Surat Al-Muthaffifin Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كِتَٰبٌ مَّرْقُومٌ

Arab-Latin: Kitābum marqụm

Artinya: (Yaitu) kitab yang bertulis,

« Al-Muthaffifin 19Al-Muthaffifin 21 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat Al-Muthaffifin Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muthaffifin Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran penting dari ayat ini. Ditemukan beragam penjabaran dari kalangan pakar tafsir mengenai kandungan surat Al-Muthaffifin ayat 20, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

18-21. Benar, sesungguhnya perkara yang telah ditetapkan bagi orang orang yang berbakti, (yaitu orang orang yang bertakwa),adalah bahwa mereka berada di derajat yang tinggi di dalam surga. Tahukah kamu (wahai rasul) apa derajat yang tinggi itu? Ketetapan bagi orang-orang baik itu sudah tercatat dan sudah selesai,tidak ditambah dan tidak dikurangi. Para malaikat di setiap langit yang didekatkan (kepada Allah) melihatnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Sesungguhnya kitab mereka itu tertulis, tak hilang, tidak ada penambahan di dalamnya maupun pengurangan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. كِتٰبٌ مَّرْقُومٌ ((Yaitu) kitab yang bertulis)
Yakni kitab yang tertulis di dalamnya nama-nama mereka adalah kitab yang telah tertulis.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19-20. Apakah engkau tahu apa ‘illiyyin itu? Ungkapan ini adalah ungkapan untuk mengagungkan, bahwa buku catatan itu adalah catatan orang-orang yang taat. Buku catatan itu adalah catatan yang tersusun dengan jelas sehingga bisa diketahui


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kitab yang berisi catatan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 18-21
Setelah menyebutkan bahwa catatan amal orang-orang berdosa berada di tempat paling bawah dan sempit, selanjutnya Allah menyebutkan bahwa catatan amal orang-orang baik berada di tempat yang paling atas dan luas. Catatan amal mereka tertulis dan “disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah),” dari kalangan malaikat mulia, ruh para nabi, orang-orang jujur dalam beriman dan para syuhada’. Allah menyebutkan mereka di kalangan malaikat tertinggi. Dan illiyyun nama surga tertinggi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kitab orang-orang yang beramal shalih telah tercatat dan tersimpan dengan baik, tidak ada tambahan dan tidak pula dikurangi.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Allah Ta’ala berfirman: كِتَابٌ مَرْقُومٌ “kitab yang tertulis” Ini adalah penjelasan untuk firman-Nya: إِنَّ كِتَابَ الْأَبْرَارِ Maknanya: Sesungguhnya catatan orang-orang baik adalah catatan yang tertulis, tidak berubah dan tidak tergantikan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muthaffifin ayat 20: 20-21. Kemudian Allah jelaskan tentang kitab orang-orang yang berhasil yaitu kitab yang tertulis di dalmnya amalan-amalan mereka (pemiliknya). Dan kitab tersebut ada di tempat yang tinggi, di ketinggian yang melebihi derajat surga. Para malaikat hadir di sana dan menjadi saksi mereka (orang-orang yang berhasil) atas apa yang ada dalam isi kitab tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muthaffifin Ayat 20

'illiyyin adalah kitab yang berisi catatan perbuatan yang tertulis dengan jelas sehingga mudah dibaca oleh mereka yang berhak mendapatkannya. 21. Itulah kitab yang berada di tempat yang luhur, yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan kepada Allah karena kepatuhan mereka. Kesaksian malaikat terhadap catatan amal orang-orag mukmin menunjukkan kebenaran isi kitab itu dan penghormatan kepada penerimanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penafsiran dari para pakar tafsir terkait makna dan arti surat Al-Muthaffifin ayat 20 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dikunjungi

Nikmati ratusan konten yang sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 139, Al-Isra 25, Al-Jin, Al-Baqarah 43, Tentang Al-Quran, Al-Baqarah 45. Juga Al-Hadid 20, At-Thalaq, Al-Qamar 49, Al-Ma’idah 8, Ali ‘Imran 97, Ad-Dukhan.

  1. Ali ‘Imran 139
  2. Al-Isra 25
  3. Al-Jin
  4. Al-Baqarah 43
  5. Tentang Al-Quran
  6. Al-Baqarah 45
  7. Al-Hadid 20
  8. At-Thalaq
  9. Al-Qamar 49
  10. Al-Ma’idah 8
  11. Ali ‘Imran 97
  12. Ad-Dukhan

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: