Surat Al-Insyiqaq Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

بَلَىٰٓ إِنَّ رَبَّهُۥ كَانَ بِهِۦ بَصِيرًا

Arab-Latin: Balā inna rabbahụ kāna bihī baṣīrā

Artinya: (Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya.

« Al-Insyiqaq 14Al-Insyiqaq 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Insyiqaq Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insyiqaq Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran menarik dari ayat ini. Ada aneka ragam penjelasan dari berbagai mufassir berkaitan makna surat Al-Insyiqaq ayat 15, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-15. Dan barangsiapa diberi buku catatan amalnya dari balik punggungnya.yaitu orang yang kafir kepada Allah, Dia akan berseru celaka dan binasa, Masuk kedalam api neraka dan merasakan panasnya. Orang ini adalah semasa di dunia berbahagia ditengah keluarganya dan terpedaya,tidak memikirkan akibat yang diperbuatnya untuk perhitungan amal, Tentu Allah mengembalikanya sebagaimana Allah menciptakannya pertama kali dan membalas dengan amal amalnya. Sesungguhnya tuhannya maha melihat dan maha mengetahui keadaannya sejak dia menciptakannya hingga membangkitkannya kembali.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Tidaklah demikian, sebenarnya Allah pasti mengembalikannya kepada kehidupan sebagaimana Dia menciptakannya pada kali pertama. Sungguh Rabbnya mengetahui perihalnya, tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya, dan Dia akan membalasnya atas perbuatannya itu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. بَلَىٰٓ (Bukan demikian)
Tidak demikian, namun ia akan kembali kepada-Nya.

إِنَّ رَبَّهُۥ كَانَ بِهِۦ بَصِيرًا (sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya)
Yakni Allah mengetahuinya dan mengetahui amalannya, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya sedikitpun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Namun mereka tetap akan kembali kepada Tuhannya. Tuhan mereka Maha Tahu dan Maha Mengetahui segala perbuatan mereka. Sehingga mereka tidak akan diabaikan begitu saja, dan mereka akan dikembalikan. Ungkapan balaa bermaksud untuk membantah pernyataan/sangkaan orang kafir dan memberi jawaban yang benar.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidak demikian. Sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 10-15
“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang,” yakni dengan tangan kiri dari belakang punggung, “maka dia akan berteriak, ‘Celakalah aku’ .” karena kehinaan dan dipermalukan serta apa yang didapatkan dalam catatan amalnya yang telah dilakukan dan belum sempat bertaubat darinya, “dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka),” yakni diliputi oleh api neraka dari segala penjuru dan berbolak-balik di atas azabnya. Hal itu dikarenakan, “dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir),” dalam benaknya tidak terlintas adanya Hari Kebangkitan dan berbuat buruk. Dan tidak pernah menduga akan pulang kembali ke Rabbnya dan akan berdiri di hadapanNya. “(Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Raabnya selalu melihatnya,” tentu tidak baik bila dibiarkan sia-sia, tidak diperintah, dilarang, diberi pahala, dan disiksa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Mereka pasti akan kembali kepada Tuhannya, Tuhannya yang menciptakannya dan memerintahkannya kepada kebenaran dan melarangnya dari kemaksiatan dan memberinya nikmat yang berlimpah maha melihat apa yang dia perbuat didunia, Dia tidak mungkin menyamakan kedudukan dan ganjaran orang yang beriman dan bermaksiat, Allah berfirman : { أَفَنَجْعَلُ الْمُسْلِمِينَ كَالْمُجْرِمِينَ } ( Maka apakah patut Kami menjadikan orang-orang Islam itu sama dengan orang-orang yang berdosa (orang kafir)? ) [ Al-Qalam : 35 ] , Allah ﷻ sangat memperhatikan hamba-Nya, tidak satupun perbuatan dan niat yang keluar dari diri hamba-Nya melainkan Dia mengetahuinya, mereka tidak akan bisa menyembunyikan apapun dari pengawasan Allah ﷻ .

Maka apapun yang diperbuat oleh manusia didunia Allah ﷻ pasti mengetahuinya dan tidak akan terlewatkan dari pengawasan sang pencipta.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Allah Ta’ala berfirman: بَلَى “Tentu” maknanya: Ia akan kembali dan pulang (kepada Allah) إِنَّ رَبَّهُ كَانَ بِهِ بَصِيرًا " sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya. " Yakni: Bahwa ia akan kembali kepada Allah ‘Azza Wa Jalla, Yang Maha melihat segala perbuatannya dan akan menghisabnya sesuai dengan kosekuensi dari kebijaksanaan dan keadilan-Nya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insyiqaq ayat 15: 10-15. Adapun yang diberikan kitab catatan amalannya dari sebelah kiri melalui belakang punggunya, maka mereka akan diseur dengan kebinasaan bagi diri-diri mereka dan akan masuk ke dalam neraka yang menyala-nyala, tersiksa dengan panas (api) dan adzab di dalamnya. Karena mereka di dunia bersenang-senang bersama kaumnya dan lalai. Kemudian Allah jelaskan bahwasanya orang kafir menyangka tidak akan dikembalikan kepada Tuhannya dan tidak akan dihisab. Karena mereka termasuk orang yang angkuh dan fasiq. Maka Allah tegaskan bahwa mereka akan dikembalikan (kepada Rabbnya) dan dihisab atasa amalan mereka. Dimana akan nampak semua di hadapan Allah, dan tidak akan tersembunyi bagi Allah sesuatu apapun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena itu, tidak layak bagi-Nya jika Dia membiarkan makhluk ciptaan-Nya (manusia) begitu saja, tidak diperintah dan tidak dilarang serta tidak diberi balasan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insyiqaq Ayat 15

Tidak demikian. Mereka pasti akan kembali kepada Allah untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatannya. Sesungguhnya tuhannya selalu melihat dan mencatat perbuatan-Nya, lalu dia akan membalasnya dengan sangat adil. Perbuatan baik dibalas kebaikan dan perbuatan buruk dibalas dengan siksa. 16. Tuhan mahakuasa di alam semesta. Maka aku bersumpah demi cahaya merah pada waktu senja, saat matahari akan terbenam dan cahayanya yang tampak kemerahan masih pendar ke sebagian penjuru langit.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penafsiran dari berbagai pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Insyiqaq ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dibaca

Kaji ratusan konten yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Hadid 20, Al-Baqarah 43, Ad-Dukhan, Ali ‘Imran 139, Al-Jin, Al-Qamar 49. Juga Al-Baqarah 45, At-Thalaq, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 97, Al-Ma’idah 8, Al-Isra 25.

  1. Al-Hadid 20
  2. Al-Baqarah 43
  3. Ad-Dukhan
  4. Ali ‘Imran 139
  5. Al-Jin
  6. Al-Qamar 49
  7. Al-Baqarah 45
  8. At-Thalaq
  9. Tentang Al-Quran
  10. Ali ‘Imran 97
  11. Al-Ma’idah 8
  12. Al-Isra 25

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: