Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Nuh Ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Arab-Latin: Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Terjemah Arti: Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

26-28. Nuh berkata sesudah merasa pesimis terhadap kaumnya, “Wahai Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang kafir pun hidup di muka bumi ini bergerak dan beraktivitas. Karena bila Engkau membiarkan mereka, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hambaMu yang beriman kepadaMu dari jalan kebenaran, tidak hadir dari tulang sulbi dan rahim mereka kecuali orang yang menyimpang dari kebenaran, serta sangat kuat penentangan dan kekafirannya kepadaMu. Wahai Tuhanku, ampunilah aku, kedua orangtuaku, orang yang masuk ke rumahku dalam keadaan beriman, dan orang-orang beriman laki-laki dan perempuan, serta janganlah Engkau tambahkan kepada orang-orang kafir itu kecuali kebinasaan dan kerugian dunia dan akhirat.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

28. Wahai Rabbku, ampunilah dosa-dosaku, ampunilah kedua orang tuaku dan ampunilah orang-orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, ampunilah laki-laki dan perempuan yang beriman, dan janganlah Engkau tambah untuk orang-orang yang berbuat aniaya terhadap diri mereka sendiri dengan kekufuran dan maksiat kecuali kebinasaan dan kerugian.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

28. وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا (Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan)
Yakni melainkan kebinasaan dan kerugian.
Do’a ini mencakup seluruh orang zalim yang ada hingga hari kiamat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

28. Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku, kedua orang tuaku yang beriman, orang yang memasuki rumahku atau masjidku dengan beriman, kaum muslim laki-laki dan kaum muslim perempuan samapi hari kiamat. Dan jangan engkau tambahkan kekufuran dalam diri orang-orang zalim kecuali kehancuran

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Setelah Nuh berdoa bagi orang-orang kafir, ia mendoakan bagi dirinya dan bagi kedua orang tuanya, dan berdoa bagi siapa yang masuk menjawab dakwahnya dengan beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Kemudian ia juga mendoakan bagi orang-orang yang beriman baik laki-laki maupun perempuannya dengan ampunan dan rahmat. Kemudian Nuh mengulangi doanya kepada orang-oang kafir dengan berkata : Janganlah Engkau tambah wahai Rabbku orang-orang yang dzalim kecuali Engkau binasakan, Engkau jadikan orang-orang merugi dan lenyapkan di dunia dan akhirat. Semoga shalawat atas Nuh dan Nabi kita Muhammad yang memiliki sebaik-baik shalawat dan bersih di atas keislaman.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

28. “Ya Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman,” Nabi Nuh menyebut mereka secara khusus untuk menegaskan hak mereka dan mengedepankan kebaikan mereka. Selanjutnya Nabi Nuh berdoa secara umum seraya berkata, “Dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan, dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zhalim itu selain kebinasaan,” yakni kerugian, kehancuran, dan kebinasaan.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Disebutkan mereka secara khusus karena besarnya hak mereka, selanjutnya Nabi Nuh ‘alaihis salam meratakan doa Beliau untuk semua kaum mukmin dan mukminah sampai hari Kiamat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah doa untuk mereka yang durhaka, kini Nabi Nuh, berdoa untuk yang taat kepada Allah. Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan dan janganlah Engkau tambahkan untuk mereka kecuali kebahagiaan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim yang mantap kezalimannya itu selain kehancuran.?1. Di akhir surah sebelum surah ini yaitu surah Nuh disebutkan doa Nabi Nuh atas perilaku kaumnya yang menolak dakwahnya. Di awal surah ini dijelaskan tentang dakwah Nabi Muhammad dengan al-Qur?an yang merupakan kitab suci yang amat mengagumkan dari segala aspeknya. Katakanlah wahai Nabi Muhammad kepada seluruh manusia, ?Telah diwahyukan kepadaku melalui Jibril, bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan bacaan al-Qur?an, lalu mereka berkata, 'Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan kata-kata maupun kandungan Al-Qur?an.'"

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Jin Ayat 1 Arab-Latin, Surat Al-Jin Ayat 2 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Jin Ayat 3, Terjemahan Tafsir Surat Al-Jin Ayat 4, Isi Kandungan Surat Al-Jin Ayat 5, Makna Surat Al-Jin Ayat 6

Category: Surat Nuh

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!