Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Talaq Ayat 8

وَكَأَيِّنْ مِنْ قَرْيَةٍ عَتَتْ عَنْ أَمْرِ رَبِّهَا وَرُسُلِهِ فَحَاسَبْنَاهَا حِسَابًا شَدِيدًا وَعَذَّبْنَاهَا عَذَابًا نُكْرًا

Arab-Latin: Wa ka`ayyim ming qaryatin 'atat 'an amri rabbihā wa rusulihī fa ḥāsabnāhā ḥisāban syadīdaw wa 'ażżabnāhā 'ażāban nukrā

Terjemah Arti: Dan berapalah banyaknya (penduduk) negeri yang mendurhakai perintah Tuhan mereka dan Rasul-rasul-Nya, maka Kami hisab penduduk negeri itu dengan hisab yang keras, dan Kami azab mereka dengan azab yang mengerikan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

8-9. Banyak negeri yang penduduknya durhaka kepada perintah Allah dan perintah Rasulullah, serta mereka bersikukuh dalam pelanggaran dan kekafiran mereka, maka Kami menghisab mereka atas amal-amal mereka di dunia dengan hisab yang berat, Kami mengazab mereka dengan azab yang besar lagi buruk.
9Maka mereka menelan akibat buruk dari pelanggaran dan kekafiran mereka. Akibat yang didapat oleh orang-orang kafir itu adalah kebinasaan dan kerugian yang tidak ada kerugian sesudahnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Kebanyakan para penduduk negeri itu bermaiksiat terhadap perintah Tuhan mereka dan utusan-utusanNya. Kemudian Allah menghisab penduduk negri itu dengan hisab yang amat berat di dunia dengan mencabut nyawa mereka (dengan kasar), dan di akhirat dengan mengazab mereka. Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang tidak biasa dan sangat pedih yaitu siksa neraka.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan banyaknya penduduk suatu negeri yang melampaui batas dan tidak menjalankan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya ﷺ; Allah mengancam atas penduduk negeri tersebut ketika nanti di yaumul hisab karena sebab apa yang mereka amalkan, dan Allah akan mengadzab penduduknya dengan adzab yang besar di dunia.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang pembinasaan-Nya terhadap umat-umat yang melampaui batas dan mendustakan para rasul, bahwa jumlah mereka yang banyak dan kekuatan mereka itu tidak bermanfaat sedikit pun bagi mereka ketika mereka dihisab dengan hisab yang ketat dan ketika mereka mendapat siksa yang pedih.

Yang dimaksud dengan hisab dan azab di sini adalah hisab dan azab di akhirat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan betapa banyak penduduk dari suatu negeri yang mendurhakai perintah tuhan mereka dan rasul-rasul-Nya, seperti penduduk al-hijr, madyan, sodom, dan gomorah; maka kami buat perhitungan terhadap penduduk negeri itu dengan perhitungan yang ketat, yaitu dengan mengazab mereka di dunia sebanding dengan pembangkangannya; dan kami pun mengazab mereka dengan azab yang mengerikan di akhirat. 9. Sehingga mereka, orang-orang yang mencemoohkan misi para rusul itu, merasakan akibat buruk dari perbuatannya, baik azab di dunia lebih-lebih azab di akhirat, dan akibat perbuatan mereka itu akan disadari oleh mereka di akhirat merupakan kerugian yang besar bagi diri mereka sendiri.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Talaq Ayat 9 Arab-Latin, Surat At-Talaq Ayat 10 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Talaq Ayat 11, Terjemahan Tafsir Surat At-Talaq Ayat 12, Isi Kandungan Surat At-Tahrim Ayat 1, Makna Surat At-Tahrim Ayat 2

Category: Surat At-Talaq

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!