Surat At-Takwir Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูฑู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฑู ูฑู„ู’ูƒูู†ู‘ูŽุณู

Arab-Latin: Al-jawฤril-kunnas

Artinya: Yang beredar dan terbenam,

ยซ At-Takwir 15 โœต At-Takwir 17 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Mengenai Surat At-Takwir Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat At-Takwir Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia berbagai penjabaran dari para ahli tafsir terkait isi surat At-Takwir ayat 16, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

15-21. Allah bersumpah dengan bintang-bintang yang cahayanya redup saat siang hari. Yang berjalan dan bersembunyi pada orbit-orbitnya, Juga dengan malam saat datang dengan kegelapannya, Juga dengan waktu shubuh saat datang dengan cahayanya, Sesungguhnya al-qurโ€™an disampaikan oleh utusan yang mulia,yaitu jibril, Pemilik kekuatan dalam melaksankan apa yang diperintahkan kepadanya, pemilik kedudukan tinggi dan mulia di sisi allah, Ditaati oleh para malaikat, dipercaya atas wahyu yang dia bawa turun.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Yang beredar di orbitnya dan terbenam saat datangnya pagi, sebagaimana kijang yang masuk ke dalam rumahnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฑู (yang beredar)
Yakni beredar di orbitnya.

ุงู„ู’ูƒูู†ูŽู‘ุณู (dan terbenam)
Yakni terbenam pada waktu terbenamnya. Kata ini berasal dari kata (ุงู„ูƒู†ุงุณ) yaitu hewan liar seperti rusa dan lainnya yang bersembunyi pada waktu tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Bintang-bintang yang berjalan bersama matahari saat siang, dan tertutupi cahaya matahari


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{yang beredar lagi terbenam} yang beredar dan bersembunyi pada garis edarnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 15-16
Allah bersumpah dengan โ€œbintang-bintang,โ€ yakni bintang-bintang yang berjalan terlambat dari lintasan biasanya hingga ke arah timur. Itulah tujuh bintang yang berjalan; matahari, rembulan, venus, yupiter, mars, saturnus, dan merkurius. Ketujuh bintang ini memiliki dua putaran: putaran ke arah barat bersama bintang-bintang lain, dan lalu berputar dari arah berlawanan dari arah timur yang hanya ditempuh oleh ketujuh bintang tersebut saja. Allah bersumpah dengannya pada saat terlambat melintas dan saat melintas serta disaat sinarnya terhalang diwaktu siang. Bisa juga yang dimaksudkan adalah seluruh bintang yang beredar dan lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Yaitu bintang-bintang atau planet-planet yang berputar pada porosnya masing-masing, Allah berfirman : { ูƒูู„ู‘ูŒ ูููŠ ููŽู„ูŽูƒู ูŠูŽุณู’ุจูŽุญููˆู†ูŽ } ( Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. ) [ Al Anbiya' : 33 ] Allah bersumpah dengan bintang-bintang karena itu adalah merupakan bagian dari ayat-ayat Allah yang agung, dan Allah tidak bersumpah dengan sesuatu apapun melainkan sesuatu itu memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia dan darinya terdapat pelajaran yang penting, Allah berkehendak bersumpah atas makhluknya sesukanya, sedangkan manusia sebagai makhluk Allah tidak diperbolehkan bersumpah kecuali atas nama Allah.

{ ุงู„ู’ูƒูู†ู‘ูŽุณู } Yakni benda-benda angkasa itu pada malam hari nampak jelas, dan pada siang hari bersembunyi tidak menampakkan dirinya, dan ini mencakup semua bintang-bintang dan planet-planet yang ada di angkasa.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฑู asalnya adalah ุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุฑููŠ [al-Jawarii] ada huruf ya di akhir, namun dihapus untuk meringankan lafaz, ุงู„ู’ูƒูู†ู‘ูŽุณู Bintang yang masuk ke tempat terbenamnya. Allah bersumpah dengan bintang-bintang ini


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Takwir ayat 16: 15-17. Kemudian Allah bersumpah dengan Al Khuns yaitu bintang-bintang yang bersinar yang tertutupi cahaya siang dan akan namapak pada malam hari. Dan Allah bersumpah dengan bintang-bintang yang beredar di peredarannya yang kemudian bersembunyi ketika waktu tenggelamnya matahari. Allah juga bersumpah dengan malam ketika datang dan pergi. Allah juga bersumpah dengan waktu subuh sampai datang waktu siang secara jelas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Takwir Ayat 16

15-18. Usai menjelaskan ihwal hari kiamat dan kesudahan manusia, Allah beralih menjelaskan kedudukan Al-Qur'an sebagai kalamullah yang didustakan oleh kafir quraisy. Aku bersumpah demi bintang-bintang yang cahayanya redup di siang hari dan terang di malam hari. Yang beredar di garis edarnya dan terbenam, demi malam apabila telah larut dan meninggalkan gelapnya, atau datang dengan kegelapan yang dibawanya, dan demi subuh apabila fajar telah menyingsing, tersibak cahayanya sedikit demi sedikit, layaknya orang bernafas. Ketiga peristiwa tersebut merupakan tanda-tanda kebesaran Allah di alam semesta yang dapat dilihat. Begitupun, Al-Qur'an merupakan tanda kebesaran-Nya yang dapat dibaca


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari banyak pakar tafsir terhadap makna dan arti surat At-Takwir ayat 16 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita bersama. Dukunglah dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikaji

Terdapat ratusan materi yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Ali ‘Imran 97, Al-Baqarah 45, At-Thalaq, Ali ‘Imran 139. Ada pula Al-Isra 25, Ad-Dukhan, Al-Hadid 20, Al-Baqarah 43, Al-Qamar 49, Tentang Al-Quran.

  1. Al-Ma’idah 8
  2. Al-Jin
  3. Ali ‘Imran 97
  4. Al-Baqarah 45
  5. At-Thalaq
  6. Ali ‘Imran 139
  7. Al-Isra 25
  8. Ad-Dukhan
  9. Al-Hadid 20
  10. Al-Baqarah 43
  11. Al-Qamar 49
  12. Tentang Al-Quran

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: