Surat Al-Mulk Ayat 25

وَيَقُولُونَ مَتَىٰ هَٰذَا ٱلْوَعْدُ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Arab-Latin: Wa yaqụlụna matā hāżal-wa'du ing kuntum ṣādiqīn

Terjemah Arti: Dan mereka berkata: "Kapankah datangnya ancaman itu jika kamu adalah orang-orang yang benar?"

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 25

Didapatkan beberapa penjabaran dari kalangan pakar tafsir terhadap kandungan surat Al-Mulk ayat 25, di antaranya sebagaimana di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-26. orang-orang kafir berkata, “Kapan janji kebangkitan ini terlaksana, wahai Muhammad? Katakanlah waktunya kepada kami, wahai orang-orang beriman, bila kalian adalah orang-orang yang benar dalam apa yang kalian klaim.”
Katakanlah kepada mereka (wahai Rasul) “Sesungguhnya ilmu tentang kapan waktu Hari Kiamat merupakan kekhususan Allah, karena aku hanyalah pemberi peringatan kepada kalian yang memperingatkan akibat dari kekafiran kalian dan menjelaskan kepada kalian apa yang Allah perintahkan kepadaku agar menjelaskannya sejelas-jelasnya.”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

25. Orang-orang yang mendustakan kebangkitan berkata untuk menunjukkan kemustahilan terjadinya kebangkitan, “Kapan ancaman yang kamu -wahai Muhammad- dan para shahabatmu ancamkan kepada kami jika kalian adalah orang-orang yang benar dalam pengakuan kalian bahwa itu akan datang?”


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

25. Orang-orang kafir bertanya kepada Rasulullah dan orang-orang beriman tentang hari kebangkitan dan pembalasan: “Jika perkataan kalian tentang adanya hari itu adalah benar maka beritahukan kepada kami kapan itu akan terjadi?”


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Orang-orang musyrik berkata dengan mengolok-olok dan mengejek: “Kapankah hari pengumpulan itu atau hari diturunkannya azab yang selalu kalian peringatkan kepada kami? Jika kalian adalah orang-orang yang benar dalam perkataan kalian, maka kabarkanlah kepada kami tentang hal itu wahai kaum mukmin?!”


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25. “Dan mereka berkata,” seraya mendustakan, “Kapankah datangnya ancaman itu jika kamu adalah orang-orang yang benar.” Mereka menganggap bahwa tanda-tanda benarnya mereka adalah bahwa beliau mengabarkan waktu terjadinya ancaman tersebut dan ini merupakan kezhaliman dan pembangkangan.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 25: 25-26. Allah mengabarkan bahwa orang-orang kafir mengatakan dengan nada mengejek dan mengingkari : Kapan balasan ini dan ancaman dengan kebangkitan ini bena-benar terjadi ? Coba engkau kabarkan (ancaman-ancaman) itu kepada kami jika engkau adalah orang yang jujur. Katakan wahai Rasulullah kepada mereka : Sesungguhnya pengetahuan akan waktu tegaknya hari kiamat telah ditentukan oleh Allah saja, dan tidaklah Allah membebani (manusia) dalam penjelasannya, yang terpenting adalah aku telah memberi peringatan, mengancam dan menjelaskan atas apa yang akan kalian lihat nanti dari adzab Allah jika dari kalian masih tetap dalam kekufuran.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mengingkari hari Kiamat.

Mereka menjadikan tanda benarnya Kiamat itu dengan diberitahukan kapan waktu kedatangannya. Ini merupakan kezaliman dan sikap keras kepala, karena ilmu tentang hari Kiamat itu di sisi Allah, bukan di sisi makhluk-Nya, dan tidak ada kaitannya antara benarnya akan terjadi Kiamat dengan diberitakan kapan waktunya, karena kebenaran itu diketahui dengan dalil-dalilnya, dan Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menegakkan dalil-dalil dan bukti yang menunjukkan kebenarannya sehingga tidak tersisa lagi keraguan bagi orang yang mau mendengar dan menyaksikan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 25

Penegasan Allah bahwa semua manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan seperti ditegaskan pada ayat di atas, direspons oleh kaum musyrik, seperti yang terekam dalam ayat ini. Dan kaum musyrik itu berkata sambil berolok-olok, 'kapan datangnya janji ancaman tentang hari kebangkitan itu jika kamu, wahai nabi Muhammad, adalah orang yang benar'' tentu kamu mengetahui dan dapat memberitahukan kepada kami. "26. Menanggapi ucapan kaum musyrik tersebut nabi Muhammad diperintahkan Allah seperti yang ditegaskan pada ayat ini: katakanlah wahai nabi Muhammad, 'sesungguhnya ilmu tentang hari kiamat itu hanya ada pada Allah. Dan aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan. '.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian aneka ragam penjabaran dari beragam mufassirin berkaitan isi surat Al-Mulk ayat 25, moga-moga membawa faidah bagi kita. Support kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Mulk Ayat 26 Arab-Latin, Al-Mulk Ayat 27 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mulk Ayat 28, Terjemahan Tafsir Al-Mulk Ayat 29, Isi Kandungan Al-Mulk Ayat 30, Makna Al-Qalam Ayat 1

Kategori: Surat Al-Mulk

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi