Surat Al-Infitar Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุญูŽูฐููุธููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Wa inna 'alaikum laแธฅฤfiแบ“ฤซn

Artinya: Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),

ยซ Al-Infitar 9 โœต Al-Infitar 11 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Surat Al-Infitar Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Infitar Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir penting dari ayat ini. Ditemukan sekumpulan penjelasan dari berbagai ulama tafsir terkait kandungan surat Al-Infitar ayat 10, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9-12. Perkaranya bukan sebagaimana yang kalian ucapkan,bahwa kalian berhak menyembah selain Allah,sebaliknya kalian mendustakan hisab dan pembalasan. Sesungguhnya terhadap kalian ada para malaikat pengawas, Malaikat yang mulia disisi Allah yang mencatat apa yang mereka ditugaskan untuk mencatatnya, tidak ada sedikitpun dari amal amal kalian yang terlewat kan bagi mereka,mereka mengetahui apa yang kalian lakukan,yang baik maupun yang buruk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Sesungguhnya bagi kalian terdapat Malaikat yang mengawasi segala perbuatan kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Sesungguhnya segala tingkah laku kalian selalu diawasi oleh malaikat, yang mencatat segala perbuatan dalam catatan amalmu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya bagi kamu ada malaikat-malaikat pengawas} malaikat-malaikat yang mengawasi amal ibadah kalian


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 9-12
Allah berfirman, โ€œBukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan Hari Pembalasan,โ€ maksudnya, meski dengan nasihat dan peringatan ini, kalian tetap saja mendustakan Hari Pembalasan dan kalian pasti akan dihisab atas apa pun yang kalian lakukan. Allah menugaskan para malaikat mulia untukmu, mereka mencatat perkataan dan perbuatanmu dan mereka mengetahuinya. Termasuk dalam hal ini adalah aktivitas hati dan anggota badan. Selayaknya kalian memuliakan dan menghormati mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-12
Allah SWT berfirman: (Apabila langit terbelah (1)) yaitu terbelah sebagaimana Allah SWT berfirman: (Langit (pun) menjadi pecah belah pada hari itu karena Allah) (Surah Al-Muzzammil: 18) (dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan (2)) yaitu, jatuh berguguran (dan apabila lautan dijadikan meluap (3)) lbnu Abbas berkata bahwa Allah meluapkan sebagian darinya dengan sebagian lain.
(dan apabila kuburan-kuburan dibongkar (4)) Ibnu Abbas berkata yaitu dibongkar
(maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya (5)) yaitu apabila mengetahui ini dan mendapatkan itu
Firman Allah SWT: (Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah (6)) Ini merupakan ancaman, tidak sebagaimana yang dikatakan sebagian orang yang berkata bahwa kalimat ini adalah kata tanya yang mengantarkan kepada jawaban, dimana Allah menanyakan demikian sehingga ada seseorang dari juru bicara mereka menjawab,'"dia terperdaya oleh kemurahanNya" Tidaklah demikian. melainkan makna yang dimaksud adalah "Apakah yang memperdayakanmu terhadap Tuhanmu yang Maha Mulia yaitu Maha Agung sehingga kamu berani berbuat durhaka kepadaNya, dan kamu membalas karuniaNya dengan perbuatan yang tidak layak terhadapNya" Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits,โ€Allah SWT berfirman pada hari kiamat,"Wahai anak cucu Adam, apakah yang telah memperdayakanmu terhadapKu? Wahai anak Adam, bagaimanakah jawabanmu terhadap para rasul?โ€
Firman Allah SWT: (Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang (7)) yaitu apakah yang memperdayakan kamu terhadap Tuhanmu yang Maha Mulia (Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang (7)) yaitu menjadikanmu sempurna, tegak mempunyai tinggi yang seimbang dengan bentuk yang paling baik dan paling rapi.
Firman Allah SWT: (dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu (8)) Mujahid berkata bahwa makna yang dimaksud adalah seperti dengan ayah, ibu, atau paman dari jalur ibu atau paman dari jalur ayah.
Firman Allah SWT: (Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan (9)) yaitu sesungguhnya yang mendorong kalian berani menantang Tuhan Yang Maha Pemurah dan membalasNya dengan perbuatan-perbuatan durhaka itu karena hati kalian mendustakan hari kebangkitan, hari pembalasan, dan hari penghisaban.
Firman Allah SWT: (Padahal sesungguhnya bagi kalian ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaan kalian) (10) yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaan itu) (11) mereka mengetahui apa yang kalian kerjakan (12)) yaitu, sesungguhnya pada kalian ada para malaikat yang mulia-mulia yang mencatat amal perbuatan. Maka janganlah kalian menghadapi mereka dengan amal keburukan, karena sesungguhnya mereka mencatat semua amal perbuatan kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Didunia kalian bebas melakukan apa saja yang kalian inginkan, kalian bersenang-senang melakukan kefasikan dan kalian mengira bahwa semua perbuatan itu akan pergi begitu saja bersamaan dengan berlalunya hari-hari, tapi sebenarnya kalian tidak mengetahui bahwa apa yang berlaku dalam keseharian kalian didunia semuanya tertulis dalam lembaran amalan khusus yang dicatat oleh malaikat yang diberikan amanah oleh Allah siang dan malam, mereka terus mengawsi perbuatan kalian sampai kalian mengembuskan nafas terakhir.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุญูŽุงููุธููŠู†ูŽ (10) ูƒูุฑูŽุงู…ู‹ุง ูƒูŽุงุชูุจููŠู†ูŽ (11) ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู†ูŽ " Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." ditegaskan dengan dua penegasan yaitu: huruf ุฅูู†ู‘ูŽ dan huruf lam, ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุญูŽุงููุธููŠู†ูŽ " Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),"Seorang insan ada yang menjaganya dan yang mencatat perbuatannya, Allah Taโ€™ala berfirman: ู…ูŽุง ูŠูŽู„ู’ููุธู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽู‚ููŠุจูŒ ุนูŽุชููŠุฏูŒ โ€œTiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.โ€(QS. Qaf: 18) Setiap manusia ada malaikat hafadzah (penjaga) yang senantiasa mencatat segala yang diucapkan dan segala yang dilakukan. Al-Hafadzah adalah malaikat mulia dan tidak tercela, bahkan kemuliaan mereka itu menafikan berbuat zalim kepada siapa pun. Mereka menulis apapun yang tidak dilakukan atau tidak membiarkan yang telah dilakukan setiap manusia, karena mereka mereka semua diberikan sifat mulia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Infitar ayat 10: 10-12. Ketahuilah oleh kalian bahwasanya amal-amal kalian seperti dicatat, dan sungguh setiap dari kalian ada malaikat-malaikat penjaga yang senantiasa mencatat (amalan), ia mencatat apa yang kalian kerjakan dari kebaikan maupun kejelekan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Infitar Ayat 10

Dan mengapa kamu mendustakan hari pembalasan, padahal sesungguhnya bagi kamu ada para malaikat yang mengawasi semua perbuatanmu. 11. Mereka adalah makhluk yang mulia di sisi Allah karena kepatuhan dan ketaatan mereka, dan yang tidak pernah luput mencatat amal perbuatanmu, dari yang baik hingga yang buruk, dari yang kecil hingga yang besar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari kalangan ulama terkait makna dan arti surat Al-Infitar ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita. Sokonglah dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Terbanyak Dilihat

Nikmati ratusan topik yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 139, At-Thalaq, Al-Isra 25, Al-Baqarah 45, Al-Hadid 20. Ada pula Al-Jin, Al-Ma’idah 8, Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 97, Ad-Dukhan, Al-Qamar 49.

  1. Tentang Al-Quran
  2. Ali ‘Imran 139
  3. At-Thalaq
  4. Al-Isra 25
  5. Al-Baqarah 45
  6. Al-Hadid 20
  7. Al-Jin
  8. Al-Ma’idah 8
  9. Al-Baqarah 43
  10. Ali ‘Imran 97
  11. Ad-Dukhan
  12. Al-Qamar 49

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: