Surat Al-Mulk Ayat 30

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِنْ أَصْبَحَ مَآؤُكُمْ غَوْرًا فَمَن يَأْتِيكُم بِمَآءٍ مَّعِينٍۭ

Arab-Latin: Qul ara`aitum in aṣbaḥa mā`ukum gauran fa may ya`tīkum bimā`im ma'īn

Artinya: Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?".

« Al-Mulk 29Al-Qalam 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat Al-Mulk Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan menarik dari ayat ini. Tersedia berbagai penjabaran dari banyak mufassir terkait isi surat Al-Mulk ayat 30, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

30. Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang musyrik, “Kabarkanlah kepadaku bila air yang kalian minum itu pergi ke dalam perut bumi, dan kalian tidak bisa menjangkaunya dengan cara apa pun; maka siapa selain Allah yang akan mendetangkan kepada kalian air yang mengalir di muka bumi dan terlihat oleh mata?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

30. Hai Nabi yang mulia, katakanlah kepada orang-orang musyrik: “Sampaikanlah kepadaku setelah kalian berfikir dan menghayati; jika kalian terhalang dari kenikmatan air karena air itu masuk ke dalam bumi, maka siapa yang dapat memberi kalian air tawar yang mengalir dan mudah didapatkan?”

Ayat ini berakhir tanpa menyebutkan jawaban dari pertanyaan ini, sebab tidak ada yang dapat melakukan selain Allah Yang Maha Kuasa untuk mendatangkan air, karena hanya Allah yang mengusai alam semesta, tidak ada selain-Nya yang dapat melakukan hal besar seperti itu.

Dan pada pertanyaan dan jawaban ini terdapat bukti akan keesaan dan keagungan Allah, dan kewajiban untuk menyembah-Nya Semata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrik, “Kabarkan kepadaku jika sumber air yang kalian minum menjadi kering di muka bumi, kalian tidak bisa mencapainya, lalu siapakah yang akan mendatangkan kepada kalian air yang banyak dan mengalir?” Tidak seorang pun selain Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِنْ أَصْبَحَ مَآؤُكُمْ غَوْرًا (Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering)
Yakni jelaskanlah kepadaku jika air yang Allah karuniakan kepada kalian di mata air, sumur, dan sungai-sungai menjadi lenyap ke dalam bumi sehingga tidak tersisa sama sekali atau surut sampai tidak dapat dijangkau oleh timba yang diulur.

فَمَن يَأْتِيكُم بِمَآءٍ مَّعِينٍۭ (siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?”)
Yakni siapa yang dapat mendatangkan air yang banyak dan mengalir terus menerus? Tidak ada yang dapat mendatangkannya untuk kalian kecuali Allah dengan guyuran hujan atau aliran sungai, sehingga kalian dapat menikmatinya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Shalih bin Ahmad bin Hanbal berkata: Ketika ayahku keluar, embernya sudah penuh, dia berkata: Alhamdulillah, aku berkata: Wahai ayah! apa faidah dalam hal ini? Dia berkata: Anakku, tidakkah kamu mendengar Allah ta'ala berfirman? { قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِنْ أَصْبَحَ مَآؤُكُمْ غَوْرًا فَمَن يَأْتِيكُم بِمَآءٍ مَّعِينٍۭ } "Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Katakanlah (Muhammad): “Terangkanlah kepadaku jika air galian kalian habis dalam kekeringan bumi, maka siapa yang akan mendatangkan untuk kalian air yang mengalir sangat deras? Dialah Allah, Tuhan Alam semesta”. “Ghauran” adalah mashdar dan maknanya adalah galian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,"Bagaimana pendapat kalian} Terangkanlah kepadaku {jika air kalian surut} hilang kke dalam tanah sehingga kalian tidak bisa mendapatkannya {maka siapa yang akan mendatangkan kepada kalian air yang mengalir} mengalir yang dapat dilihat mata.


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30. selanjutnya Allah memberitahukan bahwa hanya Dia sendiri yang memberi nikmat, khususnya air, yang dijadikan Allah sebagai cikal bakal semua kehidupan. Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Terangkanlah kepadaku jika sumber airmu menjadi kering’,” yakni, habis kerontang, “maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu” yang kalian minum dan untuk memberi minum binatang ternak, pepohonan dan tanaman? Pertanyaan ini bermakna menafikan. Maksudnya, tidak ada yang mampu mengalirkan air selain Allah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-30
Allah SWT berfirman: (Katakanlah) wahai Muhammad, kepada orang-orang yang menyekutukan Allah dan ingkar kepada nikmat-nikmatNya (Terangkanlah kepadaku jika Allah mematikan aku dan orang-orang yang bersama dengan aku atau memberi rahmat kepada kami, (maka kami akan masuk surga), tetapi siapakah yang dapat melindungi orang-orang yang kafir dari azab yang pedih?) yaitu, selamatkanlah diri kalian, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat menyelamatkan kalian dari azab Allah selain taubat dan kembali kepada agamaNya. Dan tidak ada manfaatnya lagi bagi kalian apa yang kalian angan-angankan bahwa azab dan pembalasan akan menimpa kami. Maka sama saja apakah Allah mengazab kami atau merahmati kami, maka tidak akan mengubah nasib kalian yang pasti akan tertimpa pembalasan dan azabNya yang pedih.
Kemudian Allah berfirman: (Katakanlah, "Dialah Allah Yang Maha Penyayang, kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nyalah kami bertawakal) yaitu kami beriman kepada Tuhan alam semesta, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, dan hanya kepadaNyalah kami bertawakal dalam semua urusan kami. Sebagaimana Allah berfirman: (maka sembahlah Dia dan bertawakallah kepada-Nya) (Surah Hud: 123) Oleh karena itu Allah berfirman (Kelak kamu akan mengetahui siapakah dia yang berada dalam kesesatan yang nyata) yaitu apakah kami atau kalian, dan bagi siapakah akibatnya baik di dunia dan di akhirat?
Kemudian Allah berfirman (Katakanlah, "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering”) yaitu masuk ke dalam lapisan terbawah bumi, sehingga tidak dapat dicapai dengan cangkul dan besi, tidak pula dengan alat-alat yang kuat. Kata “Al-gha’ir” adalah kebalikan dari “An-nabi'” (memancar) Oleh karena itu Allah berfirman: (maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?) yaitu, yang memancar dan mengalir di permukaan bumi. yaitu tidak ada yang dapat melakukannya selain Allah SWT. Maka salah satu dari karunia dan kemurahanNya, Allah memancarkan air bagi kalian dan menjadikannya mengalir di berbagai kawasan di bumi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh hamba-hambaNya, ada yang sedikit dan ada yang banyak


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 30: Katakanlah wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang musyrik : Apa pendapat kalian jika sumur-sumur dan sungai-sungai kalian kering dan tidak ada di dalamnya air untuk minum; Maka siapa selain Allah yang akan mendatangkan air yang mengalir di bawah tanah, yang mengairi dan menyirami dengannya kebun-kebun (kalian). (Disini) Allah mengkhususkan air karena tidak ada kehidupan tanpanya. Dan berkata orang-orang yang beriman : Sesungguhnya Allah lah yang mendatangkannya, jika Allah berkehendak.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang sendiri-Nya Dia memberikan nikmat, khususnya air yang dari sana diciptakan segala sesuatu yang hidup.

Yang kamu minum darinya, memberi minum ternakmu dan menyirami pohon dan tanaman kamu. Pertanyaan ini maksudnya adalah menafikan, yakni tidak ada seorang pun yang sanggup melakukan hal itu selain Allah Subhaanahu wa Ta'aala.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 30

Sebagai penutup surah ini, Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad agar mengingat aneka nikmat Allah, terutama nikmat air yang merupakan sumber utama kehidupan (lihat surah al-anbiy'/21:30). Katakanlah wahai nabi Muhammad, 'terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu dan sumber air lainnya menjadi kering. Maka siapa yang akan memberimu air yang mengalir''. Pasti tidak ada kecuali Allah, tuhan pemelihara seluruh alam. Maka sudah sewajarnya kalau manusia hanya menyembah kepada-Nya. 1-4. Akhir surah sebelumnya, berbicara tentang dua kelompok yang saling bertolak belakang. Satu dibinasakan dan satu diselamatkan. Di awal surah ini dijelaskan sifat siapa yang akan mendapat keselamatan dan siapa yang akan mendapat azab. N'n. Demi pena yang biasa digunakan untuk menulis oleh malaikat atau oleh siapa pun, dan juga demi apa yang mereka tuliskan. Dengan karunia tuhanmu yang berupa risalah dan nubuwah, engkau, wahai nabi Muhammad sekali-kali bukanlah orang gila sebagaimana yang dituduhkan oleh kaum musyrik. Dan sesungguhnya berkat perjuangan dan kesabaranmu engkau pasti mendapat pahala yang besar yang tidak putus-putusnya. Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur. Karena tuhanmu yang mendidikmu dengan akhlak Al-Qur'an.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjelasan dari banyak mufassirin mengenai isi dan arti surat Al-Mulk ayat 30 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Sering Dicari

Baca berbagai topik yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: An-Nisa 146, Al-Baqarah 152, Al-Jatsiyah, Al-Baqarah 168, Al-Jumu’ah 10, Ali ‘Imran 110. Ada juga Al-Insyirah 6, An-Nur 26, Thaha, An-Nisa 29, Al-Ahzab 56, Al-Anfal.

  1. An-Nisa 146
  2. Al-Baqarah 152
  3. Al-Jatsiyah
  4. Al-Baqarah 168
  5. Al-Jumu’ah 10
  6. Ali ‘Imran 110
  7. Al-Insyirah 6
  8. An-Nur 26
  9. Thaha
  10. An-Nisa 29
  11. Al-Ahzab 56
  12. Al-Anfal

Pencarian: annisa ayat 36 berisi perintah allah swt untuk, surat almaun ayat ke-4, surat al-muthaffifin, surat al maun dan terjemahan, khasiat surah az zariyat ayat 58

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: