Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Taghabun Ayat 8

فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالنُّورِ الَّذِي أَنْزَلْنَا ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Arab-Latin: Fa āminụ billāhi wa rasụlihī wan-nụrillażī anzalnā, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

Terjemah Arti: Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Al-Quran) yang telah Kami turunkan. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

8. Karena itu, berimanlah kepada Allah dan RasulNya (wahai orang-orang musyrik) dan ambillah petunjuk dari al-Quran yang Allah turunkan kepada RasulNya. Allah Mahateliti terhadap apa yang kalian lakukan, tidak sedikit pun amal kalian yang samar bagi Allah, dan Dia akan membalas kalian atasnya pada Hari Kiamat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Berimanlah kepada Allah, Rasulullah Muhammad SAW dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya. Itulah cahaya yang menjadi petunjuk dalam kegelapan. Allah adalah Dzat yang Maha Mengabarkan perbuatan-perbuatan kalian dan tidak ada satupun yang tersembunyi dariNya. Dialah Dzat yang Maha membalas perbuatan kalian

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dan jika kalian tahu wahai orang-orang musyrik atas hujjah dan bukti ini, dan kalian dapat mengingat siapa saja yang menghalalkan atas orang-orang kafir sebelum kalian yang telah diadzab; Dan kalian membenarkan Allah dan Rasul-Nya ﷺ, kemudian beriman dengan Al Qur’an yang Allah turunkan atas Nabi-Nya Muhammad ﷺ, dan menjadikan cahaya yang mengeluarkan kalian dari kegelapan kekafiran dan kesesatan menuju cahaya islam dan iman; Maka ketahuilah bahwa tidaklah tersembunyi sesuatu apapun dari perkataan dan perbuatan kalian, dan kalian akan dibalas atas amalan-amalan kalian.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan pengingkaran orang-orang yang mengingkari kebangkitan dan bahwa hal itu sama saja mereka kafir kepada Allah dan ayat-ayat-Nya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk melakukan sesuatu yang dapat menjaga seseorang dari kebinasaan dan kesengsaraan, yaitu beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kitab-Nya.

Beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kitab-Nya menghendaki keyakinan yang pasti serta beramal terhadap konsekwensi dari pembenaran itu berupa mengerjakan perintah dan menjauhi larangan.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala menamai kitab-Nya dengan “cahaya” karena keadaannya yang menyinari gelapnya kebodohan dan kesesatan, dan dengannya seseorang dapat berjalan di tengah kegelapan-kegelapan itu.

Lalu Dia akan membalas amalmu yang baik dan yang buruk.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Ayat ini mengajak orang-orang kafir untuk beriman dan mengajak orang-orang beriman yang ragu untuk benar-benar beriman. Maka berimanlah kamu, wahai seluruh manusia kepada Allah dan rasul-Nya dengan mantap dan berimanlah kepada cahaya Allah, yaitu Al-Qur'an yang telah kami turunkan kepada nabi Muhammad. Dan Allah mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang tidak diketahui-Nya. 9. Ayat ini mengingatkan manusia tentang kepastian adanya hari akhirat. Ingatlah wahai manusia, pada hari ketika Allah mengumpulkan kamu, seluruh manusia pada hari berhimpun, yaitu pada hari akhir; itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan yang selama hidup di dunia disembunyikan. Dan barang siapa beriman kepada Allah dengan iman yang mantap dan mengerjakan kebajikan, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Taghabun Ayat 9 Arab-Latin, Surat At-Taghabun Ayat 10 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Taghabun Ayat 11, Terjemahan Tafsir Surat At-Taghabun Ayat 12, Isi Kandungan Surat At-Taghabun Ayat 13, Makna Surat At-Taghabun Ayat 14

Category: Surat At-Taghabun

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surah Attaghabun Ayat 8