Surat Al-Mulk Ayat 27

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَمَّا رَأَوْهُ زُلْفَةً سِيٓـَٔتْ وُجُوهُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَقِيلَ هَٰذَا ٱلَّذِى كُنتُم بِهِۦ تَدَّعُونَ

Arab-Latin: Fa lammā ra`auhu zulfatan sī`at wujụhullażīna kafarụ wa qīla hāżallażī kuntum bihī tadda'ụn

Artinya: Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat, muka orang-orang kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan (kepada mereka) inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya.

« Al-Mulk 26Al-Mulk 28 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Berkaitan Dengan Surat Al-Mulk Ayat 27

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 27 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan menarik dari ayat ini. Ada pelbagai penjabaran dari beragam ulama tafsir mengenai makna surat Al-Mulk ayat 27, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

27. Maka ketika orang-orang kafir melihat azab Allah sudah dekat kepada mereka dan menyaksikannya secara langsung, tampaklah kehinaan dan kemurungan pada wajah mereka. Kepada mereka dikatakan sebagai celaan, “Inilah yang kalian minta agar disegerakan di dunia.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

27. Pada hari pembalasan yang pasti akan datang itu -dan segala yang akan datang itu dekat kedatangannya- wajah orang-orang kafir akan menghitam dan tampak kehinaan padanya. Para malaikat akan berkata kepada mereka: “Ini adalah hari yang kalian ingkari, dan kalian inginkan agar segera terjadi sebagai bentuk hinaan dan kedustaan kalian terhadapnya. Dan sekarang ini telah terjadi”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

27. Ketika janji itu datang dan mereka melihat siksa sangat dekat pada hari Kiamat, maka wajah-wajah orang yang kafir kepada Allah berubah dan menjadi hitam, dan dikatakan kepada mereka, “Inilah yang pernah kalian tantang di dunia dan minta disegerakan.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. فَلَمَّا رَأَوْهُ زُلْفَةً (Ketika mereka melihat azab (pada hari kiamat) sudah dekat)
Yakni ketika mereka melihat azat itu telah dekat.

سِيٓـَٔتْ وُجُوهُ الَّذِينَ كَفَرُوا۟( muka orang-orang kafir itu menjadi muram)
Yakni wajah mereka muram dan diliputi kegundahan dan kehinaan.

وَقِيلَ هٰذَا الَّذِى كُنتُم بِهِۦ تَدَّعُونَ(Dan dikatakan (kepada mereka) inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya)
Yakni yang dulu kalian minta di dunia untuk disegerakan, sebagai cara kalian untuk memperolok-olok.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Tatkala mereka mengetahui bahwa azab yang dijanjikan telah mendekat, wajah-wajah mereka tertutup oleh sesuatu yang membuatnya menjadi buruk, kemudian wajah mereka menghitam dan bersedih. Dengan nada mencemooh, malaikat penjaga (neraka) berkata kepada mereka: “Inilah azab yang kalian cari (dari Muhammad) dengan cara mengolok-olok dan mengingkari(nya)”. (Azab itu) digambarkan melalui fiil madhi (Raa’a) daripada fiil mustaqbal untuk menunjukkan bahwa azab itu benar-benar terjadi. Zulfah adalah mashdar dan maknanya adalah dekat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ketika mereka melihat azab itu sudah dekat} mereka melihat azab itu sangat dekat dengan mereka {wajah orang-orang kafir itu menjadi muram} memghitam {Dikatakan,“Ini adalah yang dahulu selalu kalian minta} kalian minta untuk dipercepat ketika di dunia


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. Maksudnya, kedustaan orang-orang kafir dan tipuan mereka berlaku di dunia, dan ketika Hari Pembalasan tiba, tatkala mereka melihat azab “sudah dekat,” siksaan itu membuat muka orang-orang kafir itu menjadi muram, membuat mereka takut dan menggelisahkan mereka. Karena itu wajah mereka berubah dan mereka pun dihina serta dicela atas kedustaan mereka. Dan dikatakan kepada mereka “Inilah (azab) yang dahulunya kamu selalu meminta-mintanya.” Pada hari ini kalian melihat sendiri azab ini dengan mata kepala kalian. Siksaan telah terlihat jelas bagi kalian. Semua sebab telah terputus dari kalian dan yang tersisa dari kalian hanyalah merasakan azab.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 27: Maka ketika orang-orang kafir melihat janji yang mereka minta dari-Nya, yaitu adzab Allah yang dekat untuk mereka; Nampaklah kehinaan dan ketakutan atas wajah-wajah mereka. Kemudian dikatakan kepada mereka dengan nada penghinaan dan celaan : Inilah janji dimana kalian (ketika di dunia) mengingkarinya dan mengacuhkannya, dan kalian terlalu Teresa-gesa di dunia sebab keras kepalanya kalian dan sombong serta menantang, bahkan kalian mengolok-olok dengan apa yang diperingatkan atas kalian.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni mereka menjadi sedih, takut, guncang hatinya sehingga muka mereka pun berubah menjadi muram.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 27

Keadaan kaum musyrik yang mengolok kedatangan kiamat dan mendurhakai Allah digambarkan dalam ayat ini. Maka ketika mereka melihat azab yang mereka dustakan itu sudah dekat kehadirannya yaitu pada hari kiamat, wajah orang-orang kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan kepada mereka, 'inilah azab yang dahulunya selalu kamu minta untuk disegerakan. ' 28. Kaum musyrik karena kebenciannya kepada nabi Muhammad sering mengharapkan agar nabi Muhammad cepat mati. Katakanlah wahai nabi Muhammad, 'tahukah kamu jika Allah mematikan aku dan orang-orang yang bersamaku yaitu yang sama dalam keimanan sebagaimana yang kamu harapkan maka kami akan masuk surga, atau memberi rahmat kepada kami dengan memanjangkan usia kami sehingga menganugerahkan kemenangan kepada kami. Sedangkan kamu, wahai kaum musyrik, akan mendapat siksa, lalu siapa yang dapat melindungi kamu dan orang-orang kafir selain kamu dari azab yang pedih''.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari para pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Mulk ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikaji

Terdapat banyak topik yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Thaha, Al-Anfal, Al-Baqarah 152, Al-Baqarah 168, An-Nisa 146, An-Nisa 29. Juga Al-Ahzab 56, Al-Jumu’ah 10, Al-Jatsiyah, Al-Insyirah 6, Ali ‘Imran 110, An-Nur 26.

  1. Thaha
  2. Al-Anfal
  3. Al-Baqarah 152
  4. Al-Baqarah 168
  5. An-Nisa 146
  6. An-Nisa 29
  7. Al-Ahzab 56
  8. Al-Jumu’ah 10
  9. Al-Jatsiyah
  10. Al-Insyirah 6
  11. Ali ‘Imran 110
  12. An-Nur 26

Pencarian: al imran 3 191, al alaq dan terjemahannya, surat albaqarah ayat 148, asyura ayat 30, lafadz doa sesudah adzan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: