Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Munafiqun Ayat 11

وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا ۚ وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Wa lay yu`akhkhirallāhu nafsan iżā jā`a ajaluhā, wallāhu khabīrum bimā ta'malụn

Terjemah Arti: Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

11. Allah tidak akan menunda kematian satu jiwa bila waktunya sudah tiba dan uisianya habis. Allah Mahateliti terhadap apa yang kalian lakukan, baik kebaikan maupun keburukan, dan akan membalas kalian atasnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11. Allah tidak akan menangguhkan kematian seseorang jika ajalnya yang termaktub sudah datang dan umurnya telah berakhir. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. Tidak ada satupun yang dapat tersembunyi dariNya, maka Dia akan membalas kalian sesuai perbuatan kalian. Tirmidzi dan Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulallah SAW bersabda: “Barangsiapa memiliki harta yang cukup untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah atau menunaikan zakat dan dia belum menggunakannya untuk hal itu, maka dia akan meminta agar dikembailikan kehidupannya (untuk melaksanakan hal itu) ketika kematian (datang)”, lalu seorang laki-laki berkata: “Wahai Ibnu Abbas, bertakwalah kepada Allah, karena sesungguhnya orang yang meminta dikembalikan (hidupnya) itu hanyalah orang kafir” Lalu Ibnu Abbas berkata: ”Aku akan membacakan ayat Al-Qur’an untuk kalian tentang hal itu {Yaa ayyuhalladziina aamanuu laa tulhikum …}[9] Sampai akhir surah”

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan dengan ini semua yang ia menginginkan untuk menomor sekiankan Allah, agar jujur (dalam keimanannya). Allah berkata : Ketahuilah dengan yakin bahwa Allah tidak mengakhirkan seorangpun, jika telah datang waktu kematiannya dan telah usai urusannya, kemudian Allah mengabarkan bahwa nampak oleh-Nya atas semua amalan seorang hamba secara dzahir maupun bathin, dan Dia akan membalas mereka dengan balasan yang sempurna. Pada ayat ini terdapay anjuran untuk mempersiapkan amal sebelum datang ajal, dan atas manusia untuk berbekal di hari kiamat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Baik atau buruk, lalu Dia membalasnya sesuai yang Dia ketahui dari kamu, yakni dari niat dan amalmu.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan Allah tidak akan menunda kematian seseorang apabila waktu kematiannya telah datang dengan memperpanjang hidupnya. Dan Allah mahateliti dengan cermat tentang apa yang kamu kerjakan. 1. Apa yang ada di langit, bintang, bulan, matahari, dan seluruh planet; dan demikian juga apa yang ada di bumi, daratan, lautan, gunung, lembah, hewan, dan tumbuh-tumbuhan; seluruhnya senantiasa bertasbih kepada Allah dengan cara masing-masing; milik-Nya semua kerajaan, kekuasaan, dan kewenangan yang tiada terbatas, dan bagi-Nya pula segala puji yang sempurna; dan dia mahakuasa atas segala sesuatu dengan kekuasaan yang tak terbatas, tetapi tidak sewenang-wenang.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Taghabun Ayat 1 Arab-Latin, Surat At-Taghabun Ayat 2 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Taghabun Ayat 3, Terjemahan Tafsir Surat At-Taghabun Ayat 4, Isi Kandungan Surat At-Taghabun Ayat 5, Makna Surat At-Taghabun Ayat 6

Category: Surat Al-Munafiqun

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al Munafiqun Ayat 11 Al Munafiqun 11 Surat Munafiqun Ayat 11 Gambar Lapangan Sepak Bola Munafiqun Ayat 11