Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Hasyr Ayat 3

وَلَوْلَا أَنْ كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَلَاءَ لَعَذَّبَهُمْ فِي الدُّنْيَا ۖ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابُ النَّارِ

Arab-Latin: Walau lā ang kataballāhu 'alaihimul-jalā`a la'ażżabahum fid-dun-yā, wa lahum fil-ākhirati 'ażābun-nār

Terjemah Arti: Dan jika tidaklah karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

3. Bila Allah tidak menetapkan mereka terusir dari negeri mereka dan memutuskannya, niscaya Allah menyiksa mereka di dunia dengan terbunuh dan ditawan, dan bagi mereka azab neraka di akhirat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dan kalau bukan karena Allah telah menentukan mereka keluar dan terusir dari rumah-rumah mereka niscaya Allah akan menyiksa mereka di dunia dengan dibunuh dan ditawan sebagaimana yang terjadi pada saudara-saudara mereka dari Bani Quraiẓah, dan bagi mereka di Akhirat siksa Neraka yang menunggu, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. وَلَوْلَآ أَن كَتَبَ اللهُ عَلَيْهِمُ الْجَلَآءَ لَعَذَّبَهُمْ فِى الدُّنْيَا ۖ (Dan jika tidaklah karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia)
Yakni kalaulah bukan karena Allah telah menetapkan bagi mereka untuk keluar dari pemukiman mereka niscaya Allah akan mengazab mereka di dunia dengan terbunuh dan tertawan sebagaimana yang Allah tetapkan bagi Bani Quraizhah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. Adapun jika Allah tidak menetapkan untuk mengusir Yahudi Bani Nadhir dari kampung halaman/rumah mereka, maka Allah sudah pasti mengazab mereka di dunia dengan membinasakan dan mengutuk mereka. Sebagaimana yang terjadi pada Bani Quraidhoh. Allah juga akan mengazab mereka di akhirat

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan kalau lah bukan Allah telah mengusir mereka karena kuasa-Nya atas mereka; Sungguh mereka akan mendapatkan adzab Allah di dunia dengan dibunuh dan ditangkap sebagaimana yang dilakukan terhadap bani quraidzah, mereka di akhirat akan mendapatkan adzab pedih yang hina, dan tidaklah tahu kuasa Allah kecuali Allah sendiri.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. Kemudian Allah mengabarkan kepada kita bahwasanya orang-orang Yahudi tidak mendapatkan semua hukuman yang menjadi hak mereka, dan bahwasanya Allah telah meringankannya atas mereka. Kalaulah bukan karena Allah telah menetapkan pengusiran yang mereka alami dan merupakan ketentuan Allah yang tidak mungkin dirubah, niscaya mereka akan mendapatkan azab pedih dunia, sesungguhnya mereka akan mendapatkan siksaan api neraka yang tidak ada yang mengetahui kedahsyatannya melainkan hanya Allah. Tidaklah terbetik dalam benak mereka bahwa siksaan mereka telah selesai dan tidak ada sisa azab sedikitpun, namun apa yang telah Allah siapkan bagi mereka berupa azab di akhirat adalah lebih besar dan lebih mengerikan.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan bahwa orang-orang Yahudi belum mendapatkan semua hukuman dan bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala meringankan hal itu untuk mereka. Kalau bukan karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menetapkan pengusiran untuk mereka tentu mereka mendapatkan hukuman yang lain di dunia. Meskipun begitu, mereka tetap akan mendapatkan azab neraka di akhirat yang tidak mungkin diketahui dahsyatnya kecuali oleh Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Oleh karena itu, janganlah mereka mengira bahwa hukuman untuk mereka telah selesai dan tidak ada lagi, bahkan azab yang Allah sediakan untuk mereka di akhirat lebih besar dan lebih merata. Hal itu, sebagaimana yang diterangkan dalam ayat selanjutnya karena mereka menentang Allah dan Rasul-Nya, memusuhi dan memerangi keduanya serta berusaha mendurhakai keduanya. Itulah kebiasan yang berlaku bagi orang-orang yang menentang keduanya, dan barang siapa menentang Allah, maka sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.

Dengan dibunuh dan ditawan sebagaimana yang Dia lakukan terhadap Bani Quraizhah.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Pengusiran yahudi itu bisa terjadi karena dua hal; kepemimpinan rasulullah yang tegas dan keridaan Allah terhadap kaum muslim. Dan sekiranya tidak karena persetujuan Allah yang telah menetapkan hukum sebab-akibat yang menjadi dasar pengusiran mereka, kabilah-kabilah yahudi dari madinah, pasti Allah tetap mengazab mereka dengan cara lain di dalam kehidupan dunia sebagai balasan atas pengkhianatan mereka. Dan di akhirat mereka tetap akan mendapat azab neraka yang pedih selama-lamanya. 4. Adapun yang demikian itu, perintah pengusiran bani qainuqa', bani nadir dan bani quraizah dari madinah, walaupun mereka sudah mengikat perjanjian damai dengan rasulullah, karena sesungguhnya mereka menentang Allah dengan menolak beriman dan menentang rasul-Nya dengan merencanakan untuk membunuh beliau, padahal mereka mengetahui bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah. Barang siapa menentang Allah dengan membangkang, berkhianat, dan mengacau keamanan, maka sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya kepada mereka dengan pengusiran dan penghinaan, serta di akhirat dengan kekal di dalam neraka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Hasyr Ayat 4 Arab-Latin, Surat Al-Hasyr Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Hasyr Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Al-Hasyr Ayat 7, Isi Kandungan Surat Al-Hasyr Ayat 8, Makna Surat Al-Hasyr Ayat 9

Category: Surat Al-Hasyr

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!