Surat At-Tariq Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّهُۥ لَقَوْلٌ فَصْلٌ

Arab-Latin: Innahụ laqaulun faṣl

Artinya: Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang bathil.

« At-Tariq 12At-Tariq 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat At-Tariq Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat At-Tariq Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran menarik dari ayat ini. Ada kumpulan penjabaran dari kalangan ulama tafsir berkaitan kandungan surat At-Tariq ayat 13, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11-14. Demi langit yang menurunkan hujan berkali-kali, Dan bumi yang memiliki biji-bijian yang tumbuh, Sesungguhnya al-qu’an adalah perkataan yang memisahkan antara yang haq dengan yang batil, Ia tidak main main. Tidak boleh bagi makhluk bersumpah dengan selain Allah, karena itu adalah kesyirikan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Sesungguhnya Al-Qur`ān yang diturunkan kepada Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- ini adalah ucapan yang membedakan antara yang benar dan yang batil, yang jujur dan yang dusta.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. إِنَّهُۥ لَقَوْلٌ فَصْلٌ (sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang bathil)
Yakni al-Qur’an adalah firman yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13-14. Sesungguhnya, Al-quran itu memisahkan antara yang benar dan salah, Al-quran itu sendirilah yang menjadi pemisah. Al-quran tidak diturunkan dengan senda gurau dan main-main


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{sesungguhnya itu} Al-Qur'an itu {benar-benar firman pemisah} yang memisahkan antara yang hak dan yang bathil


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 11-14
Kemudian Allah membagi golongan selanjutnya berdasar keabsahan al-Qur’an seraya berfirman, “Demi langit yang mengandung hujan, dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan,” yakni langit membawa hujan setiap tahunnya dan bumi mengembalikannya berupa tumbuh-tumbuhan sehingga manusia dan binatang bisa hidup dengannya. Langit juga membawa takdir dan urusan-urusan ilahi di setiap waktu sedangkan bumi menumbuhkan tumbuh-tumbuhan. “Sesungguhnya al-Qur’an itu benar-benar Firman yang memisahkan antara yang haq dan yang batil,” yaitu benar, jujur, jelas, dan terang, “dan sekali-kali bukanlah ia senda gurau,” yakni serius, bukan senda gurau. Al-Qur’an adalah Firman yang membedakan antara berbagai golongan dan berbagai perkataan, serta memutuskan berbagai sengketa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-17
Ibnu Abbas berkata bahwa yang dimaksud dengan “ar-raj'u” adalah hujan, dan diriwayatkan darinya bahwa yang dimaksud adalah awan yang mengandung air hujan
Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud adalah yang mengembalikan rezeki para hamba setiap tahun; seandainya tidak demikian, sungguh mereka akan binasa dan juga hewan ternak mereka.
Ibnu Zaid berkata bahwa makna yang dimaksud adalah bintang-bintangnya kembali, serta mataharinya dan bulannya datang dari arah ini.
(dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan (12)) Ibnu Abbas berkata bahwa makna yang dimaksud adalah terbelahnya bumi mengeluarkan tumbuhannya. Demikian juga dikatakan Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, As-Suddi, dan lainnya.
Firman Allah SWT: (sesungguhnya Al-Qur'an itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang batil (13) Ibnu Abbas berkata bahwa adalah kebenaran benar. Demikian juga dikatakan Qatadah,
Ulama’ lain berkata bahwa itu adalah hukum yang adil (dan sekali-kali bukanlah dia senda gurau (14)) yaitu bahkan Al-Qur'an itu sungguhan dan benar. Kemudian Allah memberitahukan tentang orang-orang kafir, bahwa mereka mendustakan Al-Qur'an dan menghalang-halangi manusia dari mengikuti jalannya. Jadi Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya (15)) yaitu, mereka membuat tipu daya dalam seruan mereka kepada manusia untuk mengelabui mereka agar menentang Al-Qur'an.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Karena itu, beri tangguhlah orang-orang kafir itu) yaitu tangguhkanlah mereka dan janganlah menyegerakan mereka (yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar) yaitu, sebentar. Maka nanti kamu akan menyaksikan apa yang akan menimpa mereka, yaitu azab, pembalasan, hukuman, dan kehancuran. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras (24)) (Surah Luqman)


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ إِنَّهُ لَقَوْلٌ } Sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah { لَقَوْلٌ فَصْلٌ } perkataan pemisah, yakni perkataan mulia yang diucapkan oleh Allah ﷻ sebagai pemisah antara yang haq dan bathil, perkataan yang memisahkan antara kejujuran dan kebohongan. sebagai pemisah antara kemuliaan dan kehinaan.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

إِنَّهُ لَقَوْلٌ فَصْلٌ “sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman yang memisahkan ” Pemisah yang memisahkan antara kebenaran dengan kebatilan, antara orang-orang yang bertakwa dengan orang-orang yang zalim, bahkan al-Quran adalah pemutus orang yang menentang dan memusuhinya, oleh karenanya kita dapati orang-orang muslim yang berjihad melawan orang-orang kafir dengan bimbingan al-Quran, kami dapati mereka akan mengalahkan orang-orang kafir, memutuskan kekuasaan dan menyudahi mereka, ketika mereka berpaling dari al-Quran, mereka akan dikalahkan dan dihinakan sebanding dengan kadar jauhnya mereka dengan al-Quran, samakin manusia itu jauh dengan al-Quran maka semakin jauh pula dengan kemuliaan dan pertolongan hingga mereka kembali kepada kitaabullaah ‘Azza Wa Jalla.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Tariq ayat 13: 13-14. Kemudian datang jawaban atas sumpah Allah menjelaskan bahwa Al Qur’an ini ada kalamullah yang memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Dan Al-Qur’an (isinya) adalah kesungguh-sungguhan tidak main-main dan senda gurau; Karena ia adalah firman Rabbul Alamin sebagai Hakim atas segala sesuatu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Fashl bisa juga diartikan benar, jelas, memisahkan yang hak dan yang batil dan menyelesaikan masalah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Tariq Ayat 13

Sungguh, al-quran yang didustakan oleh kaum kafir itu benar-benar firman yang menjadi pemisah antara perkara hak dan batil. Sulit bagi manusia untuk membedakan keduanya tanpa tuntunan Al-Qur'an. Al-qur'an menjadi salah satu bukti kasih sayang Allah karena menjadi penerang jalan hidup dan pemberi solusi bagi persoalan manusia. 14. Dan sebagai firman Allah, Al-Qur'an itu bukanlah sendagurauan. Alqur'an bukan sesuatu yang tidak bermakna, bukan pula dongeng masa lalu. Al-qur'an adalah murni rahmat tuhan yang maha pengasih bagi seluruh alam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat At-Tariq ayat 13 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukung usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dicari

Telaah ratusan halaman yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Ad-Dukhan, Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 139, Ali ‘Imran 97, At-Thalaq. Juga Al-Isra 25, Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Al-Hadid 20, Al-Qamar 49, Tentang Al-Quran.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Ad-Dukhan
  3. Al-Baqarah 43
  4. Ali ‘Imran 139
  5. Ali ‘Imran 97
  6. At-Thalaq
  7. Al-Isra 25
  8. Al-Ma’idah 8
  9. Al-Jin
  10. Al-Hadid 20
  11. Al-Qamar 49
  12. Tentang Al-Quran

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: