Surat At-Taghabun Ayat 1

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۖ لَهُ ٱلْمُلْكُ وَلَهُ ٱلْحَمْدُ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Arab-Latin: Yusabbiḥu lillāhi mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, lahul-mulku wa lahul-ḥamdu wa huwa 'alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

« Al-Munafiqun 11At-Taghabun 2 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Terkait Surat At-Taghabun Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taghabun Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran penting dari ayat ini. Ada variasi penafsiran dari banyak ulama tafsir mengenai isi surat At-Taghabun ayat 1, sebagiannya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1. Semua yang ada di langit dan di bumi menyucikan Allah dari apa yang tidak pantas bagiNya. Hanya milik Allah semata kewenangan bertindak dalam segala urusan, bagiNya sanjungan yang baik, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1. Seluruh makhluk yang ada di tujuh langit dan bumi mengucapkan tasbih kepada Allah, menyucikan-Nya dari segala yang tidak layak bagi-Nya, dan mengagungkan-Nya. milik-Nya seluruh kerajaan, dan Dia berkuasa atas segalanya. Bagi-Nya pujian dan syukur yang sempurna setiap saat. Dia Maha Kuasa atas segalanya, tidak ada yang sulit bagi-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Semua makhluk yang ada di langit dan di bumi menyucikan Allah dan membersihkan-Nya dari segala sifat kekurangan yang tidak pantas bagi-Nya. Hanya milik-Nya kerajaan, dan tidak ada raja selain-Nya, bagi-Nya pujian yang baik dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang mampu melemahkan-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1. Seluruh makhluk di langit dan bumi mensucikan Allah SWT dari setiap kekurangan dan mengagungkanNya dengan cara yang tidak kita ketahui. BagiNya kerajaan dan kekuasaan yang mutlak, bagiNya pula rasa syukur yang besar atas nikmatNya yang sangat banyak. Dialah Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu dengan mengadakan atau menghilangkannya dan tidak ada satupun yang mampu melemahkanNya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apa yang ada di langit dan yang ada di bumi senantiasa bertasbih kepada Allah. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, dan Dia Maha kuasa atas segala sesuatu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. Ayat-ayat mulia ini mencakup jumlah besar sifat-sifat agung Allah Yang Maha Pencipta. Allah menyebutkan kesempurnaan ketuhananNya, luasnya kekayaanNya, semua makhluk memerlukanNya, semua makhluk yang ada di langit dan di bumi bertasbih memuji Rabbnya, seluruh kerajaan hanya milik Allah, tidak ada satu makhluk pun yang terlepas dari kekuasaanNya, segala puji hanya milik Allah semata. Pujian atas sifat-sifat kesempurnaan yang Dia miliki. Pujian atas segala sesuatu yang Dia ciptakan. Pujian atas hukum-hukum yang disyariatkan dan nikmat-nikmat yang dikaruniakan. kekuasaanNya menyeluruh, yang tidak satu makhluk pun terlepas darinya. Tidak ada sesuatu pun yang menghalangi kehendakNya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-4
Surah ini merupakan akhir surah Musabbihat. Telah disebutkan bahwa semua makhluk bertasbih kepada Pencipta dan Dzat yang Merajai mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (hanya Allah-lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua puji-pujian) yaitu hanya Dialah Dzat yang mengatur semua makhluk dan terpuji dalam semua yang Dia ciptakan dan tetapkan.
Firman Allah: (dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) yaitu apa pun yang Dia kehendaki pasti ada, tanpa ada yang menolak atau menghalangiNya, dan apa saja yang tidak Dia kehendaki pasti tidak terjadi.
Firman Allah: (Dialah yang menciptakan kamu, maka di antara kamu ada yang kafir dan ada yang beriman) yaitu Dialah Dzat yang Maha menciptakan kalian dalam gambaran seperti ini karena Dia menghendaki kalian seperti itu, maka pasti ada orang yang beriman dan yang kafir. Dia Maha Melihat siapa saja yang berhak mendapat petunjuk dan siapa saja yang berhak mendapat kesesatan. Dia Maha Menyaksikan semua amal perbuatan para hambaNya, dan Dia akan membalas mereka atas semuanya itu dengan pembalasan yang sempurna. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) benar) yaitu dengan adil dan bijaksana (Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu) yaitu Dia menjadikan indah bentuk kalian, sebagaimana firmanNya SWT: (Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah (6) Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang (7) dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu? (8)) (Surah Al-Infithar) dan (Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu, lalu membaguskan rupamu serta memberi rezeki dengan sebagian yang baik-baik) (Surah Ghafir: 64). Firman Allah: (dan hanya kepada-Nyalah kembali (mu)) yaitu dipulangkan dan dikembalikan.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang pengetahuanNya meliputi semua makhlukNya yang ada di langit, bumi dan semua jiwa. Maka Allah SWT berfirman: (Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati (4))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Taghabun ayat 1: Allah mengabarkan bahwa semua yang terkandung di langit dan di bumi, baik yang diam tidak bergerak maupun yang bergerak mensucikan Allah dengan pensucian yang terus menerus atas apa yang tidak layak bagi kemulian dan keagungan Allah. Kemudian Allah menjelaskan bahwa Dia memiliki kekuasaan yang sempurna pada segala sesuatu; Tidak akan keluar satupun makhluk dari kerajaan-Nya, dan Allah memiliki pujian dan kemuliaan dan rasa syukur makhluk pada-Nya dari awal hingga akhir. Kemudian Allah menjelaskan bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu; Dia kuasa atas yang ada dan yang tiada, dan yang menjadikan penyakit dan penyembuhnya, tidak ada yang melemahkan Allah sesuatupun di bumi dan tidak juga di langit.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat yang mulia ini dan setelahnya mengandung sejumlah sifat-sifat Allah yang agung. Disebutkan di sana keberhakan-Nya untuk disembah, luasnya kekayaan-Nya, butuhnya semua makhluk kepada-Nya, dan bertasbihnya semua yang ada di langit dan di bumi dengan memuji Tuhannya, dan bahwa kerajaan semuanya milik Allah, sehingga tidak ada satu pun makhluk yang keluar dari milik-Nya, segala puji adalah untuk-Nya. Dia terpuji karena sifat-sifat sempurna yang dimiliki-Nya, terpuji karena apa yang diwujudkan-Nya, terpuji karena hukum-hukum yang disyariatkan-Nya, dan nikmat-nikmat yang diberikan-Nya. Kekuasaan-Nya menyeluruh, dimana semua yang ada tidak lepas dari kekuasaan-Nya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang dapat melemahkan keinginan-Nya. Dia yang menciptakan semua hamba, di antara mereka ada yang mukmin dan ada yang kafir. Keimanan dan kekafiran mereka adalah dengan qadha’ Allah dan qadar-Nya, Dialah yang menghendaki hal itu (namun apa yang dikehendaki tidak mesti dicintai-Nya) dengan memberikan kepada mereka kemampuan dan keinginan sehingga mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taghabun Ayat 1

Apa yang ada di langit, bintang, bulan, matahari, dan seluruh planet; dan demikian juga apa yang ada di bumi, daratan, lautan, gunung, lembah, hewan, dan tumbuh-tumbuhan; seluruhnya senantiasa bertasbih kepada Allah dengan cara masing-masing; milik-Nya semua kerajaan, kekuasaan, dan kewenangan yang tiada terbatas, dan bagi-Nya pula segala puji yang sempurna; dan dia mahakuasa atas segala sesuatu dengan kekuasaan yang tak terbatas, tetapi tidak sewenang-wenang. 2. Dialah yang menciptakan kamu dalam bentuk yang sebaik-baiknya, lalu di antara kamu ada yang kafir, karena mengikuti hawa nafsu; dan di antara kamu juga ada yang mukmin, karena Allah memberikan petunjuk dan manusia menggunakan akal dan nuraninya. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan sehingga tidak satu pun perbuatan manusia yang tidak diketahui-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap kandungan dan arti surat At-Taghabun ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita semua. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dikunjungi

Tersedia berbagai topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nur 26, Al-Baqarah 168, Ali ‘Imran 110, Al-Anfal, Al-Jatsiyah, Thaha. Ada juga Al-Ahzab 56, An-Nisa 29, Al-Jumu’ah 10, Al-Baqarah 152, An-Nisa 146, Al-Insyirah 6.

  1. An-Nur 26
  2. Al-Baqarah 168
  3. Ali ‘Imran 110
  4. Al-Anfal
  5. Al-Jatsiyah
  6. Thaha
  7. Al-Ahzab 56
  8. An-Nisa 29
  9. Al-Jumu’ah 10
  10. Al-Baqarah 152
  11. An-Nisa 146
  12. Al-Insyirah 6

Pencarian: surat al zalzalah 1-8, waturisinin, al baqarah ayat 191-200, 21+ artinya, arti dari surat al-maun adalah

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.