Surat Al-Qalam Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هَمَّازٍ مَّشَّآءٍۭ بِنَمِيمٍ

Arab-Latin: Hammāzim masysyā`im binamīm

Artinya: Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah,

« Al-Qalam 10Al-Qalam 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat Al-Qalam Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan pelbagai penjelasan dari kalangan ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Qalam ayat 11, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-15. Janganlah engkau (wahai Rasul) menaati setiap orang yang banyak bersumpah, pembohong lagi rendah, banyak mengghibah orang, berjalan di antara mereka dengan menyebarkan namimah (adu domba), yaitu menukil pembicaraan sebagian dari mereka ke sebagian lainnya untuk merusak hubungan mereka, kikir dan bakhil dalam urusan harta, tidak memberikannya untuk kebenaran, kuat menghalang-halangi kebaikan, melampaui batas dalam melanggar hak manusia dan memakan yang diharamkan, banyak berdosa, kuat kekafirannya, keji dan buruk, dinasabkan bukan kepada bapaknya; hanya karena dia punya harta kekayaan dan anak-anak, dia menyombongkan diri di depan kebenaran. Bila salah satu ayat al-Quran dibacakan kepadanya, dia mendustakannya. Dia berkata, “Ini adalah kebatilan dan khurafat orang-orang dulu.”
Ayat-ayat ini walaupun walaupun turun pada sebagian orang-orang musyrik seperti al-Walid bin al-Mughirah, hanya saja ia mengandung peringatan bagi Muslim agar tidak menyamai orang yang memiliki sifat-sifat tercela ini.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

11. Menjelek-jelekkan dan menggunjing orang lain, berusaha mengadu domba mereka, atau membuat kedustaan terhadap mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Yang banyak menggunjing dan menyebarkan adu domba di antara manusia untuk memecah belah mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. هَمَّازٍ مَّشَّآءٍۭ بِنَمِيمٍ (yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah)
Makna (الهماز) adalah orang yang mencela orang lain dengan isyarat wajah mereka, sedangkan (اللماز) adalah orang yang mencela orang lain saat orang itu tidak bersamanya. Adapun (المشاء بنميم) adalah orang yang menyebarkan fitnah untuk mempecah belah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11-12. Dia adalah orang membuka banyak aib manusia, menebar berita bohong untuk memecah belah manusia, pelit dengan hartanya, zalim, dan memiliki banyak salah dan dosa.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{suka mencela} suka mencela orang {berjalan dengan menyebarkan fitnah} berjalan dengan menyebar fitnah di antara manusia, untuk membuat kekacauan di antara mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. “Yang banyak mencela ,” yaitu banyak mencela dan menuduh orang dengan cara ghibah, mengolok-olok atau yang lainnya. “Yang kesana kemari menghambur fitnah,” maksudnya, menyebarkan namimah (adu domba) di antara sesama manusia. Namimah adalah menukil perkataan sebagian orang untuk disampaikan pada orang lain dengan tujuan untuk merusak hubungan di antara mereka serta menimbulkan permusuhan dan kebencian.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 11: Dan sebagian dari sifatnya adalah suka mencela terhadap manusia dan senang menggunjing sesamanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni banyak mencela manusia baik dengan menggunjing, menghina maupun dengan lainnya.

Yakni mengadu domba.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 11

10-13. Untuk mengukuhkan larangan tersebut, Allah menyifati me-reka dengan sifat-sifat buruk seperti yang dirinci dalam ayat ini. Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah baik dalam kebenaran maupun kebatilan, dan berkepribadian buruk karena suka menghina, lagi suka mencela, yang kian ke mari menyebarkan fitnah untuk memecah belah anggota masyarakat, dan yang suka merintangi segala bentuk perbuatan yang baik dengan bersikap kikir, selain itu dia juga gemar bersikap melampaui batas dan banyak dosa baik terhadap tuhan maupun terhadap sesama manusia, yang bertabiat kasar, selain itu juga yang lebih buruk lagi adalah ia terkenal dengan kejahatannya. Di antara tokoh yang dimaksud pada ayat ini adalah al-walid bin al-Mugirah atau abu jahl bin hisyam


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari para ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Qalam ayat 11 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikunjungi

Baca banyak materi yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 110, Al-Jumu’ah 10, Al-Baqarah 168, Al-Insyirah 6, An-Nur 26, Al-Ahzab 56. Termasuk Al-Baqarah 152, Al-Anfal, Thaha, An-Nisa 29, An-Nisa 146, Al-Jatsiyah.

  1. Ali ‘Imran 110
  2. Al-Jumu’ah 10
  3. Al-Baqarah 168
  4. Al-Insyirah 6
  5. An-Nur 26
  6. Al-Ahzab 56
  7. Al-Baqarah 152
  8. Al-Anfal
  9. Thaha
  10. An-Nisa 29
  11. An-Nisa 146
  12. Al-Jatsiyah

Pencarian: al fatihah latin arab arti, ahanan artinya, quran surat at takatsur, arti al zalzalah ayat 7, terjemah doa sholat dhuha

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: