Surat Al-Hadid Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Arab-Latin: Sabbaḥa lillāhi mā fis-samāwāti wal-arḍ, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Artinya: Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

« Al-Waqi'ah 96Al-Hadid 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Tentang Surat Al-Hadid Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hadid Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan penting dari ayat ini. Diketemukan bermacam penjabaran dari beragam ahli tafsir terhadap kandungan surat Al-Hadid ayat 1, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1. Semua makhluk-makhluk Allah yang ada di langit dan di bumi menyucikan Allah dari segala keburukan. Allah Maha perkasa atas makhluk-makhlukNya, juga Mahabijaksana dalam mengatur urusan mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1-2. Allah mengabarkan kebesaran kuasa-Nya dan keluasan kekuasaan-Nya: Seluruh makhluk yang ada di tujuh langit dan bumi mengucapkan tasbih dan tahmid bagi Tuhannya, menyucikan-Nya dari segala yang tidak layak bagi-Nya. Allah Maha Perkasa dalam kerajaan-Nya dan Maha Bijaksana dalam mengatur makhluk-Nya. Dia pemilik tujuh langit dan bumi, mengatur keduanya, Dia menghidupkan makhluk yang telah mati dengan kuasa-Nya dan mematikan makhluk hidup dengan cara yang Dia kehendaki. Dia Maha Kuasa atas segalanya, tidak ada yang sulit bagi-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Semua makhluk yang ada di langit dan di bumi menyucikan Allah dan membersihkan-Nya . Dia Maha Perkasa, tidak ada sesuatu pun yang mampu mengalahkan-Nya, Maha Bijaksana dalam penciptaan-Nya dan takdir-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ (Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah)
Yakni bertasbih kepada Allah dengan lisannya para malaikat, manusia, dan jin; dan bertasbih dengan keadaannya makhluk-makhluk yang lain, sebab segala makhluk yang ada menunjukkan wujud Sang Pencipta.
Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah segala sesuatu bertasbih kepada Allah dengan lisannya, namun manusia tidak memahami tasbih mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: Diriwayatkan dari Imam Ahmad dan lainnya dari ‘Urbadh bin Sariyah bahwa rasul SAW selalu membaca dzikir tasbih sebelum beliau tidur. Dalam dzikir itu terdapat satu ayat yang keutamaan yang melebihi 1000 ayat, yaitu kalam Allah: Dia lah Allah Yang Maha Awal dan Maha Akhir. (3).

1. Allah Maha Suci dari segala apapun yang tidak sesuai dengan sifat dzat-Nya baik di langit maupun di bumi. Dia Maha Perkasa di seluruh kerajaan-Nya, Yang Maha Mengusai, Yang Maha Bijaksana dalam segala kehendak dan keputusan-Nya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah} mensucikan Allah {Dialah Dzat Yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. Allah mengabarkan tentang keagungan dan kemuliaanNya, serta keluasan kekuasaanNya, bahwasanya “semua yang berada di langit dan yang berada di bumi,” dari makhluk yang dapat berbicara hingga yang tidak dapat berbicara, dan juga benda-benda padat, bertasbih memuji Rabbnya dan menyucikanNya dari segala sesuatu yang tidak pantas bagiNya. Semuanya taat kepada Rabbnya dan tunduk kepada kekuasaanNya. Pada semua benda tersebut terlihat pengaruh-pengaruh hikmahNya. Karena itulah Allah berfirman, “Dan Dia-lah Yang Maha perkasa lagi Mahabijaksana.” Di dalam ayat ini terdapat penjelasan bahwa seluruh makhluk yang ada di langit maupun di bumi memerlukan Allah di berbagai kondisinya secara umum, kekuasaan dan keperkasaan Allah atas segala sesuatu dan kebijaksanaan Allah dalam mencipta dan menetapkan urusan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Allah SWT memberitahukan bahwa semua makhluk yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepadaNya, yaitu semua makhluk hidup dan tumbuhan. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat lain: (Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun (44)) (Surah Al-Isra’)
Firman Allah SWT: (Dan Dialah Yang Maha Perkasa) yaitu segala sesuatu tunduk patuh kepadaNya (lagi Maha Bijaksana) terhadap makhluk, perintah dan syariat­Nya (KepunyaanNyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan) yaitu Dialah Dzat yang Maha memiliki dan yang mengatur makhlukNya, maka Dia menghidupkan dan mematikan, serta memberikan apa yang Dia kehendaki kepada siapa saja yang Dia kehendaki (dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) yaitu apa yang Dia kehendaki pasti ada, dan apa yang tidak Dia kehendaki pasti tidak ada.
Firman Allah SWT: (Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, yang Zhahir dan yang Bathin)
Imam Bukhari berkata bahwa Yahya berkata bahwa yang dimaksud dengan Zhahir adalah mengetahui segala sesuatu. Begitu juga Bathin
Syaikh kami Al-Hafizh Al-Mazi berkata bahwa Yahya ini adalah Ibnu Ziyad Al-Farra’, dia mempunyai kitab yang berjudul Ma'ani Al-Qur'an.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW sering membaca doa ini saat menjelang tidur, yaitu: “Ya Allah, Tuhan Yang Menguasai tujuh langit dan Tuhan yang menguasai 'Arsy yang besar. Ya Tuhan kami, Tuhan segala sesuatu, Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, Yang membelah biji dan benih, tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu, Engkaulah yang memegang ubun-ubunnya. Engkaulah Dzat yang Maha Awal, maka tidak ada sesuatupun sebelumMu. Dan Engkaulah yang Maha Akhir, maka tidak ada sesuatupun sesudahMu. Dan Engkaulah yang Maha Zhahir, maka tidak ada sesuatupun di atasMu. Dan Engkaulah yang Maha Bhatin, maka tidak ada sesuatupun di balikMu. Tunaikanlah dari kami hutang-hutang kami, dan berilah kami kecukupan dari kefakiran


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Hadid ayat 1: Allah membuka surat ini dengan mengabarkan bahwasanya setiap yang di langit maupun di bumi mensucikan dan mengagungkan Allah, Dialah yang berhak untuk disucikan baik secara ucapan dan keyakinan serta amalan. Kemudian Allah mengabarkan bahwa Dia Yang Maha Kuat, yang bahwasanya Dia tidak ada yang merebut atas kekuasaan-Nya, dan Dia Yang Maha Bijaksa dalam mengurus urusan hamba-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang keagungan-Nya, kebesaran-Nya dan luasnya kerajaan-Nya, yaitu bahwa semua yang ada di langit dan di bumi baik makhluk hidup yang bisa berbicara maupun yang diam dan lainnya serta benda-benda mati bertasbih dengan memuji Tuhannya serta mensucikan-Nya dari segala yang tidak layak dengan keagungan-Nya, dan bahwa semuanya taat kepada Allah Tuhannya dan tunduk kepada keperkasaan-Nya, dimana tampak di sana atsar (pengaruh) hikmah(kebijaksanaan)-Nya. Oleh karena itu, Dia berfirman, “Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.”

Dalam ayat ini terdapat penjelasan meratanya rasa butuh makhluk baik yang berada di alam bagian atas maupun alam bagian bawah kepada Tuhannya dalam semua keadaannya. Demikian pula terdapat penjelasan meratanya keperkasaan-Nya kepada segala sesuatu dan meratanya kebijaksanaan-Nya pada ciptaan-Nya dan pada perintah-Nya. Dan pada ayat selanjutnya, Dia memberitahukan tentang meratanya kepemilikan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hadid Ayat 1

Apa yang di langit, baik makhluk hidup seperti burung maupun makhluk mati semisal planet, bintang, bulan, dan matahari, dan demi-kian juga makhluk di bumi; mereka bertasbih kepada Allah untuk mengakui kebesaran dan kesucian-Nya. Dialah yang mahaperkasa atas semua makhluk, lagi mahabijaksana dalam menetapkan ketentuan dan hukum bagi mereka. 2. Allah adalah pencipta semua makhluk, karena itu hanya milik-Nyalah kerajaan langit dan bumi serta semua yang ada di antara keduanya. Dia berkuasa menghidupkan dan mematikan apa saja sesuai kehendak-Nya, dan dia mahakuasa untuk menentukan apa yang dia inginkan atas segala sesuatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari kalangan ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Al-Hadid ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk ummat. Bantu perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dibaca

Nikmati ratusan konten yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 56, Al-Baqarah 168, Al-Jatsiyah, An-Nur 26, Al-Anfal, Ali ‘Imran 110. Termasuk Thaha, Al-Jumu’ah 10, Al-Baqarah 152, An-Nisa 29, Al-Insyirah 6, An-Nisa 146.

  1. Al-Ahzab 56
  2. Al-Baqarah 168
  3. Al-Jatsiyah
  4. An-Nur 26
  5. Al-Anfal
  6. Ali ‘Imran 110
  7. Thaha
  8. Al-Jumu’ah 10
  9. Al-Baqarah 152
  10. An-Nisa 29
  11. Al-Insyirah 6
  12. An-Nisa 146

Pencarian: qs 57 ayat 4, surat almaidah ayat 114, surat yasin lengkap arab dan latin, surat an naba tulisan latin, albaqoroh 155

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: