Surat Al-Mulk Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَٱعْتَرَفُوا۟ بِذَنۢبِهِمْ فَسُحْقًا لِّأَصْحَٰبِ ٱلسَّعِيرِ

Arab-Latin: Fa'tarafụ biżambihim, fa suḥqal li`aṣ-ḥābis-sa'īr

Artinya: Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.

« Al-Mulk 10Al-Mulk 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Mengenai Surat Al-Mulk Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mulk Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah menarik dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjabaran dari banyak mufassirin berkaitan kandungan surat Al-Mulk ayat 11, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11. Mereka mengakui pendustaan dan kekafiran mereka yang karenanya mereka berhak atas azab di neraka, sungguh jauh bagi penghuni neraka dari rahmat Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

11. Namun penyesalan para penghuni neraka ini tidak berguna lagi karena mereka melakukannya pada waktu yang tidak tepat. Mereka berhak mendapat kebinasaan dan azab berat yang sedang mereka rasakan itu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Mereka mengakui dengan sendirinya akan kekafiran dan pendustaan, maka mereka pantas untuk mendapatkan Neraka, lalu kebinasaanlah bagi penghuni Neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. فَاعْتَرَفُوا۟ بِذَنۢبِهِمْ (Mereka mengakui dosa mereka)
Yakni yang menjadikan mereka layak mendapatkan azab neraka, yaitu dosa kekafiran dan pendustaan para Nabi.

فَسُحْقًا لِّأَصْحٰبِ السَّعِيرِ (Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala)
Yakni mereka amatlah jauh dari Allah dan rahmat-Nya.
Allah mengazab mereka setelah mengakui dosa mereka, sebab dengan begitu telah habis hujjah mereka dan tidak tersisa lagi alasan bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Kemudian dibacakanlah dosa-dosa mereka sehingga pengakuan mereka tidak berguna. Maka para penduduk neraka itu jauh dari rahmat Allah SWT


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka mengakui dosa mereka. Maka jauhlah} jauh {bagi para penghuni neraka Sa‘ir itu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. Allah berfirman tentang mereka yang masuk neraka dan mengakui kezhaliman serta pembangkangan mereka, “Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala,” maksudnya, amat jauh, rugi dan sengasaralah mereka. Alangkah sengsara dan hinanya mereka karena tidak mendapatkan pahala dari Allah. Mereka selamanya berada didalam siksaan neraka yang menyala-nyala yang membakar jasad mereka hingga sampai ke hati.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 6-11
Allah SWT berfirman: (Dan) Kami sediakan bagi (bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, memperoleh azab neraka Jahanam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali) yaitu seburuk-buruk tempat kembali (Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya, mereka mendengar suara neraka yang mengerikan) Ibnu Jarir berkata bahwa makna yang dimaksud adalah jeritan.
(sedangkan neraka itu menggelegak) Ats-Tsauri berkata bahwa neraka itu mendidih membakar mereka, sebagaimana sedikit biji-bijian dalam air yang banyak.
Firman Allah: (hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah) yaitu hampir-hampir neraka itu sebagian darinya terpisah dengan sebagian lainnya karena kemarahan dan dendamnya yang dahsyat terhadap mereka (Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir) penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka, "Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?" (8) Mereka menjawab, "Benar ada," sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, tetapi kami mendustakan(nya) dan kami katakan, "Allah tidak menurunkan sesuatu pun; kamu tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang besar” (9)) Allah SWT menyebutkan tentang keadilan yang Dia tetapkan terhadap makhlukNya, bahwa Dia tidak mengazab seseorang melainkan setelah menegakkan alasan terhadapnya dan mengutus seorang rasul kepadanya, sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan Kami tidak mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul) (Surah Al-Isra: 15) Demikian pula mereka menyalahkan diri mereka sendiri dan menyesali perbuatannya, di saat tidak ada gunanya lagi penyesalan bagi mereka. Mereka berkata: (Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu), niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala) yaitu sekiranya dahulu kami menggunakan akal kami dengan sebenarnya atau mendengarkan kebenaran yang diturunkan Allah, niscaya kami tidak akan terjerumus ke dalam kekafiran kepada Allah dan tidak teperdaya oleh kekafiran. Akan tetapi, kami tidak menggunakan pemahaman untuk menyadari apa yang disampaikan para rasul, dan tidak pula kami menggunakan akal yang memberi petunjuk kepada kami untuk mengikuti para rasul. Maka Allah SWT berfirman: (Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala (11))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mulk ayat 11: Allah menjelaskan bahwa mereka mengakui atas dosa-dosa besar yang mereka lakukan, yaitu mereka menyekutukan Allah dan kufur kepada Allah serta mendustakan para Nabi mereka, Maka sungguh sangat jauh, dan kaliab terhalau dari rahmat Allah wahai penguhuni nereka yang menyala-nyala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu mendustakan para pemberi peringatan.

Sungguh sengsara dan binasa mereka karena tidak memperoleh pahala Allah, menetap terus di neraka yang membakar badan mereka dan menembus sampai ke hati.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mulk Ayat 11

10-11. Dan mereka orang-orang yang tersiksa di neraka itu berkata, 'sekiranya dahulu kami mendengarkan dengan sungguh-sungguh atau memikirkan dengan serius peringatan itu tentulah kami tidak termasuk penghuni neraka yang menyala-Nyala yang azabnya sungguh tidak terbayang oleh kami. ' maka dengan ucapan itu mereka mengakui dosanya. Namun itu pengakuan yang tidak berguna. Tetapi kebinasaanlah yaitu jauhlah dari rahmat Allah bagi penghuni neraka yang menyala-Nyala itu. 12. Bagi orang yang mengingkari kekuasaan Allah, ancamannya dije-laskan pada ayat sebelumnya. Pada ayat ini diterangkan siapa yang akan meraih pahala yang besar, sesungguhnya orang-orang yang takut kepada tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, atau mereka takut kepada-Nya walau mereka itu sendirian tidak terlihat oleh siapa pun, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjabaran dari banyak ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Mulk ayat 11 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk ummat. Bantu dakwah kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dikaji

Nikmati banyak konten yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: An-Nisa 146, Al-Ahzab 56, Al-Insyirah 6, Ali ‘Imran 110, An-Nur 26, An-Nisa 29. Ada juga Al-Jatsiyah, Al-Baqarah 152, Al-Baqarah 168, Thaha, Al-Jumu’ah 10, Al-Anfal.

  1. An-Nisa 146
  2. Al-Ahzab 56
  3. Al-Insyirah 6
  4. Ali ‘Imran 110
  5. An-Nur 26
  6. An-Nisa 29
  7. Al-Jatsiyah
  8. Al-Baqarah 152
  9. Al-Baqarah 168
  10. Thaha
  11. Al-Jumu’ah 10
  12. Al-Anfal

Pencarian: penulisan innalillahi wa inna ilaihi raji'un, surah ar radu, doa setelah adzan lengkap, jelaskan isi kandungan surat ali imran ayat 134, isi alquran dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: