Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 68

أَفَرَأَيْتُمُ الْمَاءَ الَّذِي تَشْرَبُونَ

Arab-Latin: A fa ra`aitumul-mā`allażī tasyrabụn

Terjemah Arti: Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

68-69. Tidakkah kalian memperhatikan air yang kalian minum sehingga karenanya kalian hidup? Apakah kalian yang menurunkannya dari awan ke bumi atau Kami yang menurunkannya sebagai rahmat dari Kami kepada kalian?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

68. Kabarkan kepada-Ku tentang air yang kalian minum untuk meredakan dahaga kalian

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

68-70. Ini adalah bukti yang ketiga atas benarnya kebangkitan, dimana Allah berkata : Kabarkan kepadaku tentang air segar yang bersih, yang kalian minum, apakah kalian yang menurunkan dari awan ?! Ataukah Kami yang menurunkan kepada kalian, dan mengalirkan kepada kalian untuk diambil manfaatnya! Kalau saja Kami kehendaki kami jadikan air itu asin dan kotor sehingga tidak dapat diminum! Amat buruk rasa syukur kalian kepada Allah, yang Dia memberikan kepada kalian nikmat; Maka esakanlah Allah dan taatilah Rasulullah ﷺ!

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan nikmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya berupa makanan, maka Dia menyebutkan nikmat-Nya kepada mereka yang berupa minuman yang segar, dan bahwa jika Allah tidak memudahkannya untuk mereka tentu mereka tidak akan bisa memperolehnya. Allah Subhaanahu wa Ta'aala yang menurunkan air itu dari awan, dimana dari sana mengalirlah air di permukaan bumi dan di bawahnya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


68-70. Pernahkah pula kamu memperhatikan air yang kamu minum tiap hari' kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah kami yang menurunkan air itu' ketahuilah, kalau kami kehendaki niscaya kami menjadikannya asin sehingga tidak layak minum. Maka, mengapakah kamu tidak bersyukur atas anugerah Allah yang besar itu'68-70

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 69 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 70 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 71, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 72, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 73, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 74

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Al Waqoliah 68 70 Artinya Al Waqiah Ayat 68-69 Qs Al Waqiah Ayat 68-70