Surat Nuh Ayat 28

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Arab-Latin: Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".

« Nuh 27Al-Jin 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Surat Nuh Ayat 28

Paragraf di atas merupakan Surat Nuh Ayat 28 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan penting dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjabaran dari banyak ulama terhadap makna surat Nuh ayat 28, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

26-28. Nuh berkata sesudah merasa pesimis terhadap kaumnya, “Wahai Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang kafir pun hidup di muka bumi ini bergerak dan beraktivitas. Karena bila Engkau membiarkan mereka, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hambaMu yang beriman kepadaMu dari jalan kebenaran, tidak hadir dari tulang sulbi dan rahim mereka kecuali orang yang menyimpang dari kebenaran, serta sangat kuat penentangan dan kekafirannya kepadaMu. Wahai Tuhanku, ampunilah aku, kedua orangtuaku, orang yang masuk ke rumahku dalam keadaan beriman, dan orang-orang beriman laki-laki dan perempuan, serta janganlah Engkau tambahkan kepada orang-orang kafir itu kecuali kebinasaan dan kerugian dunia dan akhirat.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

28. Wahai Rabbku, ampunilah dosa-dosaku, ampunilah kedua orang tuaku dan ampunilah orang-orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, ampunilah laki-laki dan perempuan yang beriman, dan janganlah Engkau tambah untuk orang-orang yang berbuat aniaya terhadap diri mereka sendiri dengan kekufuran dan maksiat kecuali kebinasaan dan kerugian.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

28. وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا (Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan)
Yakni melainkan kebinasaan dan kerugian.
Do’a ini mencakup seluruh orang zalim yang ada hingga hari kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

28. Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku, kedua orang tuaku yang beriman, orang yang memasuki rumahku atau masjidku dengan beriman, kaum muslim laki-laki dan kaum muslim perempuan samapi hari kiamat. Dan jangan engkau tambahkan kekufuran dalam diri orang-orang zalim kecuali kehancuran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ya Tuhanku, ampunilah aku, orang tuaku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang mukmin laki-laki dan perempuan. Janganlah menambahkan bagi orang-orang zalim itu selain kehancuran.”} kehancuran dan kerugian


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

28. “Ya Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman,” Nabi Nuh menyebut mereka secara khusus untuk menegaskan hak mereka dan mengedepankan kebaikan mereka. Selanjutnya Nabi Nuh berdoa secara umum seraya berkata, “Dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan, dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zhalim itu selain kebinasaan,” yakni kerugian, kehancuran, dan kebinasaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Nuh ayat 28: Setelah Nuh berdoa bagi orang-orang kafir, ia mendoakan bagi dirinya dan bagi kedua orang tuanya, dan berdoa bagi siapa yang masuk menjawab dakwahnya dengan beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kemudian ia juga mendoakan bagi orang-orang yang beriman baik laki-laki maupun perempuannya dengan ampunan dan rahmat. Kemudian Nuh mengulangi doanya kepada orang-oang kafir dengan berkata : Janganlah Engkau tambah wahai Rabbku orang-orang yang dzalim kecuali Engkau binasakan, Engkau jadikan orang-orang merugi dan lenyapkan di dunia dan akhirat. Semoga shalawat atas Nuh dan Nabi kita Muhammad yang memiliki sebaik-baik shalawat dan bersih di atas keislaman.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Disebutkan mereka secara khusus karena besarnya hak mereka, selanjutnya Nabi Nuh ‘alaihis salam meratakan doa Beliau untuk semua kaum mukmin dan mukminah sampai hari Kiamat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Nuh Ayat 28

Setelah doa untuk mereka yang durhaka, kini Nabi Nuh, berdoa untuk yang taat kepada Allah. Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan janganlah Engkau tambahkan untuk mereka kecuali kebahagiaan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim yang mantap kezalimannya itu selain kehancuran.?1. Di akhir surah sebelum surah ini yaitu surah Nuh disebutkan doa Nabi Nuh atas perilaku kaumnya yang menolak dakwahnya. Di awal surah ini dijelaskan tentang dakwah Nabi Muhammad dengan al-Qur?an yang merupakan kitab suci yang amat mengagumkan dari segala aspeknya. Katakanlah wahai Nabi Muhammad kepada seluruh manusia, ?Telah diwahyukan kepadaku melalui Jibril, bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan bacaan al-Qur?an, lalu mereka berkata, 'Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan kata-kata maupun kandungan Al-Qur?an.'"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari beragam ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Nuh ayat 28 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dicari

Ada banyak materi yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Yusuf 28, Al-Falaq, Al-Isra 32, Al-A’la, Do’a Setelah Adzan, Seribu Dinar. Juga An-Naba, Al-Qadr, Al-Kafirun, Al-Fatihah, Adh-Dhuha, Al-Hujurat 13.

  1. Yusuf 28
  2. Al-Falaq
  3. Al-Isra 32
  4. Al-A’la
  5. Do’a Setelah Adzan
  6. Seribu Dinar
  7. An-Naba
  8. Al-Qadr
  9. Al-Kafirun
  10. Al-Fatihah
  11. Adh-Dhuha
  12. Al-Hujurat 13

Pencarian: surat ali imran ayat 190-191 beserta artinya, surat al maidah ayat 2 latin, al nasr latin, qs an nisa ayat 136, surat al takasur

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: