Surat At-Taghabun Ayat 8

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَـَٔامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلنُّورِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلْنَا ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Arab-Latin: Fa āminụ billāhi wa rasụlihī wan-nụrillażī anzalnā, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

Artinya: Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Al-Quran) yang telah Kami turunkan. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

« At-Taghabun 7At-Taghabun 9 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat At-Taghabun Ayat 8

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taghabun Ayat 8 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari berbagai ahli tafsir terkait makna surat At-Taghabun ayat 8, di antaranya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Karena itu, berimanlah kepada Allah dan RasulNya (wahai orang-orang musyrik) dan ambillah petunjuk dari al-Quran yang Allah turunkan kepada RasulNya. Allah Mahateliti terhadap apa yang kalian lakukan, tidak sedikit pun amal kalian yang samar bagi Allah, dan Dia akan membalas kalian atasnya pada Hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

8. Hai orang-orang musyrik, maka berimanlah kepada Allah dan rasul-Nya, serta kepada al-Qur’an yang Kami turunkan kepada Rasul kalian. Allah Maha Mengetahui segala kebaikan atau keburukan yang kalian perbuat, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

8. Maka berimanlah -wahai manusia- kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya serta berimanlah kepada Al-Qur`ān yang Kami turunkan kepada Rasul Kami. Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan, tidak ada sesuatu pun dari perbuatan kalian yang luput dari-Nya, dan Dia akan membalas kalian atas perbuatan tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. وَالنُّورِ الَّذِىٓ أَنزَلْنَا ۚ (dan kepada cahaya (Al-Quran) yang telah Kami turunkan)
Yakni al-Qur’an, sebab ia menjadi cahaya yang memberi petunjuk dalam gelapnya kesesatan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

8. Berimanlah kepada Allah, Rasulullah Muhammad SAW dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya. Itulah cahaya yang menjadi petunjuk dalam kegelapan. Allah adalah Dzat yang Maha Mengabarkan perbuatan-perbuatan kalian dan tidak ada satupun yang tersembunyi dariNya. Dialah Dzat yang Maha membalas perbuatan kalian


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Berimanlah kamu kepada Allah, RasulNya, dan cahaya} Al-Qur’an {yang telah Kami turunkan. Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kalian kerjakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8. Setelah Allah menyebutkan keingkaran orang yang memungkiri Hari Kebangkitan dan hal itu mewajibkan mereka kufur terhadap Allah dan tanda-tanda kebesaranNya, selanjutnya Allah memerintahkan apa yang bisa membentengi diri dari kesengsaraan dan kebinasaan yaitu beriman kepada Allah, RasulNya, dan kitabNya yang disebut Allah sebagai cahaya, karena cahaya adalah kebalikan dari kegelapan. Hukum, syariat, dan kabar yang terdapat di dalam kitab yang diturunkan Allah adalah cahaya yang bisa dijadikan petunjuk dalam kelamnya kebodohan yang amat amat gelap gulita, bisa dijadikan petunjuk dalam kegelapan malam. Petunjuk selain kitab Allah banyak dampak bahayanya daripada manfaatnya. Keburukannya lebih banyak daripada kebaikannya. Bahkan tidak ada kebaikan dan manfaat pada petunjuk selain kitab Allah kecuali yang sesuai dengan yang dibawa Rasul. Keimanan terhadap Allah, Rasul dan kitabNya mengharuskan keteguhan sempurna dan keyakinan yang benar dan diamalkan sesuai dengan tuntutan pembenaran tersebut dengan melakukan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan. “Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” di mana Allah akan membalas amal baik dan amal buruk kalian.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Taghabun ayat 8: Dan jika kalian tahu wahai orang-orang musyrik atas hujjah dan bukti ini, dan kalian dapat mengingat siapa saja yang menghalalkan atas orang-orang kafir sebelum kalian yang telah diadzab; Dan kalian membenarkan Allah dan Rasul-Nya ﷺ, kemudian beriman dengan Al Qur’an yang Allah turunkan atas Nabi-Nya Muhammad ﷺ, dan menjadikan cahaya yang mengeluarkan kalian dari kegelapan kekafiran dan kesesatan menuju cahaya islam dan iman; Maka ketahuilah bahwa tidaklah tersembunyi sesuatu apapun dari perkataan dan perbuatan kalian, dan kalian akan dibalas atas amalan-amalan kalian.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan pengingkaran orang-orang yang mengingkari kebangkitan dan bahwa hal itu sama saja mereka kafir kepada Allah dan ayat-ayat-Nya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk melakukan sesuatu yang dapat menjaga seseorang dari kebinasaan dan kesengsaraan, yaitu beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kitab-Nya.

Beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kitab-Nya menghendaki keyakinan yang pasti serta beramal terhadap konsekwensi dari pembenaran itu berupa mengerjakan perintah dan menjauhi larangan.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala menamai kitab-Nya dengan “cahaya” karena keadaannya yang menyinari gelapnya kebodohan dan kesesatan, dan dengannya seseorang dapat berjalan di tengah kegelapan-kegelapan itu.

Lalu Dia akan membalas amalmu yang baik dan yang buruk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taghabun Ayat 8

Ayat ini mengajak orang-orang kafir untuk beriman dan mengajak orang-orang beriman yang ragu untuk benar-benar beriman. Maka berimanlah kamu, wahai seluruh manusia kepada Allah dan rasul-Nya dengan mantap dan berimanlah kepada cahaya Allah, yaitu Al-Qur'an yang telah kami turunkan kepada nabi Muhammad. Dan Allah mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang tidak diketahui-Nya. 9. Ayat ini mengingatkan manusia tentang kepastian adanya hari akhirat. Ingatlah wahai manusia, pada hari ketika Allah mengumpulkan kamu, seluruh manusia pada hari berhimpun, yaitu pada hari akhir; itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan yang selama hidup di dunia disembunyikan. Dan barang siapa beriman kepada Allah dengan iman yang mantap dan mengerjakan kebajikan, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai makna dan arti surat At-Taghabun ayat 8 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi ummat. Dukung kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Sering Dilihat

Baca berbagai konten yang sering dilihat, seperti surat/ayat: An-Nisa 29, Al-Insyirah 6, Al-Jatsiyah, Ali ‘Imran 110, An-Nur 26, Thaha. Juga Al-Baqarah 152, Al-Baqarah 168, Al-Jumu’ah 10, Al-Anfal, Al-Ahzab 56, An-Nisa 146.

  1. An-Nisa 29
  2. Al-Insyirah 6
  3. Al-Jatsiyah
  4. Ali ‘Imran 110
  5. An-Nur 26
  6. Thaha
  7. Al-Baqarah 152
  8. Al-Baqarah 168
  9. Al-Jumu’ah 10
  10. Al-Anfal
  11. Al-Ahzab 56
  12. An-Nisa 146

Pencarian: arti nikmat mana lagi yang kau dustakan, qs. an-nisa ayat 36 berisi perintah allah swt untuk ., surat al qasas ayat 77 menjelaskan tentang, teks surat al bayyinah, al qursi

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: