Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Infitar Ayat 2

وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ

Arab-Latin: Wa iżal-kawākibuntaṡarat

Terjemah Arti: Dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

1-5. Apabila langit pecah dan tatanannya rusak. Dan apabila bintang-bintang berjatuhan. Dan apabila lautan, Allah menghantamkan sebagian darinya dengan sebagian lainnya sehingga airnya lenyap, Dan apabila kuburan-kuburan dibalik dengan di bangkitkannya penghuninya, Saat itu setiap jiwa mengetahui seluruh amalnya,apa yang dia kerjakan dan apa yang dia lakukan, semuanya akan di balas.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-2. Apabila langit telah terbelah dan bintang-bintang berjatuhan

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

1-4. Surat ini dimulai dengan keimanan, dimana Allah bersumpah dengan langit yang apabila telah terbelah dan berubah aturan (dari yang semestinya). Allah juga bersumpah dengan bintang-bintang yang apabila berjatuhan dan berserakan. Allah juga bersumpah dengan lautan yang meluap satu sama lain dan kemudian (terkumpul) menjadi lautan yang satu, dan bercampur air (dari laut) yang tawar dengan yang asin. Allah juga bersumpah dengan kuburan yang apabila dihamburkan dan dibangkitkan (mayit) di dalamnya untuk berkumpul di padang masyhar

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

2. Dan apabila bintang jatuh berserakan.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Ayat 1-5
Maksudnya, bila langit runtuh dan terbelah, bintang-bintangnya berhamburan, hilang keindahannya, laut-laut meluap hingga menjadi satu lautan, kuburan terbongkar mengeluarkan semua mayat yang ada di dalamnya untuk dikumpulkan di tempat pemberhentian di hadapan Allah untuk pembalasan amal perbuatan, pada hari itu penutup tersingkap, sesuatu yang samar menjadi nyata, dan setiap jiwa mengetahui setiap keberuntungan atau kerugian yang menyertainya. Di sana, orang zhalim menggigit jari pada saat melihat perbuatan yang telah dilakukannya dan yakin akan mendapatkan kesengsaraan abadi dan siksaan selamanya.
Di sana, (sebaliknya) orang bertakwa yang melakukan amal baik mendapatkan kemenangan besar, kenikmatan abadi, dan selamat dari siksaan Neraka Jahim.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Inilah salah satu kejadian yang sangat dahsyat setelah terbelahnya langit : Yaitu berjatuhannya bintang-bintang dan meteor-meteor di angkasa, semuanya berjatuhan berpindah dari orbitnya masing-masing.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ “dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan,” Maknanya: Bintang-bintang yang kecil dan yang besar berhamburan, berserakan dan berjatuhan karena alam semesta telah berakhir.

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Yakni dibalik tanahnya dan dibangkitkan serta dikeluarkan orang-orang yang telah mati yang ada di dalamnya untuk dikumpulkan di hadapan Allah Subhaanahu wa Ta'aala agar diberi-Nya balasan terhadap amal yang mereka kerjakan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


1-4. Ada empat peristiwa besar pada hari kiamat yang disebutkan di bagian awal surah ini, dari ayat 1 s. D. 4. Dua peristiwa yang pertama terjadi di langit dan sisanya di bumi. Apabila langit yang demikian besar dan kukuh terbelah, retak, kemudian digulung. Dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, keluar dari garis edarnya, dan berhamburan secara acak akibat hilangnya gaya tarik-menarik antar-benda angkasa. Dan apabila lautan dijadikan meluap, di mana batas antara satu laut dengan lainnya terbelah dan hancur sehingga air meluap. Air tawar dan asin pun menyatu, berkumpul menjadi lautan raksasa tak bertepi. Dan apabila kuburan-kuburan dibongkar sehingga mayat-mayat yang ada di dalamnya hidup kembali lalu berhamburan keluar tak tentu arah

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Infitar Ayat 3 Arab-Latin, Surat Al-Infitar Ayat 4 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Infitar Ayat 5, Terjemahan Tafsir Surat Al-Infitar Ayat 6, Isi Kandungan Surat Al-Infitar Ayat 7, Makna Surat Al-Infitar Ayat 8

Category: Surat Al-Infitar

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!