Allah, yaitu setelah berakhirnya siksaan dengan terhapusnya semua dosa-dosanya.

Adapun orang-orang yang kafir kepada Allah, medustakan firman-firman Nya, mendustakan Nabi-Nya, mereka akan kekal tinggal didalam neraka itu selamanya,

Surah yang agung ini, dan semua surah dalam Al-Qur'an adalah mulia dan agung, sangat diajurkan untuk kita mentadabburinya, memikirkan tentang kekuasan Allah yang tertulis didalamnya, memahami arti dan maknanya secaa keseluruhan, sehingga setiap kita yang mempelajarinya dapat mengamalkan isi Al-Qur'an ini dengan baik.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

عَلَيْهِمْ نَارٌ مُؤْصَدَةٌ Maknanya: Mereka akan memasuki neraka yang tertutup, mereka tidak bisa keluar darinya, mereka tidak akan bisa mencari jalan keluar.

Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita menjadi orang-orang yang beriman, beramal shalih , saling berwasiat dalam kesabaran dan saling berwasiat dengan kasih saying, sesungguhnya Dia Mahamendengar dan Mengabulkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Balad ayat 20: Allah menjelaskan golongan kiri, Allah kabarkan bahwa mereka tempatnya di neraka yang bertingkat-tingkat dan terkunci rapat-rapat (di dalamnya), dan tidak dapat keluar darinya selama-lamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sehingga mereka tidak dapat keluar darinya dan berada dalam kesempitan, penderitaan dan siksa, wal ‘iyaadz billah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Balad Ayat 20

Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat dari semua sisinya. Tidak ada jalan keluar bagi mereka dari neraka itu dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk sekadar beristirahat dari siksanya. 1. Demi matahari dan semburat sinarnya pada pagi hari. Penciptaan matahari, peredarannya pada poros dan orbitnya membuktikan kuasa Allah. Sinarnya yang terang dan panas sangat berman'faat bagi kehidupan manusia di bumi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjabaran dari beragam ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Balad ayat 20 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dikaji

Terdapat berbagai konten yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Seribu Dinar, An-Naba, Do’a Setelah Adzan, Al-Kafirun, Adh-Dhuha, Al-Fatihah. Ada juga Al-A’la, Al-Isra 32, Al-Falaq, Al-Qadr, Yusuf 28, Al-Hujurat 13.

  1. Seribu Dinar
  2. An-Naba
  3. Do’a Setelah Adzan
  4. Al-Kafirun
  5. Adh-Dhuha
  6. Al-Fatihah
  7. Al-A’la
  8. Al-Isra 32
  9. Al-Falaq
  10. Al-Qadr
  11. Yusuf 28
  12. Al-Hujurat 13

Pencarian: doa setelah adzan latin dan artinya, surat kautsar, al baqarah ayat 8, arti surat yunus ayat 40-41, iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: