Surat Ali ‘Imran Ayat 13


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

قَدْ كَانَ لَكُمْ آيَةٌ فِي فِئَتَيْنِ الْتَقَتَا ۖ فِئَةٌ تُقَاتِلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُمْ مِثْلَيْهِمْ رَأْيَ الْعَيْنِ ۚ وَاللَّهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِ مَنْ يَشَاءُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِأُولِي الْأَبْصَارِ

Arab-Latin: Qad kāna lakum āyatun fī fi`atainiltaqatā, fi`atun tuqātilu fī sabīlillāhi wa ukhrā kāfiratuy yaraunahum miṡlaihim ra`yal-'aīn, wallāhu yu`ayyidu binaṣrihī may yasyā`, inna fī żālika la'ibratal li`ulil-abṣār

Terjemah Arti: Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang telah bertemu (bertempur). Segolongan berperang di jalan Allah dan (segolongan) yang lain kafir yang dengan mata kepala melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sungguh telah ada petunjuk yang sangat nyata bagi kalian (wahai orang orang yahudi yang sombong lagi membangkang), pada dua golongan yang saling berperang dalam perang badar. Satu golongan berjuang untuk menegakkan agama Allah, mereka adalah Muhammmad sholallohu alaihi wasallam dan para sahabatnya, dan golongan lain yang kafir kepada Allah yang berperang untuk mempertahankan kebatilan. Golongan itu melihat dengan pandangan mata mereka bahwa kaum mukminin dua kali lipat dari pasukan mereka sendiri dalam jumlahnya, dan sesungguhnya Allah telah menjadikan kejadian tersebut sebagai faktor kemenangan kaum mmuslimin atas mereka. Dan Allah menguatkan dengan pertolonganNYA siapa saja yang Dia kehendaki dari para hamabaNYA. Sesungguhnya pada peristiwa yang terjadi ini, terdapat orang-orang yang memiliki mata hati yang lurus yang mendapat petunjuk untuk mengetahui hikmah-hikmah dari Allah dan perbuatan-perbuatanNYA.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

13. Kalian bisa mendapatkan petunjuk dan pelajaran pada dua golongan yang bertemu untuk bertempur dalam perang Badar. Golongan yang pertama adalah golongan orang-orang yang beriman, yaitu Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- dan sahabat-sahabatnya. Golongan ini berperang di jalan Allah supaya kalimat Allah menjadi kalimat tertinggi dan kalimat orang-orang kafir menjadi kalimat yang terendah. Dan golongan yang lain golongan orang-orang kafir, yaitu orang-orang kafir Makkah yang keluar dengan penuh kebanggaan sambil pamer kekuatan dan fanatisme kesukuan. Orang-orang mukmin melihat jumlah orang-orang kafir itu dua kali lipat jumlah mereka secara kasat mata. Kemudian Allah menolong para kekasih-Nya. Dan Allah memberikan pertolongan-Nya kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran dan peringatan bagi orang-orang yang memiliki mata hati, yaitu agar mereka tahu bahwa kemenangan akan diberikan kepada orang-orang yang beriman, meskipun jumlah mereka sedikit, sedangkan kekalahan akan menjadi milik orang-orang yang sesat, meskipun jumlah mereka lebih banyak.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. قَدْ كَانَ لَكُمْ ءَايَةٌ ( Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu)
Yakni bagi kalian wahai orang-orang Yahudi tanda yang agung yang menandakan atas kebenaran apa yang Aku katakan kepada kalian. Kalimat ini ditujukan kepada orang-orang Yahudi agar berhati-hati dari hati dimana Allah akan menimpa mereka dengan apa yang telah menimpa penghuni Makkah pada perang badar.
Dan yang dimaksud dengan dua golongan adalah golongan orang-orang beriman dan golongan orang-orang musyrik ketika mereka saling bertemu di medan perang badar.

وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُم مِّثْلَيْهِمْ (dan (segolongan) yang lain kafir yang melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka )
Jumlah mereka pada saat itu tiga kali jumlah kaum muslimin, maka Allah membuat jumlah mereka sedikit dipandangan kaum muslimin, yang mana Allah menjadikan mereka melihat diri mereka dua kali lebih banyak dari pada jumlah kaum musyrikin agar menguatkan jiwa mereka. Dan mereka telah mendapat kabar bahwa seratus dari mereka akan mengalahkan dua ratus orang dari kaum musyrikin.

رَأْىَ الْعَيْنِ ۚ (dengan mata kepala )
Yakni dengan pengelihatan yang jelas dan terang tanpa keburaman sedikitpun.

وَاللهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِۦ مَن يَشَآءُ ۗ (. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya )
Yakni menguatkan siapa yang Dia kehendaki. Dan salah satu penguatan-Nya untuk para pejuang perang Badar adalah dengan pengelihatan yang telah disebutkan.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ(Sesungguhnya pada yang demikian itu )
Yakni pada penglihatan sesuatu yang sedikit seakan-akan adalah sesuatu yang banyak.

لَعِبْرَةً( terdapat pelajaran)
Yakni pelajaran yang besar.

لِّأُو۟لِى الْأَبْصٰرِ( bagi orang-orang yang mempunyai mata hati)
Yakni yang mempunyai mata hati yang terbuka yang dapat mengambil pelajaran dari apa yang ia lihat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. Wahai orang-orang Yahudi, sungguh telah ada bagi kalian suatu tanda tentang kebenaran ucapanku berupa pertolongan terhadap orang-orang mukmin dan kehancuran kalian pada dua golongan yang saling bertemu untuk berperang pada waktu perang Badar. Kelompok itu adalah orang muslim dan orang musyrik. Satu kelompok yang berperang di jalan Allah untuk meninggikan kalimat Allah, yaitu orang-orang mukmin, dan kelompok lainnya yang mengingkari Allah dan rasulullah, yaitu orang-orang musyrik. Orang-orang muslim melihat orang-orang kafir itu dua kali lebih lemah jumlahnya dengan jelas dan nyata menggunakan mata. Dan kenyataannya mereka (orang-orang kafir) itu 3 kali lipat jumlahnya. Lalu Allah membuat orang-orang kafir itu melihat jumlah orang muslim dua kali lebih banyak dari jumlah mereka guna membuat mereka takut. Dan ini adalah bantuan secara maknawi. Allah menguatkan orang-orang yang Dia kehendaki. Sesungguhnya dalam pandangan dan pertolongan terhadap kelompok kecil atas kelompok yang lebih banyak itu terdapat pelajaran bagi orang-orang sabar yang sadar dan memiliki pikiran yang cerdas.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12-13. Ayat ini merupakan informasi dan kabar gembira bagi kaum Mukminin, dan ancaman bagi orang-orang kafir, yakni bahwasanya mereka akan dikalahkan di dunia ini. Dan terbukti benar telah terjadi sesuai dengan yang Allah kabarkan, di mana mereka telah dikalahkan dengan kekalahan yang tidak ada tandingan dan tidak ada yang setara dengannya. Allah menjadikan apa yang terjadi dalam peperangan Badar sebagai tanda-tandaNYa yang menunjukkan atas kebenaran RasulNya, dan bahwa beliau berada di atas kebenaran sedangkan sedangkan musuh-musuhnya berada di atas kebatilan, di mana kedua pasukan bertemu dengan jumlah pasukan kaum Muslimin yang hanya mencapai tiga ratus sekian belas orang ditambah dengan peralatan yang sedikit, dan pasukan kaum kafir yang mencapai seribu orang ditambah dengan persiapan mereka yang sempurna dalam persenjataan dan lain-lainnya. Namun Allah membela kaum Mukminin dengan pertolonganNya hingga mereka mampu mengalahkan kaum kafir dengan izin Allah.
Ayat ini mengandung pelajaran bagi orang-orang yang memiliki mata hati, bahwa sekiranya ini bukan kebenaran yang apabila menghadapi kebatilan pasti akan melenyapkan dan merendahkannya, maka pastilah, jika diukur dari sebab-sebab yang kongkret, kenyataannya akan terbalik.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Yakni pelajaran yang dalam.

Kamu di sini adalah "Orang-orang Yahudi yang sombong".

Pertemuan dua golongan itu antara kaum muslimin dengan kaum musyrikin terjadi dalam perang Badar. Badar nama suatu tempat yang terletak di selatan Madinah.

Yaitu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Jika melihat kepada sebab yang nampak, seperti jumlah dan perlengkapan, maka kaum muslimin nampaknya akan kalah. Jumlah mereka hanya tiga ratus orang lebih, sedangkan jumlah musuh sekitar seribu orang. Terlebih dengan perlengkapan mereka yang kurang, yang menaiki kuda hanya dua orang, sedangkan selebihnya berjalan kaki. Namun di balik semua ini ada sebab terbesar yang menjadikan mereka menang, yaitu pertolongan Allah Azza wa Jalla.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kamu pasti akan dikalahkan! salah satu buktinya adalah apa yang diuraikan oleh ayat ini, yaitu sungguh, telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang berhadap-hadapan, yakni bertempur di dalam perang badar pada tahun kedua hijriah. Yang pertama, satu golongan mukmin berperang di jalan Allah, yaitu nabi Muhammad dan para sahabatnya, dan yang lain golongan kafir yang berperang di jalan kebatilan yang melihat dengan mata kepala, bahwa jumlah pasukan mereka, yakni golongan muslim, dua kali lipat mereka, sehingga hati mereka menjadi gentar. Ini menjadi faktor penyebab kemenangan kaum muslim. Allah menguatkan dengan pertolongan-Nya bagi siapa yang dia kehendaki. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran yang berharga bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan mata hati yang dapat menangkap hikmah di balik setiap peristiwaada beberapa hal yang dapat menghalangi seseorang mengambil pelajaran dari peristiwa di atas, yaitu dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan dan sulit untuk dibendung, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan yang bagus dan terlatih, hewan ternak, dan sawah ladang, atau simbol-simbol kemewahan duniawi lainnya. Itulah kesenangan hidup di dunia yang bersifat sementara dan akan hilang cepat atau lambat, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik, yaitu surga dengan segala keindahan dan kenikmatannya.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Ali ‘Imran Ayat 14 Arab-Latin, Surat Ali ‘Imran Ayat 15 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ali ‘Imran Ayat 16, Terjemahan Tafsir Surat Ali ‘Imran Ayat 17, Isi Kandungan Surat Ali ‘Imran Ayat 18, Makna Surat Ali ‘Imran Ayat 19

Category: Surat Ali 'Imran


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!