Surat Al-Hadid Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَهُۥ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ يُحْىِۦ وَيُمِيتُ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Arab-Latin: Lahụ mulkus-samāwāti wal-arḍ, yuḥyī wa yumīt, wa huwa 'alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

« Al-Hadid 1Al-Hadid 3 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat Al-Hadid Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hadid Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir penting dari ayat ini. Didapati kumpulan penjabaran dari beragam mufassirun terhadap isi surat Al-Hadid ayat 2, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Milik Allah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia adalah Pemilik yang bertindak atas makhlukNya, Yang menghidupkan dan mematikan, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, tidak ada sesuatu yang Allah kehendaki yang tidak terjadi, apa yang Allah kehendaki pasti terjadi, apa yang tidak Allah kehendaki terjadi, tidak akan terjadi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Hanya milik-Nya semata kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan siapa saja yang dikehendaki-Nya untuk dihidupkan dan mematikan siapa saja yang dikehendaki-Nya untuk dimatikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang melemahkannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Yang Merajai langit dan bumi, Sang Pencipta keduanya. Tidak ada yang mampu melakukan sesuatu apapun di dalamnya kecuali Dia. Yang Menghidupkan yang mati dan mematikan yang hidup. Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu dan tidak ada yang tidak dapat Dia lakukan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

MilikNyalah kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan dan mematikan. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


2. Kemudian Allah mengabarkan kepemilikanNya yang menyeluruh seraya berfirman, “KepunyaanNya-lah kerajaan langit dan bumi. Dia menghidupkan dan mematikan.” Maksudnya, Dia-lah yang menciptakan semua itu, Yang Memberi rizki dan Mengatur dengan kekuasaanNya. “Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Allah SWT memberitahukan bahwa semua makhluk yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepadaNya, yaitu semua makhluk hidup dan tumbuhan. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat lain: (Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun (44)) (Surah Al-Isra’)
Firman Allah SWT: (Dan Dialah Yang Maha Perkasa) yaitu segala sesuatu tunduk patuh kepadaNya (lagi Maha Bijaksana) terhadap makhluk, perintah dan syariat­Nya (KepunyaanNyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan) yaitu Dialah Dzat yang Maha memiliki dan yang mengatur makhlukNya, maka Dia menghidupkan dan mematikan, serta memberikan apa yang Dia kehendaki kepada siapa saja yang Dia kehendaki (dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) yaitu apa yang Dia kehendaki pasti ada, dan apa yang tidak Dia kehendaki pasti tidak ada.
Firman Allah SWT: (Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, yang Zhahir dan yang Bathin)
Imam Bukhari berkata bahwa Yahya berkata bahwa yang dimaksud dengan Zhahir adalah mengetahui segala sesuatu. Begitu juga Bathin
Syaikh kami Al-Hafizh Al-Mazi berkata bahwa Yahya ini adalah Ibnu Ziyad Al-Farra’, dia mempunyai kitab yang berjudul Ma'ani Al-Qur'an.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW sering membaca doa ini saat menjelang tidur, yaitu: “Ya Allah, Tuhan Yang Menguasai tujuh langit dan Tuhan yang menguasai 'Arsy yang besar. Ya Tuhan kami, Tuhan segala sesuatu, Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, Yang membelah biji dan benih, tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu, Engkaulah yang memegang ubun-ubunnya. Engkaulah Dzat yang Maha Awal, maka tidak ada sesuatupun sebelumMu. Dan Engkaulah yang Maha Akhir, maka tidak ada sesuatupun sesudahMu. Dan Engkaulah yang Maha Zhahir, maka tidak ada sesuatupun di atasMu. Dan Engkaulah yang Maha Bhatin, maka tidak ada sesuatupun di balikMu. Tunaikanlah dari kami hutang-hutang kami, dan berilah kami kecukupan dari kefakiran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Hadid ayat 2: Allah mengabarkan Dialah pemilik langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya; Dia adalah raja yang berkuasa atas makhluk-Nya, menghidupkan dan mematikan ciptaan-Nya sebagaimana yang Dia kehendaki. Yang Berkuasa atas segala sesuatu; Tidak ada yang dapat melemahkan-Nya baik di bumi maupu di langit.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia yang menciptakannya, memberi rezeki dan mengaturnya dengan kekuasaan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hadid Ayat 2

Allah adalah pencipta semua makhluk, karena itu hanya milik-Nyalah kerajaan langit dan bumi serta semua yang ada di antara keduanya. Dia berkuasa menghidupkan dan mematikan apa saja sesuai kehendak-Nya, dan dia mahakuasa untuk menentukan apa yang dia inginkan atas segala sesuatu. 3. Sebagai pencipta, dialah yang awal tanpa permulaan, dan dia pula yang akhir karena dia abadi tanpa batas akhir bagi eksistensinya. Selain itu, dia adalah yang zahir dan mengetahui apa saja yang tampak, dan yang batin dan mengetahui apa saja yang disembunyikan atau yang tersirat dalam hati. Dia lebih dekat kepada makhluk daripada dirinya sendiri, dan dia maha mengetahui segala sesuatu di alam semesta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari para pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Hadid ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dibaca

Tersedia berbagai halaman yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Nisa 29, An-Nisa 146, Al-Baqarah 168, Al-Jatsiyah, Thaha, An-Nur 26. Serta Al-Baqarah 152, Ali ‘Imran 110, Al-Jumu’ah 10, Al-Insyirah 6, Al-Anfal, Al-Ahzab 56.

  1. An-Nisa 29
  2. An-Nisa 146
  3. Al-Baqarah 168
  4. Al-Jatsiyah
  5. Thaha
  6. An-Nur 26
  7. Al-Baqarah 152
  8. Ali ‘Imran 110
  9. Al-Jumu’ah 10
  10. Al-Insyirah 6
  11. Al-Anfal
  12. Al-Ahzab 56

Pencarian: lafal yang artinya dan dia mengirimkan yaitu, surat luqman 14, surat ibrahim ayat 7 menjelaskan tentang, quran surat al a'raf ayat 187, surah alimran ayat 104

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: